Small Office Home Office

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam membuat kantor dirumah. Faktor-faktor penting apa saja yang menjadi penunjang kinerja kita dalam bekerja dirumah. Berikut pembahasannya.

Before and After, Renovasi

Renovasi diperlukan manakala rumah sudah tidak nyaman lagi ditempati oleh pemiliknya. Berikut salah satu proyek yang kami kerjakan untuk merenovasi rumah seorang klien.

Siasat Tengil, Rumah Mungil

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk membuat ruang di dalam rumah menjadi lebih lapang. Hasilnya, kita akan menikmati suasana di dalam rumah yang lebih lega.

Penyimpan Baru, Dari Kaleng Susu

Punya kaleng susu bekas, tapi bingung mau diapakan....? Nah, kaleng susu itu bisa kita gunakan untuk tempat penyimpanan.

Jadi Keren, Dengan Cat Aksen

Jangan ragu-ragu untuk bereksperimen, misalnya: dengan mengecat salah satu bidang dinding dengan warna lebih gelap.

Triks (10): Cemerlang, Usir Lumut Di Selang


Anda pasti tahu selang air. Dan Anda pun pasti tahu bahwa di bagian selang air tersebut dapat tumbuh lumut. Coba perhatikan. Warna gelap di bagian dalam selang itu adalah lumut. Bagaimana cara membersihkan selang air? Mudah saja.
Ada beberapa cara untuk itu:

1. Keringkan selang selama dua hari berturut-turut. Kemudian injak-injak lah selama mungkin, kemudian tancapkan selang pada kran air dan buka selebar-lebarnya. Biarkan air mengalir deras melalui selang itu. Lumut yang kering dan rontok dari dinding selang akan terbawa aliran air.

2. Ambil batu kerikil atau batu bata.
Hancurkan sampai halus. Masukkan ke dalam selang. Sambungkan ke dalam kran. Air akan membawa kotoran dalam selang mengalir keluar.

3. Ambil potongan sponge.
Masukkan ke dalam selang. Pastikan sponge yang Anda masukkan dapat memadati ruang dalam selang. Sambungkan dengan kran. Buka kran lebar-lebar hingga aliran air yang keras dapat mendorong potongan sponge yang Anda masukkan.
Lakukan langkah yang telah Anda pilih beberapa kali hingga selang Anda benar-benar bersih. 

Selamat Mencoba.

Tips (34): Berhati-hati, Pakai Gas Elpiji


Resah dengan berita buruknya kualitas tabung gas Anda? Tidak perlu. Asal perhatikan dengan baik langkah-langkah berikut, kecelakaan fatal dapat dihindari.

1. Pastikan tabung berada di tempat yang tidak berdekatan dengan sumber api.

2. Pastikan selang tidak dalam kondisi tertindih sesuatu.

3. Pastikan selang tidak dalam kondisi bocor.

4. Saat penggantian tabung, pastikan regulator dalam keadaan tertutup dan kompor dalam keadaan mati.

5. Pastikan kepala tabung gas memiliki seal (karet berbentuk lingkaran berwarna hitam). Bila di tabung yang baru tidak ditemui, ambil dari tabung sebelumnya (dicongkel pakai tusuk gigi).

6. Bila terdengar bunyi desis, tutup regulator, lepaskan, pasang lagi dengan menekan kuat regulator ke tabung. Ulangi hingga benar-benar tidak ada desis yang terdengar.

7. Bila terjadi kebocoran gas, jangan panik! Pastikan kompor dalam keadaan mati, tutup regulator, lepaskan, dan bawa tabung gas ke luar rumah (udara terbuka) sampai gas habis dengan sendirinya.

Tips (33): Jangan Teledor, Cek Selang Elpiji Bocor


Ada cara yg mudah untuk mengecek selang tabung gas apakah bocor atau tidak caranya:

1. campurkan kira-kira satu sendok makan sabun cuci piring cair dengan setengah gelas air

2. kocok hingga berbusa dan oleskan larutan secara merata pada selang

3. bagian yg bocor akan terlihat jika gelembung udara mengalami perubahan.

Angin Puting Beliung


Puting Beliung adalah Dampak Fenomena Iklim (DFI) berupa angin kencang yang datang secara tiba-tiba, bergerak melingkar seperti spiral hingga menyentuh permukaan bumi dan punah dalam waktu singkat (3 s/d 10 menit). Kecepatan angin berkisar antara 30 – 50 knots.

Angin ini juga berasal dari awan jenis Cumulonimbus yaitu awan yang bergumpal berwarna abu-abu gelap dan menjulang tinggi. Namun tidak semua awan Cumulonimbus menimbulkan puting beliung. Puting Beliung dapat terjadi di darat maupun di laut. Jika terjadi dilaut durasinya lebih lama daripada di darat umumnya lebih sering terjadi di dataran rendah (seperti di Karawang). Sebelumnya bulan November terjadi juga di Tempuran Karawang semuanya di dataran rendah.

Bagaimana Tanda-Tanda Akan Datangnya Puting Beliung?

Satu hari sebelumnya hawa udara malam dan pagi hari terasa panas/sumuk/hareudang. Sekitar pukul 10 pagi terlihat tumbuh Awan Cumulus (awan seperti bunga kol berlapis-lapis menjulang tinggi), yang mempunyai batas tepi sangat jelas.

Tahap berikutnya awan tersebut akan berubah menjadi hitam gelap. Perhatikan pohon di sekitar kita berada, apakah ada dahan dan ranting yang bergoyang cepat, jika ada maka hujan dan angin kencang sudah mendekat. Terasa ada sentuhan udara dingin di sekitar kita. Biasanya hujan pertama yang turun secara mendadak dan deras, apabila hujannya gerimis maka saat itu angin kencang sedang terjadi di tempat lain, tetapi kita juga waspada kadang-kadang setelah gerimis dapat juga terjadi angin kencang. Bila terdengar suara petir yang keras, hujan dan angin kencang akan disertai sambaran petir.

Jika 1 sampai 3 hari berturut-turut tidak hujan (panas) pada musim penghujan, maka kemungkinan hujan deras yang pertama kali turun akan disertai angin kencang.

Bagaimana Usaha Antisipasinya?

Jika terdapat pohon yang rimbun dan tinggi serta rapuh sebaiknya ditebang.
Perhatikan atap rumah yang sudah rapuh sangat mudah terhempas angin kencang karena itu sebaiknya diperbaiki. Apabila melihat cuaca gelap, sebaiknya tidak bepergian.

Jika sudah berada di jalan terjadi cuaca gelap/awan hitam sebaiknya bertahan di tempat aman, tidak dibawah pohon, jaringan kabel listrik dan baliho.

Untuk jangka panjang, penanaman pohon pinggir jalan sebaiknya dipilih tanaman yang tahan angin (Pohon Asam, Beringin atau Cemara).

Apa Itu Petir?

Petir adalah suatu fenomena alam yang pembentukannya berasal dari terpisahnya muatan di dalam Awan Cumulonimbus yang terbentuk akibat adanya pergerakan udara ke atas akibat penguapan air laut dan adanya udara yang lembab. Pada umumnya muatan negatif akan berkumpul di bagian bawah awan dan ini akan menyebabkan terjadinya induksi muatan positif diatas permukaan tanah sehingga membentuk medan listrik cukup besar dan medan listrik di udara membesar, maka akan terjadi pelepasan muatan berupa petir atau menjadi sambaran petir yang bergerak dengan kecepatan tinggi disertai efek merusak yang sangat dahsyat.

Indonesia yang terletak di daerah khatulistiwa yang panas dan lembab berpotensi dengan iklim tropisnya berpotensi terjadi hari guruh yang sangat tinggi dibandingkan daerah lainnya. Jadi daerah-daerah di Indonesia termasuk Jawa, Kalimantan umumnya rawan terhadap sambaran petir. (Dari berbagai Sumber)

Selamat Membaca.

Ide (6): Menghias Dengan Garpu (2)

Ide (5): Menghias Dengan Garpu (1)

Punya garpu bekas dirumah yang tidak dipakai lagi, eitsss.... jangan dibuang dulu yaa! Bisa kita daur ulang loh..

Cukup dengan membuat beberapa kali tekukan dengan tang, kita bisa mengubahnya menjadi hook, atau gantungan.

Langkah 1
Siapkan papan sebagai dasar, potong secukupnya sesuai dengan jumlah penggantung yang akan dibuat.

Langkah 2
Paku-lah garpu dengan paku yang kepalanya lebih besar dan lebar ke papan kayu tadi. Atur jarak antara garpu disesuaikan dengan fungsi penggantung yang akan kita buat. Untuk penggantung baju atau untuk penggantung alat-alat kebersihan.

Langkah 3
Tekuklah masing-masing garpu tadi seperti contoh gambar diatas. Lakukanlah di setiap garpu yang telah kita paku. Usahakan bentuk tekukan setiap garpu sama dengan yang lainnya, agar terlihat rapi.

Langkah 4
Berilah penggantung (kait) untuk menggantung papan tadi ke dinding. Atau kita bisa bor atau paku papan tadi langsung ke dinding. Sesuaikan pemasangan papan didinding dengan ketinggian jangkauan kita. Maksimal 180 cm dari lantai.

Nah.... satu lagi cara agar kita bisa memanfaatkan barang bekas yang ada. Green Living is a perfect living.... :D
Selamat Mencoba

Ide (4): Kardus Sebagai Pemisah Di Laci


Ada bekas kardus dirumah? Jangan dibuang ya. Selain kardusnya bisa digunakan lagi untuk tempat penyimpanan, sisa kardus yang kecil-kecil masih dapat digunakan lagi.

Misalnya saja digunakan untuk penyekat atau pemisah di laci lemari. Jadi laci-laci bisa tertata dengan rapi, dan pembagiannya jelas. Tentunya akan sangat memudahkan kita jika kita akan mencari sesuatu dikemudian hari. Nah... segala sesuatu yang sederhana bisa saja sangat besar manfaatnya.

Selamat Mencoba

Ide (3): Tempat Pensil Dari Cover CD

Tempat CD bekas bisa dimanfaatkan kembali. Sayang sekali jika hanya berakhir begitu saja ditempat sampah. Cukup beberapa trik sederhana, dan tidak banyak menghabiskan tenaga, tempat CD bekas bisa dimanfaatkan menjadi tempat pensil atau alat tulis.

Karena ukuran setiap sisinya sama besar, maka sangat mudah pengerjaannya. Cukup buka lipatan tempat CD, kemudian lem bagian pinggir-pinggirnya dengan lem UHU.

Kemudian rekatkan satu dengan lainnya, dan tunggulah hingga mengering sempurna. Setelah itu ulangi untuk bagian bawahnya.

Setelah itu dapat pula diberikan hiasan-hiasan pemanis, bahkan dapat pula kita tempatkan foto kita disitu.

Sedikit narsi tentunya tidak apa2, asal tidak kebanyakan... hehehe.

Selamat Mencoba

Ide (2): Pot Gantung dari Botol Minuman

Botol bekas dibuang, jangan !!!
Manfaatkan untuk membuat pot gantung, taruh bawah juga bisa, coba saja caranya !!

BAHAN DAN ALAT :
1. Botol bekas
2. Cat tembok
3. Cutter / pisau
4. Tali tambang plastik (ukuran kecil)
5. Kuas
6. Palu dan paku


CARA MEMBUAT :


  1. Bersihkan wadah dari kertas yang menempel. Jika perlu cuci bersih dengan air sabun.
  2. Keringkan botol setelah diersihkan
  3. Potong bagian tengah wadah dengan pola yang diinginkan, misalnya peserti, segitiga, atau bulat.
  4. Gunakan cutter atau pisau tipis.
  5. Warnai seluruh permukaan dengan cat tembok sesuai warna yang diinginkan. Atau dibiarkan tetap bening
  6. Setelah kering, berilah hiasan gambar dari warna yang lain dan kontras.
  7. Lubangi bagian bawah wadah dengan paku untuk lubang air sebanyak 8 – 10 lubang.
  8. Pasang tali tambang plastik ukuran kecil di bagian atas / pegangan. Wadah siap untuk dimanfaatkan. (Beri tanah dan tanami bunga yang indah-indah).

Selamat Mencoba

Hitung (5): Cara Menghitung Kebutuhan Polycarbonate Carport

Ada kalanya kita ingin menghitung-hitung sendiri kebutuhan bahan bangunan demi memperoleh perkiraan angka biaya untuk proyek pembangunan. Nah, caranya sebetulnya tidak ribet kok. Bisa dipilah satu per satu.

Misalnya, kita ingin menghitung kebutuhan polikarbonat untuk carport. Sebelum menghitung, kita tentukan jenis bahan polikarbonat yang akan digunakan.
Sebagai contoh: atap yang digunakan bermerek Solarflat ukuran 1,2mx50m. Jenis ini memiliki variasi ketebalan antara lain 5mm, 6mm, 10mm, 16mm, dan 32mm.

Untuk kanopi dengan rangka besi atau kayu, kita dapat menggunakan ketebalan 3mm atau 5mm.

Berikut cara menghitung kebutuhan bahan dan biayanya:

Pertama, hitung dulu luas carport = panjang carport x lebar carport.
Misalnya: 5m x 3m = 15m2.

Jika pemasangan dari depan ke belakang atap, maka setiap lebar 1,1m atap yang dibutuhkan adalah 3m.

Hitung jumlah potong bahan = Lebar bahan yang dibutuhkan = 3m / 1,1m = 3 potong.

Kebutuhan polikarbonat = Jumlah potong x panjang carport = 3 potong x 5 m.
Dibulatkan = 15 m

Jadi kebutuhan polikarbonat carport adalah 15 m dengan lebar 1,1 m.

Jika, harga polikarbonat dengan tebal 3 mm per meter Rp 324.000, maka biaya yang diperlukan sama dengan harga per meter lari x kebutuhan polikarbonat = Rp 324.000 × 15 = Rp 4.860.000.

Begitu kira-kira cara menghitungnya.

Selamat Mencoba

Tips (32) Cara Jitu Tanam Rumput Gajah Mini

Ingin menanam rumput gajah mini di halaman? Tak perlu tukang atau keahlian khusus, kok. Berikut cara praktisnya.

Rumput gajah mini (Pennisetum purpureum schamach ) semakin naik pamor sebagai dekorasi taman. Perannya tak hanya sebagai penutup tanah, tapi juga untuk pemanis nat lantai carport dan pembatas teras dengan taman.

Daunnya berwarna hijau pekat menyejukkan mata. Ciri khas lainnya, berdaun tebal dengan tepian yang agak keriting. Panjang daun hanya 5cm –rumput gajah biasa ada yang 10cm—dengan akar sepanjang 5cm-8cm. Meski tampilannya rada buntet tapi terlihat rapi.

Daya tarik rumput yang harganya berkisar Rp25.000-Rp35.000 per meter persegi ini ada pada tampilan yang lebih rapi dibanding saudaranya, rumput gajah “maksi”. Daunnya pendek dan tak cepat gondrong. Anda pun tak perlu repot-repot mencukurnya tiap bulan. Untuk menjaga kesuburan, Anda cukup menaburi urea dan NPK tiap dua minggu sekali.

Langkah Praktis Menanam:
  1. Gemburkan tanah menggunakan cangkul. Cangkul dan balikkan tanah hingga kedalaman sekitar 20cm. Setelah itu, ratakan permukaan tanah.
  2. Siapkan rumput dalam bentuk dan ukuran kecil.
  3. Pecah rumput besar menjadi ukuran lebih kecil, antara 3cm-5cm.
  4. Setelah itu, benamkan rumput ke dalam tanah hingga seluruh akarnya tertimbun. Benamkan rumput secara zigzag sehingga nantinya pertumbuhan rumput subur, rapat, dan rapi.
  5. Perkuat “ikatan” rumput dengan tanah. Pukul perlahan permukaan rumput hingga akarnya melekat ke dalam tanah.
  6. Ratakan juga posisi rumput dan permukaan tanah dengan menggunakan permukaan lebar batu bata atau balok kayu.
  7. Diamkan rumput selama satu minggu hingga akarnya tumbuh.
  8. Taburkan pupuk urea dan NPK secara merata. Lakukan proses ini dua minggu kemudian.
  9. Siram dengan air menggunakan gembor (ceret) yang berlubang kecil.
  10. Tekanan rendah akan menghindari penggenangan air pada tanah dan rumput yang dapat mengakibatkan pembusukan rumput.

Penulis: M.Indra Sukma

Selamat Mencoba

Jejaring Baja Pengganti Beton Balkon


Balkon bisa menjadi lebih ringan berkat struktur gantung dan jejaring baja. Udara dan cahaya pun menembus hingga lantai dasar.

Balkon ada karena rumah bertingkat. Fungsinya menjadi ruang tambahan mirip seperti teras di lantai dasar. Letaknya ada di depan, samping, atau belakang dari perluasan ruang keluarga maupun kamar utama. Dari balkon, Anda dapat memandang pemandangan luar ruang dengan leluasa.

Selama ini, pembuatan balkon seolah hanya mengenal pelat lantai beton. Rangkanya berisi tulangan besi, yang dicor campuran semen, pasir, dan batu kerikil. Mungkin tampilan beton sangat kokoh, namun kita perlu mengetahui pula beban beton cukup berat. Pelat lantai beton perlu disokong dengan kolom dan balok pengaku yang tebal agar rentang pelat jadi kuat dan kaku.

Cobalah kita sedikit memadang material lain, selain beton. Sebagai alternatif, ada material jejaring baja dengan struktur kantilever. Selain berkesan ringan, struktur ini cocok sebagai balkon, terlebih jika menggantung di atas taman kecil atau area void dengan ruang terbatas.

Arch. Dipl. Ing. Cosmas D. Gozali, principal architect PT Arya Cipta Graha kerap mengaplikasikan material jejaring baja pada karyanya. “Ada tiga alasan menggunakan jejaring baja. Pertama, material ini memberi efek ringan. Kedua, tembus cahaya. Dan ketiga, untuk mendapatkan kesan industrialisasi dan modernitas,” jelas Cosmas.

Cosmas memberi contoh aplikasi balkon pada karya rumah W-House, di Utara Jakarta. Balkon tersebut menaungi area void tengah dan taman kecil. Hasilnya, aliran udara tetap lancar, cahaya pun masih menembus hingga lantai taman. Hal ini menjaga efek ruang di bawahnya terkesan lega dan lepas.

Menurut Cosmas, lantai balkon yang terbuat dari beton bertulang akan membuat area di bawahnya gelap. Pada lahan terbatas, tentu hal ini menjadi masalah karena aliran udara dan sinar matahari terhalang. Ruang di bawah balkon menjadi sempit dan sumpek.

Memang, material jejaring baja dengan struktur kantilever lebih banyak dikenal untuk bangunan industri, seperti pabrik, gudang pelabuhan, atau menara pemancar. Namun sebenarnya, material pabrikasi tersebut cocok pula diterapkan pada bangunan hunian. Terutama yang bergaya modern.

Struktur kantilever dan baja kanal


Jika Anda hendak membuat balkon dengan lantai jejaring baja, Anda perlu menggunakan struktur kantilever. Ini adalah struktur gantung yang lantainya bertumpu pada satu sisi, sedangkan sisi lainnya dibiarkan bebas. Anda dapat menggunakan baja profil I atau C sebagai rangka utama. Sementara rangka atau balok pembaginya menggunakan besi hollow yang diikat dengan las listrik.

Selanjutnya, profil baja tadi perlu Anda hubungkan ke balok lantai. Fungsinya sebagai tumpuan struktur balkon. Batang profil tersebut disambung dan dirangkai ke tulangan balok sebelum dicor beton. Anda perlu sedikit sabar menunggu masa matang beton setelah pengecoran penuh.

Cara lain adalah batang profil langsung dipasang dinabolt ke balok yang sudah jadi. Pengikatnya menggunakan baut, tidak perlu dicor. Ini lebih praktis, dan tak perlu membobok balok lantai yang sudah ada.

Sekarang, bagaimana cara memasang jejaring baja? Anda hanya perlu merentangkan jejaring itu pada atas rangka balok profil yang sudah terpasang. Ada dua cara pengikatannya.

Pertama, tepian jejaring dilas ke rangka hollow. Saat pengelasan, Anda perlu memperhatikan jumlah titik yang bakal disambung. Yang ideal, pengelasan dilakukan pada tiap titik tepi jejaring. Jika tak memungkinkan, maksimal setiap tiga hingga lima titik. Bila lebih dari 5 titik bisa terjadi lendutan.

Cara kedua, tepian jejaring dijepit menggunakan besi pelat atau siku yang ditumpuk, kemudian dibaut. Dengan begitu jejaring mudah dilepas pasang sekiranya Anda hendak mengganti desain. Pemasangan jejaring baja harus memperhatikan jarak antarrangka besi hollow. Makin tebal panel jejaring baja, maka jarak bisa semakin jauh. Jika makin tipis, sebaiknya jarak antarhollow lebih rapat. Ini untuk menghindari terjadi lendutan pada panel jejaring baja.

Nah, sebetulnya masih banyak nilai plus dari jejaring baja ini. Pemasangan jejaring baja membuat Anda tak perlu membikin saluran air buangan pada dak beton. Dengan kata lain, Anda dapat menghemat biaya instalasi air, termasuk floor drain . Kalau Anda berani mencoba, mungkin saatnya sekarang mengaplikasikan material ini untuk renovasi rumah tinggal. Setidaknya, balkon Anda akan tampil lebih berkesan ringan dan sedap dipandang. Bahkan, mungkin, menginspirasi banyak orang.

Selamat Merenovasi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...