Small Office Home Office

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam membuat kantor dirumah. Faktor-faktor penting apa saja yang menjadi penunjang kinerja kita dalam bekerja dirumah. Berikut pembahasannya.

Before and After, Renovasi

Renovasi diperlukan manakala rumah sudah tidak nyaman lagi ditempati oleh pemiliknya. Berikut salah satu proyek yang kami kerjakan untuk merenovasi rumah seorang klien.

Siasat Tengil, Rumah Mungil

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk membuat ruang di dalam rumah menjadi lebih lapang. Hasilnya, kita akan menikmati suasana di dalam rumah yang lebih lega.

Penyimpan Baru, Dari Kaleng Susu

Punya kaleng susu bekas, tapi bingung mau diapakan....? Nah, kaleng susu itu bisa kita gunakan untuk tempat penyimpanan.

Jadi Keren, Dengan Cat Aksen

Jangan ragu-ragu untuk bereksperimen, misalnya: dengan mengecat salah satu bidang dinding dengan warna lebih gelap.

Ide (1): Buat Lampu Gantung Sendiri

Pernahkah kita melihat lampu model ini di toko perlengkapan listrik. Ya... pasti pernah, apalagi jika kita sering ke Ace Hardware, lampu seperti ini banyak tersedia. Lalu.. bagaimana dengan harganya, uh.. uh... nggak kira-kira harganya, ratusan ribu cing....
Sebenarnya lampu seperti itu, lampu sederhana saja. Hanya terbentuk dari lembaran acrylic yang dianyam menjadi satu kesatuan. Iya... tapi polanya bagaimana? Apa harus beli dulu lalu dibongkar.
Nah... jika kebetulan baca posting ini, disinilah akan diberikan polanya. Selebihnya tinggal kita kreasikan sendiri. Dengan satu pola ini, bentuknya bisa jadi bermacam-macam.

Dibawah postingan ini disediakan polanya, jika mau upload bisa dalam file DXF file.

Kita membutuhkan lembaran kertas atau plastik yang tembus cahaya. Pola yang ada bisa kita perkecil jika kita akan membuat lampu kecil. Kita juga membutuhkan instalasi fitting dan lampunya, tapi tidak akan dibahas dalam posting ini. Yang penting bikin rumahnya dulu kan..? Yang pasti pakai lampu emat energi, supaya kertas atau plastik tadi tidak terlalu panas.

Berikut beberapa jenis plastik atau media yang bisa digunakan, dan polanya:
  • HDPE: dapat diaplikasikan, bentuknya juga cukup bagus, murah dan mudah didapatkan. Gunakan yang memiliki ketebalan 0.8 mm. for 8cm pieces (measured flat-side to flat-side).
  • Acetal (delrin): Pada prinsipnya seperti acrylic namun bahan ini lebih lentur, dan sangat mungkin untuk digunakan.
  • Vinyl: Belum pernah dicoba, mungkin harus dicari yang ketebalannya tipis sehingga mudah terbentuk.
  • Kertas: Bagus untuk bentuk atau konstruksi kecil.
  • Kertas Laminated: Cobalah kertas laminating yang penuh warha, lampu bisa jadi penuh warna.
  • Acrylic: Terlalu keras, jika digunakan akan mudah pacah, sangat tidak disarankan.


polypiece.gif



Nah.. jika mau download gambar disini tempatnya, namun file dxf
Selamat Mencoba.

Tips (27): Timang-timang, Pilih Closet Idaman

Pemilihan closet adalah salah satu langkah penting dalam mendesain kamar mandi rumah Anda, baik dari segi keindahan maupun fungsi.
Berikut tips untuk memilih closet:

            Budget, Untuk kamar mandi yang sederhana, closet jongkok adalah pilihan yang paling ekonomis. Untuk budget yang lebih, dapat memilih closet duduk duoblok (badan closet terdiri dari tangki air dan bowl). Bila budget yang tersedia cukup tinggi, ada juga pilihan monoblok (badan closet berupa tangki air dan bowl jadi satu pc).

            Desain, Bukan hanya dari segi keindahan, melainkan sebagai berikut:Ukuran tempat duduk closet atau panjang closet jongkok harus disesuaikan dengan ukuran pemakai. Orang yang berbadan lebih besar tidak akan nyaman menggunakan closet jongkok yang pendek atau closet duduk yang tempat duduknya kecil. Ketinggian tempat duduk/bowl (untuk closet duduk) kalau terlalu rendah, tidak nyaman duduknya. Permukaan air dalam closet juga harus diperhatikan ketinggiannya agar tidak terjangkau tangan waktu pembersihan (cebok).Sistem bilas harus disesuaikan dengan banyaknya air dan tekanan sumber air yang tersedia.

            Merk, Carilah closet dengan merk dan penjual terjamin agar pelayanan purna jual, (terutama untuk keperluan spare part) tidak sulit.

            Selera, Tentunya yang paling penting dalam memilih closet adalah selera dan kebiasaan. Bila Anda lebih terbiasa menggunakan closet duduk, pilihlah closet duduk yang sesuai.Ada banyak ragam, baik tipe, warna, dan desain dari semua jenis-jenis closet yang disebut di atas, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

            Sumber: KK, Depo Bangunan
            Selamat Memilih

            Waspada Kontraktor Nakal !

            Ups... wah sepertinya masalah ini sering ditemui banyak orang. Pada prinsipnya kita tidak perlu mencurigai siapapun dalam bekerja sama, namun sebaiknya atas dasar saling percayalah semua kerjasama dimulai.

            Namun bukan berarti atas dasar kepercayaan lalu tidak ada hitam diatas putih... sebaiknya setiap memulai pekerjaan bangunan dibuat dengan surat kontrak. Mengapa demikian? Jika ada salah satu pihak tidak menepati janji maka pihak lain dapat menuntut janji itu. Oh ya... pastinya dengan materai, jika ada ketidak sepahaman kita membawa masalah tersebut kepada pihak penengah, atau mungkin ke pengadilan...iiihh serem juga ya.

            Tapi kalo semua pihak sudah commit dengan apa yang telah disepakati, tentunya tidak perlu takut donk...

            Jika perlu surat kontrak diurai sampai dengan hal yang paling detail, mulai dari termin pembayaran, schedule, sampai dengan perubahan karena sesuatu hal. Misalnya saja kenaikan harga, atau owner tidak dapat meneruskan pekerjaan karena sakit... jadi dananya tidak dapat turun. Intinya adalah setiap kesepakatan yang telah diambil dituang dalam dokumen untuk dijalankan bersama.

            Kontraktor nakal..... inilah yang biasa ditemui oleh pemilik rumah. Bagaimana yaa.. jika kita menemui kontraktor seperti ini...?

            Satu hal penting yang perlu diingat adalah rekomendasi. Darimana kita memperoleh nama kontraktor tersebut. Dari teman, saudara, atau iklan. Tentunya jika rekomendasi berasal dari teman atau saudara tingkat keamanannya lebih tinggi ketimbang iklan. Jika rekomendasinya bagus, maka kita lebih tenang.

            Kontraktor nakal itu yang seperti apa sih...?
            1. Kontraktor yang melakukan pembangunan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang diajukan. Hal ini akan sangat sulit untuk dinilai oleh para pemilik rumah, karena spesifikasi ini biasanya hanya kontraktor/mandor yang tahu. Lalu bagaimana kita tahu sejak awal jika kontraktor itu nakan...? Nah... jika kontraktor itu commit dengan janjinya, tentunya akan memberikan garansi jika terjadi kerusakan atau ketidak sesuaian spesifikasi. Lama garansi tergantung dari perjanjian. Namun biasanya jika jasanya besar, maka garansinya cukup lama, bisa sampai 3 atau 5 bulan.
            2. Kontraktor yang tidak memberikan tahukan spesifikasi dan volume pekerjaan yang berlangsung. Biasanya mereka hanya memberikan harga per m2. (contoh: Rp 2,5 juta/m2). Bukan berarti semua kontraktor yang demikian nakal. Sekali lagi yang perlu diingat adalah rekomendasi.
            3. Kontraktor yang tidak serius menangani pekerjaan yang berlangsung. Misalnya saja, kita bisa melihat progress yang berjalan cenderung lambat karena jumlah pekerja yang sedikit. Tidak perlu takut untuk mempertanyakan hal tersebut... jika alasannya tepat, kita terima dulu... sambil kita lihat kelanjutannya.
            4. Kontraktor yang sulit dihubungi jika terjadi masalah. Inilah yang menjengkelkan, jika terjadi masalah mereka cenderung melarikan diri dan membiarkan orang-orang lapangan mereka berhadapan langsung dengan pemilik rumah. Waspadalah... kontraktor seperti ini bisa saja meninggalkan proyek kita begitu saja tidak terselesaikan.
            5. Kontraktor yang sering melakukan kesalahan pekerjaan, padahal tidak ada perubahan terhadap design awalnya. Hal ini bisa membuat biaya pekerjaan membesar. Kecuali jika memang pemilik rumah melakukan perubahan tiba-tiba, berhati-hatilah dalam membuat perubahan design pada saat pekerjaan. Bisa-bisa biayanya membengkak tidak sesuai dengan rencana awal.
            Hal tersebut diatas adalah sebagian kecil yang bisa di waspadai. Berikutnya adalah upaya-upaya apa yang harus kita lakukan untuk memperkecil resiko tersebut. Sebelum menentukan kontraktor ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan.
            1. Rekomendasi, darimana kita dapat nama kontraktor tersebut.
            2. Rencana Anggaran / Estimasi, mintalah RAB bangunan dari arsitek konsultan untuk dibandingkan dengan kontraktor.
            3. Rincian Pekerjaan (Volume dan Spesifikasi), Mintalah rincian volume pekerjaan dan material yang digunakan. Berikut pula apa saja yang dikerjakan dan tidak dikerjakan. Jadi kita tahu betul apa yang kita dapat, tidak seperti membeli kucing dalam karung...tidak jelas apa yang kita dapat.
            4. Kontrak Kerja (Sistem Pembayaran, Jadwal Pekerjaan, dan Perjanjian-perjanjian lain), mintalah kontraktor untuk membuat Surat Perintah Kerja dan Kontrak Kerja atas dasar saling percaya. Untuk memperkuat posisi masing-masing jika salah satu pihak tidak memenuhi janjinya.
            5. Garansi, tanyakan berapa lama garansi pekerjaan setelah serah terima, dan pekerjaan apa saja yang diberikan garansi. Jika perlu masukkan hal tersebut dalam surat perjanjian.
            Nah... mudah-mudahan, hal tersebut diatas bisa membuat kita semakin waspada dalam merekrut kontraktor untuk pembangunan proyek kita. Jika kelima hal tersebut diatas sudah dipenuhi, paling tidak kita sudah melakukan hal yang tepat untuk memulai kerjasama.

            Oh ya... yang paling akhir adalah, Paling utama adalah komitmen bersama, proyek adalah cita-cita bersama antara kontraktor dan pemilik rumah. Kita bisa saja mewaspadai diri dari kontraktor nakal, bagaimana dengan kita.....? Apakah kita bisa commit juga dengan janji kita, jagalah diri kita agar kita tidak menjadi owner nakal... :)

            Selamat merenovasi.

            Tips (26): Tips Memilih Genset


            Bagaimana memilih genset :

            1. Hitunglah kebutuhan listrik yang akan di pergunakan, Misalnya :8 buah lampu 60 watt, AC 2 PK, TV, Radio, Kulkas. Untuk memudahkan penjumlahan, semuanya di konversi ke dalam satuan yang sama. Kita juga bisa menentukan jumlah daya yang akan digunakan dengan melihat kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah.
            2. Setelah kebutuhan listrik di ketahui maka saatnya untuk menentukan berapa besar daya genset yang di butuhkan. Misalnya kebutuhan listrik di rumah adalah 900 VA maka genset yang di butuhkan sekurang-kurangnya sama atau sedikit lebih besar dari 900 VA sebagai spare misalnya untuk mengantisipasi seandainya ada teman yang datang nonton bola sambil bawa TV sendiri.
            3. Jika gensetnya sudah tersedia, maka untuk memfungsikan genset tenaga sekunder butuh sedikit instalasi pada sistem listriknya, perangkat yang di pasang di sini adalah switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik di pergunakan dan kapan dayanya menggunakan genset. Ada juga perangkat tambahan seperti alarm yang gunanya untuk memberitahukan kalau listrik sudah menyala kembali. Sebagai tambahan sebenarnya ada alat otomatis untuk melakukan fungsi ini tapi harganya agak mahal.
            4. Setelah instalasi selesai genset sudah dapat digunakan.
            5. Carilah genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah di dapatkan di sekitar rumah, sebab ada genset yang menggunakan solar, adapula yang menggunakan bensin. Jika ada yang menggunakan air itu lebih bagus lagi .....
            6. Kalo bisa pilih genset yang “soundproff” biar suaranya tidak menganggu. Beberapa produsen genset sudah menyediakan tipe yang soundproff. Namun biasanya ukurannya cukup besar, dan kita memerlukan ruangan yang lebih besar juga untuk menyimpannya.
            7. Letakkan genset di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak (kayak obat aja…) agar tidak di curi orang, dan lagi jauhkan dari jangkauan bahaya banjir tentunya.
            Supaya lebih jelas, berikut lampiran gambarnya :


            gensetalarm

            ( ini pict genset 9,5 Kva) (alarm yang memberi tanda jika listrik PLN telah menyala kembali)


            Photobucketinstalasi

            (switcher pengatur PLN atau genset) (sambungan dari MCB ke switcher..sayang kurang rapi)

            http://daengadda.com/2009/01/22/perlukah-masang-genset-di-rumah/

            Selamat Merenovasi.

            DIY (11): Cara Mengatur Engsel Sendok Lemari

            Inilah keunggulan engsel sendok dibandingkan dengan engsel yang lain. Kita bisa mengatur posisi pintu terhadap papan samping atau body utama lemari pada 3 arah yaitu kesamping kanan/kiri; arah atas/bawah; arak kedalam/luar kabinet. Semuanya ini mungkin dilakukan karena konstruksi engsel sendok.

            Mari kita bahas satu-demi satu bagian-bagian yang ada pada engsel sendok.

            Kepala Engsel; bagian yang menempel pada pintu memiliki 2 baut penting yaitu baut yang mengatur ketinggian dan kedalaman pintu. Baut A adalah pengatur ketinggian dan baut B adalah pengatur kedalaman sekaligus sebagai pengikat kepala engsel kerumah engsel.

            Rumah Engsel; sebagai bagian yang menempel pada (biasanya) dinding samping lemari. Pada produk yang terbaru, lubang sekrup rumah engsel diperpanjang agar perletakannya pada dinding samping lebih luas.

            Cara Mengatur Arah Posisi Pintu
            Kanan/kiri: Apabila pintu miring ke kanan dengan posisi atas pintu lebih banyak di sebelah kanan posisi kita, pada engsel paling atas; kendorkan sedikit baut B, putar/kencangkan baut A, kencangkan kembali baut B.Jika masih terjadi kemiringan, lakukan langkah yang sama.




            Atas/bawah: Kendurkan baut C, gerakkan daun pintu ke atas/bawah, kencangkan kembali baut C pada bagian atas dan bawah.





            Dalam/luar: Kendurkan baut B, gerakkan kaki engsel pada daun pintu ke dalam/luar hingga posisi yang diinginkan, kencangkan kembali baut B.

            Selamat Merenovasi.

            DIY (10): Cara Memperbaiki Dinding Ngompol

            Musim hujan memang membuat kita tersadar akan keberadaam aneka masalah seputar rumah. Salah satu yang menjengkelkan adalah rembesan air pada dinding. Rembesan ini pasti meninggalkan bercak pada permukaan tembok. Bukan hanya jorok, ruangan pun bisa ikutan bau dan lembab.

            Permasalahan diatas sebetulnya bisa diatasi. Langkah pertama, cari dulu sumbernya, sehingga perbaikan tidak perlu berulang- ulang.
            Beberapa penyebab dinding rembes antara lain karena air tidak langsung jatuh ke talang. Sebagian airnya mungkin merembes ke dalam dinding. sehingga menjadi lembap dan berair.

            Seorang kontraktor mengatakan penyebabnya mungkin terdapat celah yang terbentuk pada pertemuan dinding rumah anda dengan tetangga. Penyebab lainnya mungkin penggunaan batu alam sebagai pelapis dinding eksterior dan pengecatan dinding luar yang tidak sempurna. Solusinya adalah dengan mengatasi dulu sumber masalahnya, kemudian memperbaiki dindingnya.

            Menurut pengakuan kontraktor tersebut yang susah adalah jika penyebabnya adalah karena penggunaan batu alam pada dinding eksterior. Air akan mengalir lewat celah batu dan masuk ke dalam dinding. Masalah ini memerlukan penanganan ekstra untuk perbaikannya.

            Berikut Langkah-langkah memperbaiki dinding ngompol.

            Langkah 1, Kerok seluruh permukaan dinding yang rusak dengan kape

            Langkah 2, Amplaslah permukaan dinding hingga rata. Bersihkan sisa kotorannya



            Langkah 3, Lapis permukaan dinding dengan cat dasar. Pilih cat yang berbasis solventbase sealer.



            Langkah 4, Terakhir, poles dengan cat permukaan dinding menggunakan cat interior terbaik


            Selamat Merenovasi.

            Tips (25): Memilih Coating Tepat, Sesuai Dengan Batu Alam

            Tidak hanya kayu yang menjadi idola saat ini, batu alam pun tak kalah pamornya. Hanya saja, jangan lupa merawat dan melindunginya, agar tak hilang keindahannya.
            Sejak jaman dahulu, batu alam sudah dipakai sebagai pilihan bahan bangunan. Sekarangpun, batu alam bisa dibilang mendominasi pasar, disamping kayu. Tak hanya bangunan etnik yang memakai batu alam, arsitektur bergaya minimalispunbanyak memasukkan batu alam sebagai aksen atau point of interest. Selain digunakan sebagai pelapis dinding, batua alam juga digunakan sebagai materialpelapis lantai, baik interior maupun eksterior.


            Akan tetapi, batu alam tidak akan selamanya indah jika tidak dijaga dan dirawat. Untuk itu, diperlukan produk perawatan dan perlindung batu alam yang baik, agar kecantikan batu alam tetap terjaga. Propan menyediakan beberapa macam produk perawatan batu alam yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan, yaitu :


            • Propan Stone Care
            • Propan Aqua Stone Care
            • Sicosol
            • Propan Stone Care Cat Batu candi.

            Penjelasan lebih lanjut baca selengkapnya disini....

            Berbagai Macam Batu Alam


            Jika kita menghitung beberapa macam batu alam di Indonesia, akan sulit dilakukan, karena begitu banyaknya batu alam yang tersedia. Pada satu tempat penambangan saja, bisa dihasilkan beberapa jenis batu yang berbeda. Secara garis besar, batu alam dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, seperti dibawah ini.


            1. Batu Candi, Batu ini terbentuk dari pendinginan lava yang keluar saat gunung meletus. Memiliki pori-pori yang besar, dan berwarna gelap. Meski batu candi tergolong batu yang keras, tapi masih bisa diukir, sifat batu ini sangat mudah menyerap air (porous).

            2. Batu Andesit, Batu ini juga terbentuk dari pendinginan lava saat gunung meletus. Berbeda dari batu candi, batu ini berwarna abu-abu, dan pori-porinya sangat sedikit. Kekerasan dan kepadatannya, membuat batu andesit sulit tergores, serta lebih tahan cuaca disbanding batu candi.

            3. Batu Pasir (Sandstone), Butiran-butiran pasir yang mengalami perubahan selama bertahun-tahun sehingga menjadi batu, adalah asal muasal batu pasir. Ada berbagai corak batu pasir, seperti serat kayu, polos, atau berbintik-bintik. Batu ini agak lunak, sehingga mudah dipahat. Seperti halnya batu candi, batu pasir inipun mudah menyerap air. Contoh batu jenis ini adalah paras serayu, merah banjar, dan brexy.

            4. Batu Gamping (Limestone), Bahan dasar batu ini adalah kapur, karakternya sama dengan batu pasir, yaitu lunak dan mudah dipahat. Warna batu sangat beragam, tapi yang paling dominan adalah warna kuning, krem, coklat, dan putih. Beberapa yang termasuk dalam jenis batu ini adalah palimanan, serat jati, doreng, batu paras, dan batu hijau sukabumi.

            5. Batu Sabak (Slate), Batu ini seringkali disebut sebagai batu kali, karena teksturnya yang mirip dengan batu yang ada di sungai (kali), padahal batu ini berasal dari pegunungan. Batu ini sangat keras, berpori halus, dan berlapis-lapis. Lapisan batu membuatnya sangat mudah dibelah menjadi lempengan tipis. Hal ini menyebabkan batu sabak juga sering dikenal dengan nama batu temple.

            6. Batu Marmer, Dari semua jenis batu diatas, batu marmer adalah batu yang paling keras. Batu ini banyak dijadikan lempengan. Corak dan warnanya pun paling beragam disbanding batu lainnya. Yang termasuk jenis batu ini adalah pacitoroso, javaroso, dan marble white.
              Perwatan Batu Alam
            Kerusakan pada batu alam, sering disebabkan oleh lumut dan jamur. Keduanya akan mudah tumbuh diatas permukaan batu yang lembab. Lumut mudah tumbuh diatas permukaan batu yang langsung terkena sinar matahari, sedangkan jamur tumbuh di atas permukaan batu yang tidak terkena sinar matahari. Salah satu cara untuk mencegah pertumbuhan lumut dan jamur adalah dengan memberikan pelapisan (coating) yang tepat.


            Ada dua jenis coating yang bisa dipilih untuk batu alam, yaitu clear coating dan invisible water repellent (penetrating finish). Clear coating membentuk lapisan film di atas permukaan batu, yang menjadikannya tampak lebih indah, bersih, menonjolkan guratan batu, atau menampilkan kesan basah. Sedangkan invisible water repellent adalah coating yang tidak membuat lapisan film di atas permukaan batu, bersifat menolak air, dan membuat batu tetap terlihat alami.

            Selain memberikan pelapisan dengan coating yang tepat, perawatan batu alam juga harus memperhatikan kondisi penempatan atau pemasangan batu alam. Batu alam yang dipasang pada dinding luar kolam, sering kali masih tampak berlumut walaupun sudah diberikan coating yang tepat. Hal ini disebabkan oleh kondisi batu yang lembab karena adanya rembesan air yang masuk melalui kolam tersebut. Untuk pencegahannya, dinding kolam tersebut harus diberikan waterproofing sehingga tidak ada kebocoran pada dinding kolam.


            Batu alam yang dipasang pada dinding pagar juga seringkali tampak putih karena alkali. Hal ini disebabkan oleh alkali yang terbawa oleh aliran air pada sat hujan, keluar melalui celah-celah batu. Untuk mencegah kondisi yang demikian, pagar harus didisain sebaik mungkin, sehingga tidak ada air hujan yang terjebak dan menggenang diatas permukaan pagar bagian atas. Genangan air ini menyebabkan air merembes dan membawa garamalkali keluar di celah batu alam (nat).

            Produk Pelindung Batu Alam
            PT. Propan Raya ICC mempunyai 4 macam cat pelindung batu alam, yang masing-masing mempunyai keunggulan, serta karakter yang berbeda-beda. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis batu alam yang akan di coating. Semua jenis cat pelindung batu ala mini dapat digunakan untuk di dalam maupun di luar ruangan.


            1. Propan Stone Care, adalah pelapis batu alam yang terbuat dari bahan acrylic solvent based, mempunyai tampilan akhir yang mengkilap. Cat ini melekat kuat pada batu alam dan tahan cuaca. Produk ini cocok digunakan pada batu yang berwarna tua dan gelap, seperti andesit, atau batu pacitoroso. Propan Stone Care membuat guratan dan warna batu lebih indah dan menonjol.

            2. Propan Aqua Stone Care, adalah pelapis batu alam yang terbuat dari bahan acrylic larut dalam air (waterbased). Cat yang ramah lingkungan ini tidak berbau dan tahan cuaca. Cocok digunakan untuk batu berwarna mudah dan terang, seperti batu palimanan, batu bali green, dan batu pacitoroso. Cat ini menonjolkan keindahan warna dan corak batu alam tanpa merubah warna alami batu alam.

            3. Propan Stone Care Cat Batu Candi, adalah pelapis batu alam yang terbuat dari bahan acrylic solvent based dengan alkaline guard. Propoan Stone Care Cat Batu Candi memberikan lapisan berwarna hitam yang rata pada pemukaan batu, mampu menutup dan menghindari bercak putih yang disebabkan garam alkali serta mampu menyamakan warna batu. Cocok digunakan untuk batu berwarna hitam (gelap), seperti batu candi.

            4. Sicosol, adalah larutan silicon dalam solvent yang digunakan untuk menjaga permukaan batu tetap kering dan bersih, tanpa merubah penampilan alami dan warna batu. Sicosol cocok diaplikasikan pada batu alam yang bersifat porous, seperti batu paras, atau batu palimanan, karena dapat menonjolkan keaslian tekstur batu.
            Dengan beberapa pilihan produk di atas, akan memudahkan kita dalam merawatdan melindungi batu alam, agar tetap indah dan sedap dipandang mata.

            Selamat Merenovasi.

            Tips (24): Memilih Cat Yang Tepat, Ruangan Memikat

            Masalah diatas umumnya lazim terjadi pada cat dinding atau tembok. Bayangkan bahwa tujuan awal kita melakukan pengecatan adalah untuk memperindah dan melindungi tembok / dinding rumah kita, ternyata setelah dicat menuai masalah ? Bukannya indah... tapi membuat malas melihatnya.

            Apa yang harus kita lakukan agar cat tembok / dinding kita terlihat bagus dan bertahan lama keindahannya.



            Sebagai langkah atau tip untuk memperkecil masalah - masalah diatas timbul adalah, sebagai berikut :


            1. Pastikan bahwa tembok yang akan dicat sudah kering. Tembok yang siap dicat umumnya setelah umur tembok (plesteran dan acian) 28 hari. Secara kasat mata dan dengan cara diraba tembok dipastikan sudah tidak berkeringat lagi. Untuk meyakinkan dapat diukur dengan alat ukur protimeter dan tembok siap dicat apabila kadar air tembok berkisar <>8

            2. pH tembok diukur dengan alat pH indikator berkisar <> 8 menunjukkan bahwa kondisi tembok terlalu basa (OH) dengan kata lain tingkat kandungan alkali tembok masih tinggi. Alkali tembok terjadi karena reaksi semen dan air yang tidak sempurna. Kandungan alkali pada tembok yang terlalu tinggi (> 8)akan menyebabkan warna cat tembok memudar / belang-belang.

            3. Langkah selanjutnya dilakukan pengamplasan dan perbaikan permukaan. Pengamplasan sangat penting dilakukan untuk membuka pori dan membersihkan sisa-sisa kotoran seperti debu, lemak, minyak dan lain-lain. Apabila terdapat retakan-retakan dan bagian yang tidak rata untuk tembok luar / exterior jangan menggunakan plamur / dempul tembok sebagai bahan tambalan. Plamur / dempul tembok dipakai untuk perbaikan tembok bagian daam / interior. untuk tembok luar gunakan cement filler yang biasanya dijual bersama cairan bonding agent sebagai bahan tambalan atau pengisi.

            4. Pelapisan cat dasar atau alkali sealer. Sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok aplikasikan terlebih dahulu cat dasar alkali sealer, yang berfungsi memberikan lapisan dibawah cat tembok sehingga memperkecil kontak langsung dengan alkali tembok. Selain itu alkali sealer berfungsi memberikan lapisan warna putih sehingga dapat mempercepat penutupan warna cat tembok pada dinding. Alkali sealer berbeda dengan cat putih. Penggunaan cat putih sebagai dasaran pengecatan tidak akan menghindari kontak langsung alkali tembok dengan cat, tetapi hanya berfungsi membantu daya tutup cat tembok saja.

            5. Pemilihan Cat yang akan digunakan. Pengecatan untuk dinding luar pergunakan cat yang memang diposisikan untuk pengecatan tembok luar / exterior. umumnya digunakan cat weathershield atau elastomeric yang berbahan pure acrylic 100%. Pemilihan cat tembok luar harus diperhatikan bahwa cat tembok harus mamiliki kemampuan : tahan cuaca yang extrim (panas, hujan, bertahan terhadap sinar UV), mempunyai daya lekat yang baik, ketahanan terhadap air sangat baik, tahan terhadap abrasi, tidak menguning, dan memiliki ketahanan alkali yang baik. Untuk cat tembok interior yang lebih penting adalah pergunakan cat tembok dengan bebas kandungan timbal dan merkuri dan tidak cepat mengapur. Untuk cat tembok exterior pemilihan warna sangat penting. Usahakan untuk menghindari warna-warna yang berasal dari pewarna organik, karena umumnya warna-warna organik ketahanan terhadap alkali dan sinar uv rendah sehingga warna cepat memudar. Warna-warna organik, biasanya banyak digunakan pada unsur warna merah yang cerah, orange cerah, ungu / purple cerah. Kalaupun harus menggunakan warna-warna organik, pergunakan alkali sealer solvent based sebagai cat dasarnya.

            6. Ikuti anjuran pemakaian dari produsen cat dan ikuti perbandingan campuran cat dengan pengenceran yang ditunjukkan oleh produsen cat. Pergunakan air bersih sebagai pengencer.

            7. Pilih alat roll atau kuas yang berkualitas. Roll dan kuas yang berkualitas memiliki kriteria bulu-bulunya tidak mudah rontok / lepas. Perhatikan juga peruntukan roll atau kuasnya, apakah untuk cat minyak atau cat air.

            8. Hindari melakukan pengecatan pada kondisi cuaca yang terik secara extrim, ataupun pada kondisi hujan.
            Demikian tips ini saya sampaikan. Semoga dapat membantu.


            Selamat Merenovasi.

            DIY (9): Cara Memperbaiki Talang Karpet

            Ada beberapa penyebab talang karpet dirumah kita rusak. Itu bisa terjadi karena lapuk, digerogoti tikus, atau permukaan dasar karpet tajam dan kotor. Talang karpet yang dimaksud adalah saluran air di atap yang menggunakan atau ditutup alas karpet plastik.

            Jika talang karpet rusak, sebaiknya segera kita perbaiki. Kalau tidak, air akan merembes ke dalam rumah dan merusak elemen bangunan dibawahnya. Lebih parah lagi, air menetes atau mengucur ke dalam ruangan.

            Langkah perbaikan talang karpet berawal dari mencari biang keladi masalah. Talang lapuk umumnya disebabkan oleh usia. Karpet talang rata-rata akan lapuk pada tahun kelima. Ini disebabkan karena perubahan cuaca, dari panas ke dingin atau sebaliknya yang berlangsung terus menerus. Akibatnya karpet mengeras, getas, dan lapuk.


            Faktor penyebab lainnya adalah gigitan tikus dan proses pemasangan awal yang tidak sempurna. Keduanya berpotensi membuat karpet berlubang alias bolong- bolong. Gigitan tikus meninggalkan bekas yang nyata. Lain halnya dengan proses pemasangan yang tidak sempurna. Kotoran berupa serpihan kayu, atau tonjolan paku pada rangka penyangga talang bisa melubangi karpet jika talang terinjak.

            Apakah talang karpet di rumah anda rusak atau bocor? Jika ya, yuk kita perbaiki sebelum air hujan merembes ke dalam rumah. Berikut langkah-langkah pengerjaannya...


            Langkah 1, Buka setiap susunan genteng yang berhimpit langsung dengan talang.


            Langkah 2, Lepas seluruh paku atau pengikat karpet. Lalu angkat karpet lama.

            Langkah 3, Bersihkan karpet sambil mengamati apakah ada titik titik kebocoran pada karpet. jika jumlah titik terlalu banyak, maka sebaiknya ganti karpet dengan yang baru

            Langkah 4, Bersihkan rangka kayu talang, Periksa apakah terdapat keropos atau benda tajam. Jika ada rangka yang keropos, segera perbaiki. Bersihkan benda tajam, tonjolan paku atau kotoran pada rangka.

            Langkah 5, Pasang kembali karpet talang. Rekatkan karpet ke rangka pembentuknya,Gunakan paku dan semen jika perlu.

            Selamat Merenovasi.


            Sistem Emmedue ( M-System )

            System Emmedue merupakan revolusi baru di bidang konstruksi dengan sistim dinding terbuat dari beton bukan bata (load bearing wall ).sehingga memungkinkan dibangun hingga 20 lantai. Ide sistim ini adalah berasal dari industri panel yang sudah diaplikasikan ke banyak proyek. Teknologi ini dikembangkan di Italia pada dua puluh lima tahun silam. di Indonesia sistim emmedue ini diadopsi oleh Dusaspun dengan nama M system.

            Sistim ini bisa diaplikasikan untuk dinding penahan struktur atas(tidak memakai kolom),pelat lantai,tangga, partisi. Artikel teknologi konstruksi ini akan membahas komponen sistem emmedue/ m system,keuntungan dan kelemahannya.

            Komponen system Emmedue/M system

            Komponen sistim terdiri dari 3 bahan
            1. Wiremesh, Besi yang terjalin seperti anyaman dengan diameter 2.5 - 5 mm.
            2. Polystyrene, Bahan yang terbuat dari carbon, hidrogen dan 98 % udara,ketebalan dan kerapatan panel polystrene tergantung kebutuhan.minimum kerapatan = 15 kg/m3.
            3. Beton, Beton disini hanya untuk menyelimuti polystrene(selimut beton), volumenya bukan setebal dindingdengan kekuatan 25 MPadan ketebalan > 2.5 mm.

            Keuntungannya system Emmedue / M system dalam artikel konstruksi ini

            1. Tidak usah mengeluarkan biaya untuk konsultan strukturnya, karena yang mendesign harus dari applicatornya.
            2. Cocok untuk daerah yang jauh dari beton readymix, karena volume betonnya sedikit, maka bisa sitemix

            Kelemahannya system Emmedue / M system dalam artikel konstruksi ini

            1. Harganya /m2 lebih mahal sekitar 1.5 x daripada sistim konvensional (lebih cocok di negara barat yang tenaganya mahal sehingga bisa lebih murah memakai sistim ini karena tidak perlu banyak pekerja).
            2. Orang awam susah menerimanya karena bahannya polystyrene (mirip chroloform) dilapis beton bertulang , bukan beton bertulang murni yang terlihat lebih kuat..

            Selamat Mencoba.

            DIY (8): Cara Memperbaiki Cat Mengelupas

            Hmm... sepertinya masalah ini adalah masalah yang klasik, tapi tidak apa siapa tahu masih ada saja yang butuh panduan untuk melakukannya.

            Cat terkelupas, bisa terjadi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:
            • Perlakuan yang salah
            • Perawatan yang salah
            • Cuaca yang sangat ektrim
            • Usia cat yang sudah terlalu lama
            • Material cat kualitas rendah
            4 sebab tersebut bisa membuat cat rumah kita menjadi mudah terkelupas. Perlakuan yang salah ... apa maksudnya, bisa saja terjadi karena benturan atau hal-hal lain yang menyebabkan cat jadi terkelupas.

            Nah ... ada beberapa tips dasar sebelum kita membahas cara mengecat cat yang terkelupas.
            1. Sebaiknya gunakan cat dasar (alkali) sebelum kita melakukan proses pengecatan. Sebab alkali membuat daya rekat cat semakin kuat terhadap dinding.

            2. Jika kita akan melakukan renovasi atau mengecat ulang diatas cat lama, sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan cat lama. Kemudian pilih cat dengan type dan merek tertentu. Sebab jika komposisinya berbeda, dua lapisan cat tidak akan kuat melekat.

            Berikut adalah cara memperbaiki cat yang terkelupas.

            LANGKAH 1

            Kelupas seluruh permukaan dinding yang catnya mengelupas dengan kape.






            LANGKAH 2

            Amplaslah seluruh permukaan dinding sampai sisa sisa cat lama hilang






            LANGKAH 3

            Bersihkan kotoran dengan lap kering sampai bersih. Setelah itu dengan lap basah. kemudian keringkan.





            LANGKAH 4

            Rollkan cat dasar pada permukaan dinding dengan roller, cukup 1 kapis. Biarkan selama 1 - 2 jam





            LANGKAH 5

            Campurkan cat dengan air sebanyak 10 %. Aduklah hingga rata, Tuangkan dalam bak cat, celupkan roller, lalu gulirkan rller pada permukaan dinding



            LANGKAH 6

            Sapukan cat pada permukaan dinding, sewaktu mengecat, gerakan seperti membuat M besar yang berderet- deret dan saling menumpuk. Gunakan kuas untuk mengecat pinggiran dinding atau lis. Setelah lapisan pertama mengering ( 2-3 jam), lanjutkan mengecat lapisan kedua diatas lapisan pertama.


            Selamat Merenovasi.

            DIY (7): Cara Memperbaiki Tembok Retak

            Huh...sebal...tembok dirumah kita mulai retak. Sebenarnya secara struktur bukan masalah besar, hanya saja kita jadi risih melihatnya. Ruangan interior rumah kita menjadi tidak sempurna lagi.

            Penyebabnya bermacam-macam. Bisa dikarenakan proses pembuatan yang terburu-buru, atau karena campuran material semen dan pasir yang tidak sesuai. Lalu bagaimana solusinya? Apa harus daya bongkar... Eitss...tidak perlu dibongkar, cukup lakukan tips berikut dibawah ini. Mudah mudahan dapat menutup tembok anda yang retak tadi.

            Yang perlu diingat adalah retak yang ada bukan karena ketidak seimbangan struktur. Jika terjadi ketidak seimbangan struktur biasanya retak pada dinding makin lama makin bertambah lebar, bahkan terjadi retakan pula antara dinding dengan lantai.

            Berikut ini cara meutup retak dinding (bukan retak struktur) dan bergelombang, gunakan campuran Mowilex Alcaplast + Mowilex Alcabond.

            Dengan perbandingan :

            • Mowilex Alcapast (5kg)
            • Mowilex Alcabond (1kg)
            • Air (secukupnya ±2 liter)

            Cara Pencampuran Mowilex Alcaplast + Alcabond :

            1. Alcabond 1kg diencerkan terlebih dahulu dengan air secukupnya.
            2. Masukkan Alcaplast sedikit demi sedikit hingga 5kg dan aduk rata hingga adukan liat. Untuk hasil yang maksimal gunakan pengaduk / mixer.
            3. Tunggu sampai kering (minimal 7 hari)
            4. Beri 1 lapis Mowilex wall Sealer Water Base. Agar memperoleh hasil yang optimal biarkan selama 24 jam.
            5. Cat ulang dinding dengan cat interior berkualitas baik, serta sesuaikan dengan warna sebelumnya.
            Semoga solusi ini dapat menyelesaikan permasalahan tembok retak, jika masih ada pertanyaan silahkan konsultasikan disini. (tinggalkan komentar anda, supaya saya bisa membantu).

            Selamat Merenovasi.

            Lantai Marmer atau Vinyl?


            Menciptakan interior rumah yang indah adalah idaman setiap orang, terutama pemiliknya. Pemilihan bahan material yang tepat dan serasi disetiap sudut dan bidang akan membuat suasana ruangan yang nyaman.
            Salah satu komponen ruang antara lain adalah lantai. Bahan material untuk bidang lantai sangat beragam, kita sendiri terkadang bingung juga dalam memilihnya. Apalagi jika anggaran belanja sedikit. Bukan berarti anggaran sedikit lalu kita mengorbankan desain atau impian kita. Masih banyak sekali alternatifnya loh...
            Jika kita memiliki anggaran cukup besar dan menginginkan penutup lantai yang permanen, sekarang ini banyak pilihannya. Misalnya marmer. Marmer masih menjadi idola bagi rumah tinggal. Karakternya yang kuat dan tahan lama menjadi pertimbangan utama pemilihan bahan ini. Kesan kuat inilah yang mampu menciptakan kesan elegan.

            Karakteristik marmer yang dingin dan sejut , dapat menciptakan kesejukan dan kenyamanan bagi penghuninya. Kelebihan lain marmer adalah jika terjadi kebakaran, marmer masih dapat bertahan dan tidak perlu diganti.
            Bagaimana dengan lantai vinyl... Ya baca selengkapnya disini donk....

            Lantai Vinyl
            Nah...ada satu lagi bahan material jenis lain yang patut kita simak, yaitu Vinyl lantai. Lantai vinyl bersifat elastis, ringan, menyerap suara, dan guncangan, mudah direnovasi, mudah dalam perawatan, namun kualitasnya tidak kalah dengan marmer. Lantai vinyl memiliki berbagai spesifikasi, diantaranya adalah

            • antimicrobial (biasa digunakan dirumah sakit)
            • antistatic
            • antichemisal (biasa digunakan di pabrik dan laboratorium)
            • moving load resistant (biasa digunakan di pabrik dan gudang)
            • anti slip.
            Motif dan ukuran yang bervariasi membuat vinyl semakin menjadi trend. Apalagi ditambah dengan kemampuan anti jamur, anti air, dan yang paling penting anti rayap. Berbeda dengan lantai parket yang masih terancam jika ada rayap. Dengan motif kayu, kita bisa menghadirkan suasana alami tanpa harus khawatir terhadap serangan rayap.

            Ketebalan bahan vinyl 0,4 mm. Proses pemasangannya dengan ditempel pada bidang lantai. Tentunya lantai ruangan kita sebaiknya diratakan dulu dengan plester aci. ....Oh Iya, karena cuma ditempel, sewaktu-waktu jika kita sudah bosan bisa kita ganti dengan motif yang baru, dan bekasnya bisa kita pakai untuk ruangan lain....he3 ...itu juga kalau kondisinya masih bagus. Untuk harga, sangat beragam. Ada yang lokal ada juga yang import. Salah satu jenis import adalah merk Tajima dari Jepang. Cobalah sambangi Supermarket Bahan Bangunan sekitar kita, lihat-lihat dan membandingkan dahulu sebelum membeli.
            Selamat Merenovasi.

            Ucapan Terima Kasih dari Renovasiku

            Blog Renovasiku telah berusia 6 bulan lebih sejak dirilis tanggal 30 Oktober 2008
            dan telah mengalami perombakan disana-sini sampai dengan saat ini telah menjadi
            suatu blog yang menarik untuk dikunjungi.

            Berdasarkan data www.histats.com, pengunjung Renovasiku semakin
            lama semakin bertambah. Terlihat dari data hanya dalam 30 hari terakhir
            mencapai 1.863 pengunjung
            dengan jumlah pengunjung baru sebesar 1.724 pengunjung.

            Hingga saat ini pengunjung blog ini telah mencapai lebih dari 2.787 pengunjung.
            Sungguh suatu pencapaian yang membahagiakan, karena blog ini bermanfaat bagi para
            pembacanya. Untuk itulah besar rasa Terima Kasih kami
            kepada para pengunjung dan pembaca blog ini.
            Mudah-mudahan blog ini mampu memberikan manfaat lebih
            bagi kehidupan sehari-hari.

            Pencapaian ini adalah pencapaian yang penuh kerja keras dan bukan pencapaian yang instant.
            Mudah-mudahan para blogger-blogger baru dapat termotivasi untuk terus menulis.
            Ucapan Terima Kasih juga kepada para blogger-blogger senior yang
            telah banyak membantu dalam artikel-artikel mereka yang sangat membantu
            menyempurnakan blog ini. Semoga blogger Indonesia semakin berkibar.

            Florentius Tony A.


            Dak Keramik Keraton Pengganti Dak Beton

            Makin mahalnya biaya pembangunan rumah membuat setiap penemuan teknologi yang memungkinkan penghematan selalu menarik. Bukan hanya bagi yang sedang membangun rumah, tapi juga bagi yang ingin meningkatkan kapasitas rumahnya. Pembuatan dak (lantai atas) pada rumah dua lantai atau lebih misalnya, selama ini lazimnya memakai cor beton.

            Cara itu bukan hanya lambat tapi juga butuh biaya besar. Perlu waktu setidaknya tiga minggu hingga hasil coran mengering. Pembuatan beton coran pun ribet. Butuh molen untuk membuat adukan cor, dan kayu perancah untuk menopang penampang cetakan beton, selain tenaga kerja yang banyak.

            Sebelum hasil cor mengering, ubin di lantai bawah otomatis belum bisa dipasang.
            Karena itu sebagai solusi terhadap persoalan itu, muncul penemuan dak instan yang tinggal pasang yang membuat pembangunan lantai atas bisa lebih cepat dan efisien. Kekuatannya diklaim sama dengan dak dari cor beton.

            KUAT DAN RINGAN
            Di luar negeri teknologi plat lantai instan itu sudah lama berkembang. Di Indonesia tipe-tipe konstruksi plat lantai atas alternatif seperti keraton dan blockvloer itu muncul lebih telat. Beberapa merek yang beredar adalah Wina ceiling brick dan Dwidjo blockvloer.

            Wina ceiling brick merupakan satuan blok keramik yang dibuat melalui proses pembakaran tanah liat di atas suhu 1.050 derajat celcius. Sedangkan Dwidjo blockvloer atau disebut juga baliton (balok lantai beton) memakai semen, pasir, batu sebagai pengisinya. Panjang per satuan 25 x 20 cm dengan lebar 10 dan 12 cm dan berat 4 - 5 kg.

            Berbeda dengan cor beton biasa, blok-blok ini memiliki rongga di dalamnya yang berfungsi sebagai isolator panas dan dingin. "Rongga itu memungkinkan ruang di bawah tidak panas," ujar Dwi Pudjo W, pematen Dwidjo blockvloer.

            Walau berupa satuan, kekuatan plat lantai alternatif ini sama dengan cor beton konvensional, mampu menahan beban sekitar 350 kg/m2. Sementara beratnya lebih ringan sekitar 40 persen atau 180 kg/m2, dibanding dengan cor beton biasa.

            TANPA PERANCAH
            Pemasangan sangat hemat waktu dan biaya, karena tidak memerlukan perancah (bekisting) untuk menopang cetakan seperti pada pembuatan dak konvensional. Jadi, pemakaian kayu perancah, juga triplek untuk alas cetakan, dan besi beton bisa diminimalisir. Pembuatan dak tidak mengganggu aktivitas di lantai bawah seperti pemasangan ubin atau keramik.

            Sebelum dipasang, satuan blok dirakit memanjang sesuai ukuran yang dibutuhkan, maksimal 4 meter. Khusus untuk keraton dianjurkan direndam dulu sekitar 15 menit hingga keramik benar-benar jenuh air. Masukkan besi tulangan di antara bentangan blok baru tutup rapat dengan adukan semen dan pasir. Diamkan sekitar 3 - 7 hari hingga bentangan blok mengeras.



            Setelah blok yang dirakit itu telah kering sempurna, maka blok tersebut diangkat dan dibentangkan diantara balok yang telah disiapkan pembesiannnya. Dan kemudian pembesian blok keraton tadi akan dicor bersamaan dengan balok.

            Selamat Merenovasi.

            Tempat-tempat Belanja Material Murah

            Saya mendapatkan beberapa email dan komentar dari beberapapembaca blog saya mengenai kebutuhan belanja material yang murah untuk renovasi rumah. Sebenarnya murah dan mahal sangatlah relatif terhadap sebagian orang. Namun saya akan memberikan beberapa nama tempat bahakan mungkin toko bagi anda untuk berbelanja material murah untuk kebutuhan renovasi rumah anda.
            Untuk belanja material bangunan, sebaiknya anda menawar terlebih dahulu kepada toko. Apalagi jika volume renovasi yang akan dilakukan cukup besar. Kenaikan Rp 10,- saja sangat berarti bagi kelangsungan pekerjaan. Jangan sungkan-sungkan menanyakan kepada toko jika ada kenaikan harga dan alasannya.
            Untuk belanja keramik lantai, anda bisa coba ke:
            1. Jalan Percetakan Negara, disana banyak toko keramik dengan harga relatif lebih murah dari kawasan lain.
            2. Jalan Panglima Polim dan Fatmawati, disana harga sedikit lebih mahal dari kawasan percetakan negara. Mengingat konsumennya kebanyakan rumah mewah, namun jika anda mau mencari model, motif, atau bentuk, disana banyak sekali koleksinya. Bahkan beberapa produsen besar membuat gerai showroomnya di daerah itu.

            Untuk belanja alat-alat listrik, sanitair, dan kunci-kunci pintu, anda bisa coba ke:

            1. Kawasan Pinangsia, disana banyak toko yang menjual alat-alat tersebut dengan harga murah (net), biasanya harga untuk kelas kontraktor. Namun untuk kenyamanan memang agak kurang, karena kita harus pindah dari toko ke toko dengan udara cukup panas.
            2. Kawasan Kenari Mas di Salemba Raya, konsepnya seperti mall dan berAC, harga juga murah. Kita bisa tawar menawar disana. Untuk harga anda bisa mendapatkan 30% lebih murah dari toko material lain. Coba saja anda sambangi dan buktikan sendiri.

            Untuk belanja supermarket bahan bangunan

            1. BJ Hypermarket, saya sudah beberapa kali belanja bangunan di Mitra10 dan BJ Hypermart. BJ Hypermart masih lebih murah ketimbang Mitra10. Bukan maksud promosi, namun memang kenyataannya demikian.
            2. Ace Hardware, memang harganya mahal. Namun jika anda tidak menemukan alat-alat yang anda inginkan tidak ditemukan di toko lain, pilihan terakhir adalah Ace Hardware. Harga memang lebih mahal, namun koleksinya lengkap.

            Nah...jika saya temukan tempat bahan bangunan yang murah akan saya update posting ini. Semoga bermanfaat.

            Selamat Merenovasi.

            Tips (23): Cara Tepat, Memperbaiki dak.

            Ada empat faktor pemicu timbulnya masalah pada dak beton. Didiamkan saja di tengah cuaca yang saat ini tidak pasti bukan tak mungkin menimbulkan masalah besar. Yuk, lekas perbaiki!

            Faktor pemicu tersebut antara lain adalah retakan, daya serap, kurang sempurnanya adukan cor, serta ketebalan coran. Tetapi, jangan khawatir, belum ada kata terlambat menuntaskan masalah ini meskipun memasuki triwulan ketiga tahun 2009 hujan dan panas silih berganti mendera.

            Melihat kondisi tersebut, melapis ulang beton merupakan jalan keluar paling mudah dan cepat. Semakin cepat semakin baik karena dak beton mudah sekali rusak akibat perubahan cuaca seperti saat ini. Kerusakan pun bisa merambat pada konstruksi, permukaan beton rusak, cat terkelupas, atau berjamur. Ada celah sedikit saja, dak beton pasti bocor.

            Tidak terlalu sulit membetulkannya. Di sekitar area dak yang bocor itu bisa langsung ditambal, yaitu melapisinya dengan waterproofing. Namun, jika sumber kebocoran tidak juga terdeteksi, cara paling aman adalah dengan melapis ulang seluruh permukaan dengan waterproofing. Selanjutnya, pengecatan ulang permukaan dak akan menjadi sentuhan akhir menutup pekerjaan ini.

            Beberapa langkah ini mungkin bisa membantu Anda melakukan pelapisan ulang:

            Bagian Atas Dak Beton:
            • Gunakan sikat dan kape scrape untuk membersihkan debu dan kotoran di seluruh permukaan dak
            • Mulailah memoleskan waterproofing yang diawali dari sudut pertemuan antara permukaan dak beton dengan dinding
            • Dalam kondisi basah oleh waterproofing, tempelkan serat fiber sambil ditekan-tekan perlahan
            • Proses penekanan bisa perlu menggunakan rol cat yang telah dicelupkan ke dalam waterproofing. Syarat pemakaian serat fiber harus pada dinding dan permukaan (lantai) dak beton setinggi dan selebar 15-20cm
            • Seiring penutupan celah pada sudut-sudut pertemuan dak beton dan dinding tadi, poleskan waterproofing ke seluruh permukaan dak beton. Setelah mengering, pelapisan diulang lagi dengan arah menyilang
            • Agar lapisan waterproofing tidak rusak karena terinjak atau terkena benda keras, sebaiknya dak beton dilapisi dengan plesteran semen yang dicampur cairan waterproofing setebal 3-5cmBagian Bawah Dak Beton
            • Gunakan sikat dan kape scrape untuk membersihkan kotoran di seluruh permukaan plafon
            • Gunakan cairan fungicidal wash jika menemukan jamur di sekitar plafon- Lapiskan alkali sealer untuk mengeblok flek supaya pengecatan tidak belang-belang. Satu-dua jam alkali sealer akan mengering
            • Selanjutnya, ratakan hasil pekerjaan dengan cat dan disarankan hingga dua kali pengecatan- Pemolesan cat pertama dicampur air sebanyak 10%, dan untuk pengecetan kedua dengan air 20%-nya.
            Bahan dan Alat
            • Waterproofing
            • Kain kasa atau serat fiber
            • Semen dan pasir kering
            • Cat dasar atau wallsealer dan cat finishing
            • Kuas nomor 4 serta rol kecil dan bak cat
            • Kape scrape
            • Ember adukan
            • Sarung tangan
            Sumber: www.kompas.com Yuk Perbaiki dak beton

            Tips (22): Hemat Energi, Go Green

            Apakah kita Ramah Lingkungan? Hidup cerdas tidak cukup dengan buang sampah di tempatnya saja. Ada banyak langkah-langkah kecil yang akan membuatnya menjadi lompatan besar.

            Caranya? Mencoba untuk mengurangi emisi karbon yang setiap hari kita lepaskan ke atmosfer. Anda bisa jadi salah satu Climate Heroes yang turut memperlambat laju dampak global warming dan climate change!

            Mulai dengan tip-tip berikut ini. Kalau bukan kita, siapa lagi? “Hemat listrik, yuk!” “Buat apa? Kan kita masih mampu bayar!” Rata-rata kita baru merasa perlu ketika tagihan membumbung, kan. Pakai listrik seperlunya. Kenapa harus menunggu krisis untuk jadi pengguna yang bijak?

            Tips untuk hidup lebih hemat energi "Go Green" , Baca Selengkapnya:
            1. Matikan lampu dan peralatan elektronik (lampu, televisi, komputer, stereo, mesin cuci, oven, hingga video game) bila tidak diperlukan: saat makan siang, rapat, pulang kantor, dst. Jangan meninggalkannya dalam keadaan stand-by. Mereka masih mengonsumsi listrik pada saat stand by!
            2. Jika menggunakan lampu pijar tak terhindarkan, gunakan dimmer untuk mengatur besar kecilnya daya yang dialirkan.
            3. Untuk lampu luar sebaiknya gunakan timer, agar bisa diatur kapan menyala dan kapan matinya. Jadi bisa kita atur penggunaan listriknya. Timer membantu kita mengatur waktu penggunaan secara otomatis.
            4. Beli alat elektronik dengan model paling hemat energi. Lihat spesifikasi penggunaan daya listrik pada label dibelakang alat tersebut.
            5. Jika memungkinkan belilah TV LCD atau Plasma, TV LCD atau Plasma daya listriknya lebih kecil ketimbang TV cembung konvensional.
            6. Memasak air minum? Didihkan sesuai kebutuhan. Untuk mandi, gunakan pemanas tenaga matahari. Dan, dijaga jangan sampai air mengalir terus menerus. Sebab air yang dikeluarkan dari dalam tanah kan pakai pompa, pompa pakai listrik tuh.
            7. Bersihkan saringan penghisap debu, termasuk saringan AC. Lebih baik lagi service secara berkala 3 bulan sekali. Saringan yang tersumbat menyebabkan motor bekerja lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak listrik.
            8. Manfaatkan cahaya matahari dan angin yang alami secara optimal di siang hari. Buka jendela lebar-lebar. Nyalakan lampu saat menjelang sore. Jangan lupa lampu diganti dengan lampu hemat energi. Dan, lampu dijaga selalu bersih supaya terang dengan maksimal. Lampu dengan watt rendah listriknya juga rendah.
            9. Lepas charger dari steker listrik jika tidak digunakan, charger yang masih tersambung dengan steker akan tetap menggunakan listrik. Walaupun kecil namun jika didiamkan sampai dengan 10 jam jumlahnya jadi besar.
            10. Pintu lemari es harus ditutup rapat dan hanya dibuka seperlunya. Isi lemari es secukupnya. Terlalu penuh akan menghalangi sirkulasi udara pendingin. Sama halnya ketika kita memasukkan makanan/minuman panas. Ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras. Sering dibuka dingin berkurang, untuk mendinginkan lagi perlu listrik lebih juga tuh.
            11. Atur suhu AC sesuai kebutuhan. Karena semakin dingin suhu semakin banyak energi listrik yang diperlukan. Beli AC dengan PK yang sesuai dengan luas ruangan, dan gunakan timer saat penggunaan. Supaya tidak boros listriknya.
            12. Gunakan mesin cuci hanya bila cucian Anda banyak. Atau, sesuai kapasitas. Lalu, isi air sesuai petunjuk. Gunakan panas matahari untuk pengeringan secara alami. Mesin cuci yang efisien mampu menghemat air hingga 1.500 liter per tahun. Hemat listrik, hemat air, hemat biaya!
            13. Bersihkan bagian bawah setrika dari kerak/kotoran. Setrika otomatis lebih hemat listrik. Atur setrika listrik, sesuai dengan tingkat panas yang diperlukan. Jika setrika sudah mulai tidak panas sebaiknya ganti yang baru, sebab daya untuk memanaskannya akan lebih besar.
            14. Cegah kebocoran air pada kran atau pipa. Semakin banyak air keluar, listriknya juga boros, karena air diambil dengan pompa. Apalagi kalau pompanya jetpump, lebih besar lagi dayanya.
            15. Periksa kondisi kabel rumah, cek kapasitas kabel dengan beban yang diterima. Jika beban besar sedang kapasitas kabel kecil, energi terbuang akan besar dan resiko terbakar semakin tinggi.
            16. Pertimbangkan untuk membeli laptop dibanding desktop atau personal computer karena laptop lebih hemat 5 kali lipat dibanding desktop. Ketika Anda sudah memiliki desktop dianjurkan menggunakan layar monitor LCD dibanding CRT.
            17. Bila perlu gunakan "1 switch for all", seperti dihotel. Jadi jika kita keluar dari sebuah ruangan, dengan menekan satu switch (saklar) maka seluruh peralatan akan mati seketika. Pasti akan semakin hemat.

            Selamat Merenovasi.

            Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...