Aspal Hot Mix, Jalan Jadi Sipp


Jalan lingkungan depan rumah terbuat dari aspal, dan sudah tergerus oleh cuaca dan usia. Tampilan rumah secara keseluruhan menjadi tidak segar lagi. Cekungan-cekungan aspal yang tidak rata tadi sering membuat genangan air, dan pada saat kering sering ditumbuhi tanaman liar. Sungguh pemandangan yang tidak mengenakkan.

Namun untuk mengaspalnya lagi perlu biaya yang tidak sedikit. Terkadang kita harus menunggu saat warga sekitar juga memiliki keinginan sama untuk mengaspal jalan kita. Dengan begitu biayanya juga tidak terlalu besar.

Soal biaya... sebenarnya sama saja sih. Sedikit atau banyak, biaya pengaspalan jalan berkisar Rp 60.000 s/d Rp 100.000 per m2 untuk jenis hotmix (aspal beton). Hanya saja si kontraktor akan enggan jika volume yang dikerjakan tidak terlalu besar. Karena biaya untuk sewa peralatan dan tukang tidak cukup menguntungkan bagi mereka.

Tipsnya adalah jika ingin melakukan pengaspalan, koordinasikan dengan tetangga lainnya, agar pengaspalan bisa dilakukan bersama-sama. Namun jika ingin melakukan penambalan sementara atau pengaspalan sebagian, agaknya kita harus menunggu sampai pada suatu saat ada diantara bagian lingkungan kita akan melakukannya, dan kita bisa ikut bergabung alias nebeng. Adapun jenis dan pengertian beberapa jenis aspal yang sedikit banyak perlu kita ketahui.

Aspal beton (hotmix) adalah campuran agregat halus dengan agregat kasar serta bahan pengisi dengan bahan pengikat aspal yang dibuat dengan kondisi suhu panas tinggi. Dengan komposisi telah diteliti dan diatur didalam spesifikasi teknis.

Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan aspal beton mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah:

1. Binder Course (BC) dengan tebal minimum 4 cm. Biasanya digunakan sebagai lapisan kedua sebelum wearing course.
2. Asphalt Treated Base (ATB) dengan tebal 5 cm digunakan sebaga lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalulintas padat.
3. Hot Roller Sheet (HRS)/Latston/ Laston 3 dengan tebal penggelaran minimun 3 s/d 4 cm, digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas sedang.
4. Fine Grade (FG) dengan ketebalan minimum 2,8 cm maksimun 3 cm biasanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban rendah.
5. Sand Sheet dengan ketebalan maksimum 2,8 cm. Biasanya digunakan untuk jalan perumahan dan perpakiran.
6. Wearing Course (ACWC)/Laston dengan tebal penggelaran minimum 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.

Kelebihan aspal hotmix:
1. Waktu pengerjaan yag relatif sangat cepat sehingga terciptanya efisiensi waktu.
2. Lapisan konstruksi aspal beton tidak peka terhadap air.
3. Dapat dilalui kendaraan setelah pelaksanaan penggelaran.
4. Mempunyai sifar flexsible sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara
5. Pemeliharaan yang relative mudah dan murah
6. Stabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan beban lalu lintas tanpa terjadinya deformasi.

Selamat Merenovasi

Reactions:

6 comments:

Jasa pekerjaan pengaspalan jalan berpengalaman dan profesional kerja, Mulai dari dasar, perbaikan dan pelapisan ulang.

Hubungi kami :
CV. Wijaya Sukses Makmur
General Contractor and Hotmix Asphalt Spesialist

www.pengaspalan.com
www.jasa-pengaspalan.com

Mau cetak brosur untuk promosi usaha anda. Klik www.praktisprint.com

download film gratis di:
http://gunamovie.blogspot.com

To all

Thanks untuk komentarnya n semoga sukses yaa.

My blog walkig Jasa Pengecatan dan Branding Lapangan profesional ,Salam kenal Pak Semoga bisa bekerja sama.
Terima Kasih

Salam kenal pak, kami penyedia jasa pekerjaan jalan aspal hotmix di jakarta area. Tanks

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...