Small Office Home Office

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam membuat kantor dirumah. Faktor-faktor penting apa saja yang menjadi penunjang kinerja kita dalam bekerja dirumah. Berikut pembahasannya.

Before and After, Renovasi

Renovasi diperlukan manakala rumah sudah tidak nyaman lagi ditempati oleh pemiliknya. Berikut salah satu proyek yang kami kerjakan untuk merenovasi rumah seorang klien.

Siasat Tengil, Rumah Mungil

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk membuat ruang di dalam rumah menjadi lebih lapang. Hasilnya, kita akan menikmati suasana di dalam rumah yang lebih lega.

Penyimpan Baru, Dari Kaleng Susu

Punya kaleng susu bekas, tapi bingung mau diapakan....? Nah, kaleng susu itu bisa kita gunakan untuk tempat penyimpanan.

Jadi Keren, Dengan Cat Aksen

Jangan ragu-ragu untuk bereksperimen, misalnya: dengan mengecat salah satu bidang dinding dengan warna lebih gelap.

Apa Itu Feng Shui


Feng shui (Mandarin: 風水) adalah ilmu topografi kuno Tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia dan Surga (astronomi), dan Bumi (geografi), hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif.

Qi terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Qi baik disebut juga nafas kosmik naga. jenis Qi ini dipercaya sebagai pembawa rejeki dan nasib baik. namun ada pula Qi buruk yang disebut Sha Qi pembawa nasib buruk. terdapat berbagai aliran feng Shui, di antaranya adalah Bintang terbang, waktu, dan topografi.

(Dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia bebas)

Ahli Feng Shui - Jangan Buka Semua Rahasia Bisnis


Waduh...satu lagi posting yang memprovokasi nih!

Tidak juga, saya tidak bermaksud untuk memprovokasi siapapun atau menyudutkan bidang profesi tertentu. Untuk lebih jelasnya berikut dasar pemikirannya.

Apakah kita seorang pebisnis. Yang tidak habis-habisnya mencari peluang-peluang baru untuk memulai bisnis baru di kawasan tertentu? Coba kita telaah lebih lanjut, bagaimana kita mencari data pada saat itu, bagaimana kita menganalisa bisnis yang potensial pada satu kawasan tertentu? Tentunya bukan hal yang mudah kan...? Dan tentunya memeras tenaga, waktu, bahkan biaya yang tidak sedikit.

Nah..seandainya kita tahu bisnis yang sangat potensial pada area tertentu, tentunya kita jaga informasi tersebut untuk kita sendiri khan? Pastilah....sebab jika sampai bocor ketangan orang lain, bisa-bisa mereka duluan yang memulai bisnisnya, dan akhirnya kita ketinggalan.

Pada saat ingin memulai suatu bisnis, terkadang kita bekerja sama dengan ahli feng shui untuk membahas segala sesuatu yang berkaitan, agar pada saat bisnis kita berjalan tidak menemukan kendala yang berarti dan menghasilkan rejeki yang melimpah untuk kesejahteraan kita tentunya.

Eits...jangan terlalu royal memberikan informasi mengenai analisa dan keyakinan anda kepadanya. Bahkan sampai dengan potensi-potensi yang ada disekitar kawasan tersebut. Salah-salah informasi tersebut dijual olehnya,.... yah mana tahu kita.

Memang, itu diluar kepantasan....dan hanya beberapa saja yang berlaku demikian. Tapi ini saya dasari dari beberapa pengalaman klien saya yang merasa di ambil idenya oleh orang lain. Padahal apa yang dia rencanakan hanya dia bagi kepada ahli feng shuinya tadi. Namanya juga profesi, kerjasamanya khan bukan hanya kepada kita saja. Mungkin sudah harus ada dewan kehormatan feng shui, untuk menjaga profesi ini supaya tetap murni. Namanya juga bisnis, kalo tidak saling sikut, ya...benjut.

Nah... oleh sebab itulah, saya menyarankan agar jangan terlalu royal memberikan informasi peluang bisnis kecuali jika kita sudah mengenal lama ahli feng shui kita sejak lama dan track recordnya bagus, atau lokasi yang potensial tadi sudah ditangan kita. Namanya oknum bisa dimana saja, dan pada profesi apapun. Kalau untuk urusan pribadi, keluarga, dan rumah tinggal....itu sih terserah anda.

Pipa PolyEthylene Pengganti Pipa Galvanize Air Panas

Apakah dirumah kita sekarang menggunakan pemanas air (water heater)? Jika ya... pernahkah kita perhatikan pemipaan yang digunakan untuk mengalirkan air panas tersebut kekamar mandi. Biasanya menggunakan pipa besi galvanize yang dibungkus dengan alumunium foil.

Terkadang pada saat merenovasi rumah, ada penambahan kamar mandi ditempat lain dan membutuhkan air panas. Alhasil kita harus membuat instalasi tambahan untuk membuatnya. Tapi ingat, hal ini biasanya digunakan pada water heater yang berkapasitas besar.

Nah.. untuk membuat instalasi plumbing itu sekarang sudah ada produk baru yang memudahkan kita untuk mewujudkan impian itu. Yaitu pipa PolyEthylene (PE), pipa ini bentuknya seperti selang sehingga kita dapat membelokkan arahnya kemana saja kita suka. Jadi tidak terlalu banyak menggunakan knee (sambungan siku) seperti layaknya pipa PVC. Dengan belokan sampai dengan 90 derajat, pipa ini memiliki fleksibilitas tinggi sehingga mampu digulung.

Pipa PE ini tahan terhadap benturan keras, tahan korosi, dan untuk pipa air panasnya mampu tahan hingga temperature 95 derajat celsius. Pemasangannya pun sangat mudah, sehingga kitapun bisa memasangnya sendiri.

Pipa jenis ini dirilis dengan 2 tipe, untuk air dingin (warna hitam) dan untuk air panas (warna orange. Salah satu produsenya adalah PT.Rusli VinilonSakti. Kita bisa membeli pipa ini di toko bangunan.

Mungkin anda sedang ingin menambah titik kran dirumah anda, dan ingin cepat terlaksana pemasangannya. Mungkin bisa mulai mempertimbangkan penggunaannya.

Cara pemasangan:

1. Potong pipa Innova dengan alat pemotong (gunting pipa/gergaji).

2. Dorong fitting Innova ke dalam pipa, minimal sampai baris ke-2 dari bagian tirus fitting Innova. 3. Kencangkan bagian mur fitting Innova dengan tang atau "kunci Inggris."

4. Mudah. Tanpa pemanasan dan lem. Terpasang sempurna antara pipa Innova dan fitting
Innova,dijamin tidak ada kebocoran.
Selamat Merenovasi.

Rayap Menyerang, Pakai Atap Baja Ringan

Pernahkah kita khawatir kalau-kalau rumah anda terserang rayap...? Mungkin tidak ada salahnya jika kita mulai memeriksa kondisi rumah kita yang menggunakan kayu secara berkala. Mulai 1 bulan sekali. Jika rayap sudah menyerang, mungkin sudah saatnya mulai dari sekarang kita mempersiapkan anggaran untuk merenovasi atap rumah anda. Atau kita coba membasmi rayap dengan tisu anti rayap.

Mungkin dalam waktu dekat, atau mungkin persiapan untuk jangka panjang. Karena rayap tidak tahan terhadap cahaya, makanya dia melakukan serangannya dengan gerilya....sembunyi-sembunyi. Terkadang dari luar kayu kita masih terlihat utuh, tapi ternyata didalamya sudah kosong seperti kerupuk.

Lalu bahan apa yang bisa kita pakai sebagai bahan pengganti. Mungkin kita mulai mempertimbangkan untuk menggunakan atap baja ringan (light steel frame).

Baja ringan dibuat dengan campuran bahan dasar baja dengan campuran (cabon, manganese, silicon, dan copper) serta dilapisi oleh lapisan anti karat diantaranya adalah
  • seng / zinc (galvanized).
  • zinc, alumunium, dan silikon (zinc-alum).
  • zincalume dengan resin coating.
Lapisan-lapisan anti karat itulah yang menjamin ketahanan bahan baja ringan. Untuk kekuatan dan rangka, ada sertifikasinya sendiri.
Baja ringan ini sudah banyak dipakai di Indonesia. Dan mereknya juga sangat beragam. Kelebihannya adalah bobotnya yang ringan dibanding dengan bahan material atap lainnya.

Namun berhati-hatilah dalam pemasangannya. Perhitungannya tidak bisa sembarangan, harus teliti betul. Biasanya menggunakan software tertentu, misalnya saja software SupraCADD dan Pryda Roof untuk mengukur tingkat pembebanan terhadap rangka yang akan dibuat.
Nah... tingkat ketepatan ukuran inilah yang menjamin kekuatan dan ketahanannya. Bisa anda ukur dengan waktu garansi yang diberikan. Dan pemasangannya harus oleh ahlinya.

Ketebalan minimal baja ringan 0,75 mm. Biarpun tipis, tapi dibuat dengan profil yang kuat. Pamasangannya harus dilengkapi dengan bracing/pengaku. Jika anda pernah dengar, ada orang yang menggunakan baja ringan dan kemudian roboh. Itu bukan karena bahan materialnya yang tidak kokoh, tetapi pemasangan bracing nya salah atau bahkan kurang.

Pemasangan bracing ini menggunakan sekrup yang disebut SDS (self drilling screw) atau sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur. Dan pemasangannya tidak bisa dilakukan hanya dengan bor biasa, tapi menggunakan screwdriver yang dilengkapi alat kontrol torsi untuk menghindari overthigten (aus).

Nah... untuk mendapatkan hasil maksimal, lebih baik dari awal sampai dengan pemasangannya serahkan saja pada ahlinya. Apalagi harganya termasuk mahal, kan.. kita nggak mau terbuang percuma. Kita pasti ingin menggunakannya untuk waktu yang lama. Kalau pemasangannya tepat, garansi yang diberikan bisa sampai 25 tahun. Mungkin pada usia garansi itu kita sudah lupa dimana membelinya ,...ha3.

Berikut harga baja ringan terpasang:
  • Profil C Galvanized tebal 0,7mm dan 0,8mm Rp 170.000,-/m2
  • Profil C Galvalume tebal 0,7mm dan 0,8 mm Rp 180.000,-/m2
  • Profil C Zincalume tebal 0,7mm dan 0,8mm Rp 190.000,-/m2

Selamat merenovasi.

Ahli Feng Shui - Bisa Cocok Bisa Juga Tidak

Berkaitan dengan dengan artikel saya sebelumnya, mengenai "Jangan Bergantung Kepada Ahli Feng Shui" berikut saya ingin berbagi pengalaman klien-klien saya yang menggunakan konsultan feng shui dalam kehidupannya.

Karena sifatnya konsultasi, maka biasanya arahan-arahan yang diberikan bersifat saran. Jika kita mengikuti betul sarannya maka diharapkan kita mendapatkan manfaat dari apa yang telah kita jalani. Namun jika tidak, misalnya rejeki kita masih seret juga...kita tidak dapat menuntut apa-apa.

Beberapa klien saya banyak yang telah berganti guru atau suhu (sebutan untuk ahli feng shui). Tentunya bukan urusan saya kenapa mereka berganti guru,... tapi terkadang dalam perbincangan tanpa sengaja mereka menjelaskan kenapa mereka memilih ahli yang lain. Alasannya hanya satu,"...karena saya sudah tidak cocok dengan dia..."

Tentunya saya semakin penasaran, bukankah guru atau suhu itu seperti imam. Bagaimana mungkin kita berganti imam kita... sama saja dengan kita mengubah arah keyakinan kita. Mereka menjawab guru atau suhu itu bukanlah imam, melainkan seperti dokter. Kadang cocok, terkadang juga bisa tidak cocok. Kalau tidak cocok, seringkali mereka mencari opini kedua. Waah...berarti benar-benar seperti dokter. Tapi ingat...jangan sampai ketahuan, kalau ketahuan bisa-bisa diprotes. Kalau saya telaah, seperti ada etika profesinya.

Nah... ukuran cocok atau tidaknya, tentunya tidak bisa diukur dengan waktu yang singkat. Satu contoh klien saya, setelah 1 tahun barulah dia merasa tidak cocok dan kemudian berkonsultasi dengan suhu yang lain. Karena dia merasa, sudah mengikuti betul arahan-arahan tapi hasilnya tidak kunjung datang.

Kalau anda sekarang sedang berkonsultasi dengan seorang suhu dan merasa tidak cocok, sepertinya anda perlu mulai berpikir untuk mencari opini kedua. Siapa tahu anda lebih cocok dengan suhu yang lain. Suhu juga manusia, jangan salah loh...mereka juga bisa salah hitung juga. Apalagi kalau kita tidak memberikan informasi yang benar.

Saya pernah ketemu dengan seorang ahli feng shui yang sudah punya pengalaman puluhan tahun dan punya indera keenam. Baru saja ketemu, dia sudah bisa menebak karakter saya, orang tua saya, sifat saya, tanggal lahir saya, dan masa depan saya. Hanya melihat rumah dari luar saja, dia sudah tahu dimana letak ketidak seimbangan rumah itu, katanya dia bisa lihat dari aura rumah itu. Wah... yang begini mungkin cocok untuk saya.

Jangan Selalu Bergantung Kepada Ahli Feng-Shui

Waah... judul diatas seperti provokasi saja. Tidak ada maksud begitu... mari kita telaah lebih lanjut.

Dasar pemikiran saya untuk membahas masalah ini adalah kita sebagai manusia diciptakan untuk hidup seimbang atau selaras dengan alam... itu betul. Oleh sebab itu muncul ilmu-ilmu yang mempelajari keseimbangan hidup dengan alam, yang sering kita kenal dengan Feng Shui atau Hong Shui. Sekali lagi feng shui itu adalah ilmu, dan bisa dipelajari oleh siapapun.

Saya sendiri tidak mendalami betul hal ini, saya hanya mengikuti dan mempelajarinya pada permukaannya saja. Dalil-dalil yang umum saja yang saya terapkan dalam desain saya, itu juga kalau klien saya meminta. Kalau diikuti terus dalil-dalil itu mengarahkan kita untuk semakin sempurna dalam kehidupan yang selaras dengan alam.

Banyak sekali dalil-dalil yang harus kita ikuti. Mulai dari unsur yang ada didalam diri kita, sampai bagaimana dan dimana harus bertempat tinggal. Banyak klien saya yang pada awalnya mengikuti betul petunjuk ahli-ahli feng shui mereka, mulai dari hadapan rumah, letak pintu masuk, letak pintu pagar, letak dapur, letak kolam, bahkan sampai dengan ukuran pintu dan jendela mengikuti dalil-dalil yang harus diterapkan.

Alhasil, mereka semakin menemukan banyak ketidak seimbangan didalam rumah mereka. Awalnya mau renovasi sedikit, sampai akhirnya memaksakan diri untuk merenovasi total. Mereka memaksakan diri, agar rumah mereka semakin dekat dengan keseimbangan dengan alam tadi.

Tapi semakin hari, hidup mereka semakin diatur oleh batasan-batasan, mulai dari letak sofa, ukuran furniture, lukisan yang boleh dipasang dan tidak boleh, warna ruangan, dan seterusnya. Pada akhirnya mereka seperti orang yang tidak punya kehidupan...itu anggapan saya loh. Hidup kok diatur..akhirnya semua serba diatur jadi seperti robot saja.

Kebanyakan dari mereka akhirnya memutuskan kembali seperti saya, mengikuti feng shui hanya dipermukaan saja, alias yang umum-umum saja. Apalagi biaya konsultasinya juga tidak sedikit,...namanya juga ahli

Nah...dari pengalaman itulah, saya berpendapat. Sebagai mahluk hidup kita punya hak hidup untuk menentukan nasibnya sendiri. Apalagi kita pastinya punya keinginan yang ingin kita capai atau miliki. Bagaimana kalo keinginan kita di hambat dan dibatasi, tentunya lama kelamaan kita tidak merasa hidup. Apalagi rumah adalah tempat tinggal kita, jika bentuk dan isinya tidak sesuai dengan keinginan kita bukankah seperti tinggal ditempat asing.

Nah... cobalah telaah lagi. Janganlah kita melakukan sesuatu dengan setengah hati, kalau anda akan mengikuti ahli feng shui, ya...ikutilah dengan tekun dan lengkap, jangan tanggung-tanggung. Tapi jika tidak, tidak akan ada orang yang akan menuntut anda.

Selamat merenovasi.

Tips (9): Efek Negatif Memilih Cat Sesuai Selera

Apakah ruang dirumah kita terasa sempit atau kusam? Coba kita perhatikan lagi,...apa mungkin kita salah pilih warna cat dinding. Cobalah kita amati kembali...., sudah serasikah warna dinding ruangan anda dengan elemen interior lainnya.

Nah...jika kita rasa belum serasi, mungkin ada baiknya kita mulai memikirkan untuk mengubah suasana ruang kita dengan merubah warna ruangan dengan menggunakan cat dinding. Mengubah warna pada dinding merupakan solusi yang baik dan cepat, untuk mendapatkan suasana baru terhadap ruangan. Pada umumnya penghuni ingin warna favoritnya menempel di dinding namun tanpa pikir panjang, langsung membeli dan mengecat. Alhasil..., terkadang suasana ruangan tidak tercapai sesuai dengan harapan.

Namun sempatkah kita terpikir efeknya? Pemilihan warna cat yang keliru atau asal sesuai selera dapat menyebabkan suasana yang diharapkan tidak tercipta. Ruang bisa jadi terlihat lebih sempit, ramai, atau bahkan suram.

Agar efek negatif mengubah warna ruang itu tak terjadi, lakukanlah perencanaan awal dan persiapkan dengan matang. Meskipun hanya renovasi kecil, dalam hal ini mengubah cat dinding bisa jadi hal yang fatal jika kita salah pilih. Tahap awal lakukan observasi akan kebutuhan dan skala ruang. Difungsikan sebagai apa ruang kita itu nantinya? Jika perlu buat sketsa, berbentuk gambar perspektif ruangan. Buat simulasi kecil, jika dinding ruang dilapisi warna-warna tertentu.

Sandingkan dengan warna-warna furnitur yang telah tersedia di ruangan. Temukan kombinasi yang paling tepat. Lebih baik lagi jika menggunakan 3D, hasilnya akan lebih terasa. Tapi itupun kalo anda bisa menggunakan program 3D.

Warna cat dapat mempengaruhi mood seseorang, maka sangat disarankan untuk mengenali karakter warna yang akan dipilih dan disesuaikan dengan ruangan rumah anda. Warna putih sebagai contoh, cocok untuk ruang yang sempit. karena putih punya efek psikologis netral. Warna putih cenderung memberikan kesan bersih dan lebar. Begitu pula dengan warna cat polos lain, selain tidak terkesan sesak nuansanya juga indah.

Kita dapat memadukan warna yang lebih muda pada salah satu dinding. Kita juga bisa memberikan aksentuasi pada ruangan, yaitu dengan menghadirkan warna mencolok. Hati-hati loh... yang namanya aksen, kehadirannya cuma sebagian kecil untuk mempercantik ruangan. Dan akan lebih sejuk lagi jika ada cahaya alami yang cukup masuk kedalam ruangan sehingga ruang menjadi lebih sejuk dan hidup.

Ragam warna dapat terlihat lebih alami jika terkena sorot cahaya alami. Namun hati-hatilah memadukan warna. Jalan terbaik adalah pergunakan skema warna (Colour Scheme). Kita bisa padukan warna-warna yang senada, atau jika kita ingin menggunakan warna kontras, pilih warna kontras yang sesuai. Pemilihan ini dapat dilakukan dengan memperhatikan skema warna pada color wheel.

Anda bisa melihatnya pada toko-toko bangunan terdekat, konsultasikan dengan sales representatif disana. (Jangan ragu untuk bertanya). Dibeberapa lokasi swalayan bangunan, mereka sudah menempatkan komputer untuk mengolah cat-cat yang anda pilih. Dan hasilnya bisa anda lihat sebelum anda membelinya. Jika anda masih ragu juga, hubungi konsultan interor Anda.

Catatan: Ada baiknya anda menghadirkan maksimal 2 warna didalam satu ruangan. Dan kita bisa gunakan gradasinya. So pasti...ruangan anda tidak lagi memusingkan kepala

Selamat Merenovasi.


Trik (5): Usir Semut Tanpa Bahan Kimia

Selain nyamuk dan lalat, semut termasuk serangga yang sering kali mengganggu. Keberadaannya membuat makanan kita tidak aman. Meja makan dan lemari penyimpanan makanan sering menjadi sasaran serangga penyuka gula ini. Terkadang kehadirannya kita biarkan saja, tapi jika makanan kita yang dimakannya....waaah, kita bisa kesal luar biasa.


Kita sering menggunakan pestisida untuk membasmi serangga yang satu ini. Namun penggunaannya terkadang berlebihan, tidak sepadan dengan jumlah semut yang ada. Alhasil, tidak saja semutnya bubar dan mati, tetapi makanan kita pun ikut terkontaminasi pestisida. Lalu apa ada cara lain ya...? Tentu saja ada, kita bisa mengusirnya dengan menggunakan bahan pengganti selain bahan kimia.
Kapur dan Cairan Kimia
Menggunakan cairan kimia atau kapur pembasmi semut memang cenderung cepat menuntaskan masalah. Namun, muncul kekhawatiran, jika bahan-bahan kimia tersebut tercampur ke dalam makanan, kita sendiri bakal keracunan. Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, mari kita basmi semut dengan bahan-bahan alami. Caranya sebagai berikut:

Garam
Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang multimanfaat. Selain untuk melezatkan masakan, garam juga bisa untuk mengusir semut. Caranya mudah, taburkan saja garam di sudut-sudut lemari penyimpanan makanan di dapur atau taburkan juga di sekitar area yang sering didatangi semut.

Bubuk Vanila Bubuk
vanila biasa digunakan untuk membuat kue. Ia bisa juga untuk mengusir semut. Caranya hampir serupa dengan garam. Taburkan bubuk vanila di sudut-sudut lemari makanan atau area lainnya di dapur. Selain mengusir semut, bubuk vanila juga membuat lemari menjadi harum.

Tembakau
Semut-semut pada tanaman buah sama menyebalkannya dengan semut-semut di dapur. Untuk mengusirnya, tak perlu menggunakan cairan pembasmi hama. Cukup dengan tembakau dan air. Siapkan tembakau secukupnya, kemudian campur dengan air. Remas-remas tembakau hingga air berwarna kecokelatan. Kemudian siramkan ke batang tanaman. Dengan cara ini, semut pun enggan datang.

Selamat Mencoba.


Trik (4): Cara Membersihkan Keramik Dengan Belimbing Wuluh

Kita memiliki masalah dengan keramik lantai atau dinding yang kusam. Berpikir bahan pembersih apa yang bisa dengan mujarab membersihkannya. Pasti kita mulai berpikir jika kita pakai Porstex atau sejenis pembersih lain.

Sebenarnya ada cara sederhana dan alami agar keramik kita tampak indah dan bersih. Tentunya kita tahu belimbing wuluh, atau bahkan menanamnya di halaman rumah?, nah......ternyata belimbing wuluh dapat digunakan untuk membersihkan keramik kusam dan kotor.

Belimbing yang asam ini biasanya dipakai untuk penambah rasa segar pada masakan sayur (yang saya tahu untuk sayur asem). Nah, belimbing wulu ini ternyata mampu membersihkan noda pada keramik, bahkan bak mandi dan bahan-bahan dari plastik atau kaca. Biasanya noda yang berupa kotoran sisa makanan, lemak, atau debu yang menebal.

Belimbing wuluh memiliki kadar asam yang tinggi, kadar asam inilah yang dapat melenyapkan noda-noda yang membandel itu. Belimbing wuluh juga dijual di pasar-pasar tradisional. Harganya sekitar Rp. 1.000,- per kantong (isi 10 - 20 buah). Tiap dua belimbing wuluh mampu membersihkan keramik berukuran 20 x 20 cm. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah 1
Kupas bagian badan belimbing wuluh, kemudian gosok permukaan keramik secara merata.

Langkah 2
Diamkan selama kurang lebih 10 menit, agar kadar asamnya bekerja melepaskan noda-noda tersebut dari permukaan keramik.

Langkah 3
Bersihkan permukaan keramik dengan menggunakan sikat plastik. Gosok kearah vertikal atau horisontal hingga noda tersebut terangkat dari permukaan keramik.

Langkah 4
Pada bagian nat keramik, gunakanlah sikat gigi bekas. Jika diperlukan, tambahkan sabun pembersih pada sikat untuk mengoptimalkan hasil pembersihan.

Langkah 5
Bersihkan sisa cairan yang menempel dengan kain kering ataupun basah. Lakukan secara perlahan dan sedikit ditekan. Sampai lantai keramik terlihat bersih.

Jika kita melakukannya secara rutin, paling tidak satu bulan sekali, terutama sekali pada bagian-bagian keramik dapur maka senantiasa keramik kita akan selalu segar, bersih, dan tidak berbau.

Selamat Mencoba

DIY (5): Cara Pasang Keramik Dinding

Keramik dinding mempunyai motif yang beragam. Sungguh disayangkan jika pemasangannya asal-asalan. Tingkat presisi yang tepat dalam proses pemasangan, akan memunculkan motif yang dikehendaki.

Apa pentingnya bagi kita untuk mengetahui cara pemasangan keramik lantai. Pastinya agar kita tidak ditipu tukang yang lebih berpengalaman. Paling tidak, jika kita tahu dasar-dasar pemasangan keramik, kita pun bisa berdiskusi dengan tukang untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Berikut tips sederhananya:

1. Sebelum pemasangan pastikan permukaan dinding bersih dari debu dan kotoran lain. Ini berpengaruh pada daya rekat adukan terhadap keramik.

2. Gunakanlah tali untuk membentuk pola panduan pemasangan agar keramik terpasang dengan rata dan lurus.

3. Rendam keramik kurang lebih 2-4 jam di dalam air. Posisikan vertikal guna mengurangi kadar air.

4. Perhatikan komposisi bahan adukan, yaitu 1:4 (atau 6) antara semen dan pasir. Bila perlu gunakan perekat khusus atau semen instan.

5. Jika menggunakan perekat khusus, bahan adukan dapat langsung diaplikasikan pada dinding.

6. Jangan lupa ratakan dengan spatula yang bergerigi. Komposisi yang tepat, tersaji pada petunjuk pemakaian.
7. Gunakanlah paku sebagai panduan pembuat jarak antar keramik. Lepaskan jika keramik telah terpasang.

8. Isilah celah atau nat dengan semen pengisi dengan warna yang sesuai, ratakan dengan kape plastik atau karet.

9. Langsung bersihkan permukaan keramik dengan lap setengah basah. Dan kemudian biarkan semen mengering dengan sendirinya.

Selamat Merenovasi.

DIY (4): Cara Membuat Drop Ceiling

Plafon gantung (drop ceilling) berfungsi untuk menegaskan keberadaan sebuah ruang. Bisa juga untuk menutupi elemen bangunan yang terekspos lebih rendah, dari plafon utama.

Drop ceilling membuat tampilan plafon menjadi lebih manis dan dinamis.

Pada rumah-rumah yang berdesain minimalis, drop ceilling dibuat seolah-olah menjadi satu bagian dengan struktur rumah. Hal ini dimaksudkan untuk "menyembunyikan" rel gorden dan vertikal blind, sehingga tampilan ruang menjadi lebih rapi dan apik, dan tentu saja cantik. Panduan berikut ini dapat membantu kita untuk membuat drop ceilling.

Bahan dan Alat

  • Besi Hollow atau baja ringan kanal C, gipsum, kompon, sekrup, rod atau kawat.
  • Lampu TL, kain, gergaji, dan cat tembok.

Langkah Pengerjaan

  1. Tentukan letak drop ceilling dan level tinggi yang diinginkan. Perbedaan level ketinggian cukup 20cm, dengan perhitungan 10cm untuk tebal, dan 10cm lagi untuk lampu.
  2. Buat rangka plafon utama, berupa rangka grid dengan besi hollow 2x4 cm. Tempelkan rangka grid menggunakan paku beton pada tembok, sehingga terbentuk rangka plafon utama.
  3. Buat rangka drop ceilling berupa rangka grid, yang disambungkan ke bagian bawah rangka utama. Penghubungnya berupa besi hollow 4x4 cm sepanjang 20cm. Ukuran rangka drop ceilling lebih kecil dari rangka utama. Pasang dengan sekrup, akan lebih mudah jika menggunakan bor untuk memasang sekrup tadi.
  4. Pasangkan rod atau kawat penggantung, yang menghubungkan rangka grid plafon, dengan rangka atap.
  5. Siapkan instalasi listrik di area plafon untuk lampu penerang. Kabel untuk lampu dibuat rapi dengan cara menempatkannya pada jalur yang tak mengganggu rangka. Lebih bagus menggunakan lampu TL (neon) atau model lampu selang untuk kemudahan pemasangan.
  6. Potong gypsum dengan cutter besar, setelah itu pasang gypsum pada rangka plafon dengan menggunakan sekrup gypsum. Rapikan antar sambungan dengan kape dan kompon agar rata. Sisi sambungan yang kasar dapat diampelas halus. Setelah itu, sekeliling plafon dicat merata.
Untuk memudahkan pengerjaan, lebih baik anda menggunakan steger sebagai penopang diri anda saat memasang. Agar anda dapat berpindah dari satu titik ke titik yang lain dengan mudah. Lakukan pemasangan dengan 2 orang, untuk memudahkan pengerjaan.

Selamat merenovasi.

DIY (3): Cara Pasang Kaca Film Jendela Rumah

Kita sering mendengar dan melihat mobil yang kaca jendelanya diberi kaca film. Apakah hal tersebut bisa diaplikasikan di jendela rumah kita? Tentu saja bisa. Untuk yang satu ini kaca film yang kita aplikasikan pada jendela rumah, namun tentunya jenisnyapun berbeda. Kaca film jenis ini khusus untuk kaca bangunan. Corak ragam, warna, dan teksturnya berbeda-beda dan sangat menarik.

Kaca film yang dahulunya hanya sebagai penyerap sinar matahari, kini bertambah fungsinya, yaitu untuk mempercantik hunian. Jenisnya semakin beragam dan kaya akan warna, tak heran jika banyak ditemui jendela-jendela rumah tinggal berornamen menarik pada bidang kacanya.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Kawasan penyedia peralatan rumah seperti pertokoan di Jl. RS. Fatmawati, ataupun swalayan bahan bangunan, kaca film jenis ini sudah pasti ada.

Nah... jika kaca film sudah kita pilih dan sudah ditangan, tinggal kita aplikasikan pada jendela. Pemasangannya tidak terlalu sulit. Kita pun bisa memasangnya sendiri, carilah waktu luang untuk melakukannya, dan gunakan alat-alat sederhana untuk memasangnya.

Alat-alat yang dibutuhkan

  • Cutter
  • Penggaris
  • Spidol
  • Kape Plastik
  • Kain Lap Bersih
  • Botol Penyemprot
  • Cairan Shampoo

Langkah-Langkah Pemasangannya adalah sebagai berikut;

Langkah 1
Bersihkan seluruh permukaan kaca dengan menggunakan silet. Bersihkan dari noda-noda dan debu kasar yang membandel.

Langkah 2
Bersihkan bagian-bagian sudut kaca dengan menggunakan sikat gigi. Bersihkan dengan air dan campuran shampo pembersih.






Langkah 3
Bersihkan seluruh permukaan kaca dengan air yang dicampur dengan pembersih kaca. Lalu bersihkan seluruh permukaan kaca dari air dan cairan pembersih dengan karet pembersih.





Langkah 4
Potong kaca film sesuai dengan ukuran jendela yang akan kita aplikasikan. Potong dengan menggunakan penggaris dan cutter. Hindari menggunakan gunting, karena hasilnya tidak akan rata dan lurus.

Langkah 5
Buka lapisan pada kaca film. Lakukan secara perlahan. Dimulai pada ujung kaca film, yang diikuti pada sisi lainnya. Semprotkan bagian kaca film yang sudah terbuka tadi dengan cairan shampoo.

Langkah 6
Setelah dibuka, semprot lapisan lem kaca film dengan shampoo (yang sudah dicampur air bersih). Perbandingan shampoo dan air kira-kira 1:5. Kita dapat menggunakan jenis shampoo apapun. Gunanya, untuk memudahkan proses penempelan, dan mencegah gelembung.


Langkah 7
Semprotkan pula bidang kaca yang akan anda tempelkan dengan kaca film. Bukalah keseluruhan lapisan kaca film sampil anda menyemprotkan cairan shampoo seperti pada langkah 5.

Langkah 8
Tempel kaca film dan bidang kaca yang sudah anda semprot dengan cairan shampoo tadi. Tempel mulai dari tengah kemudian kebagian pinggir.






Langkah 9
Atur posisi kaca film supaya tepat pada bidang kaca. Hal ini akan sangat mudah karena sebelumnya kita telah menyemprotkan cairan shampoo.






Langkah 10
Ratakan bagian tengah terlebih dahulu dengan kape plastik, perlahan kita tekan dan dorong kearah bagian pinggir. Kape berguna untuk mempermudah meratakan lapisan kaca film dengan bidang kaca.Lakukan bagian per bagian dari tengah ke bagian pinggir. Sampai kaca film menempel dengan sempurna.


Langkah 11
Potong bagian kaca film yang berlebih dibagian pinggir dengan menggunakan penggaris dan cutter. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar kaca film tidak tergores oleh cutter yang kita gunakan.





Langkah 12

Apakah pemasangan kaca film sudah selesai? Kemudian lap dengan kain bersih ceceran air shampoo dan bidang kaca film supaya bersih. Dan kaca jendela kita sudah dalam warna yang baru.



Sumber Foto: www.tintntrim.com

Selamat merenovasi!

Trik (3): Direndam Garam, Gorden Cemerlang

Coba anda perhatikan gorden di rumah, mungkin banyak yang sudah mulai kusam. Gorden biasanya diganti satu kali setiap dua minggu atau satu bulan. Beberapa orang bahkan menggantinya setelah beberapa bulan. Akibatnya, banyak debu dan kotoran menumpuk di permukaannya. Dan pada akhirnya sulit untuk dibersihkan.

Tumpukan debu dan kotoran inilah yang menyebabkan gorden kotor dan kusam. Untuk mengatasinya, tidak sulit kok. Cukup dengan bantuan garam dapur. Tentunya disetiap dapur rumah anda memiliki garam dapur. Lalu bagaimana caranya, berikut ini uraiannya.

Lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan air di dalam ember atau baskom.
  2. Larutkan 2-4 genggam garam ke dalam air tadi.
  3. Rendam gorden dalam larutan air dan garam. Diamkan selama kurang lebih satu jam.
  4. Setelah itu bilas dengan air bersih.
  5. Kemudian cuci gorden menggunakan deterjen seperti biasa.

Selamat mencoba.

Tips (8): Rawat Sepatu, Supaya Tidak Bau

Bau tak sedap dari sepatu bisa mengakibatkan bau pada kaki. Segera enyahkan bau sepatu, sebelum semakin bertambah parah.

Tak terbayang malunya, ketika melihat orang-orang menutup hidung, karena mencium bau tak sedap dari kaki kita. Bau kaki bisa disebabkan oleh bau dari sepatu yang kita pakai. Agar bau kaki tidak semakin menjadi-jadi, sebaiknya segera hilangkan bau pada sepatu.

Bagaimana caranya? Coba simak uraian berikut.

  1. Cuci sepatu secara teratur. Jika memungkinkan, cuci sepatu menggunakan pemutih. Cairan pemutih dapat menyerap dan menghilangkan bau pada sepatu.
  2. Jika sepatu tidak bisa dicuci dengan pemutih, gunakan baking soda. Taburkan baking soda bubuk pada bagian dalam sepatu. Biarkan selama semalam. Taburan baking soda akan menyerap bau tak sedap dari bagian dalam sepatu.
  3. Hindari mengenakan sepatu dalam keadaan lembap. Setelah dicuci atau basah karena hujan, pastikan sepatu sudah dalam keadaan kering, saat akan dikenakan lagi keesokan harinya.
  4. Jangan menyimpan sepatu di dalam kotaknya terlalu lama. Sesekali angin-anginkan sepatu, terutama yang berbahan kulit.
  5. Sebaiknya kenakan kaos kaki berbahan kaos. Bahan kaos dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga kaki terhindar dari bau akibat keringat.
  6. Usahakan tidak mengenakan sepatu tertutup seharian. Sesekali lepas sepatu dan ganti dengan sandal. Dengan demikian kaki dan sepatu sama-sama dapat "bernafas" sejenak.

Selamat Mencoba.

Tips (7): Rencana Gencar, Renovasi Lancar

Merencanakan mempersiapkan renovasi rumah bukanlah hal yang mudah. Untuk merancang, membangun dan mengatur proyek renovasi rumah kita harus sabar dalam setiap langkah perencanaannya. Biasanya pemilik lebih sering memberikan tanggung jawab pengelolaan dan pengawasan proyek renovasi rumahnya kepada kontraktor pelaksana.

Dimana kontraktor akan melakukan semua tahapan pekerjaan sejak desain perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan pasokan bahan material, dan tenaga kerja. Baik dikerjakan oleh kontraktor itu sendiri atau dilimpahkan kepada kontraktor lain (sub-kontraktor).

Tetapi sebagai pemilik kita harus menyetujui dan meninjau sub-kontraktor konstruksi secara periodik dan meminta pemeriksaan independen pada setiap sub-kontrak kerja yang telah dikerjakan.

Pekerjaan yang biasanya diberikan pada sub-kontraktor diantaranya adalah
  • Pemasangan rangka atap baja
  • Pemasangan mekanikal elektrikal
  • Pemasangan AC dan Water Heater
Berhati-hatilah melakukan pembayaran terhadap pekerjaan yang telah diselesaikan. Tips: Jangan melakukan pembayaran sampai kita merasa puas dengan kualitas pekerjaan yang telah diselesaikan.

Jika pemilik rumah ingin menjadi kontraktor sendiri. Maka pemilik harus melakukan pemilihan sub-kontraktor, pembelian bahan-bahan material dan pengawasan seluruh proyek renovasi dari awal hingga selesai. Sebagai kontraktor kita perlu memiliki pengetahuan tentang konstruksi kerja sehingga pekerja tidak mengambil keuntungan dari kita. Jika kita memutuskan untuk bertindak sebagai kontraktor di sini adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Kita harus berlaku adil terhadap setiap orang yang terlibat.
  2. Kita harus mengetahui teknik konstruksi untuk menjaga kualitas pekerjaan yang sedang dilakukan .
  3. Berlakulah sebagai pemimpin, berbicara seperti pemimpin, bersosialisasi dengan sub-kontraktor, tetapi membiarkan mereka tahu siapa yang pemilik rumah.
  4. Catatlah semua pesanan, pembelian, faktur, kwitansi pembayaran, upah harian pekerja, dll. Semua informasi ini harus anda simpan jika sewaktu kita membutuhkannya untuk direview.
  5. Periksa dan pastikan jumlah pekerja yang ada didalam daftar pekerja sama jumlahnya dengan pekerja yang ada di lokasi konstruksi. Begitu juga posisinya dalam pekerjaan (Mandro, Tukang, atau Kenek). Ini adalah cara terbaik untuk melindungi kita dari kecurangan pencatatan.
  6. Ciptakan lingkungan kerja yang baik untuk bekerja. Dengan menyediakan pekerja dengan akomodasi yang memadai seperti tempat tidur, kamar mandi, air minum, air bersih, dan sedikit hiburan bagi mereka agar lebih memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik.
  7. Bersiaplah untuk penundaan karena cuaca buruk, kekurangan bahan, kecelakaan kerja, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan penundaan pekerjaan. Yang terbaik adalah memiliki rencana alternatif. Jika pemasok gagal untuk menyampaikan material pada saat yang sama anda memiliki pemasok lain sebagai pengganti.
  8. Prioritaskan pekerjaan yang harus dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan awal, beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum hal-hal lain.
  9. Awasi betul jadwal pekerjaan yang akan dilakukan, karena setiap penundaan akan menambah waktu dan biaya konstruksi.
  10. Berikan waktu jeda (Istirahat) dalam jadwal kerja agar anda dapat melakukan pemeriksaan dan pekerja dpat beristirahat.
  11. Kontrol keuangan secara efisien karena kurangnya uang dapat menunda proyek.

Untuk merancang, membangun dan mengatur proyek renovasi rumah tidaklah mudah. Tidak semua orang mengerti cara untuk mengatur poyek renovasi rumah, salah-salah justru akan meningkatkan biaya pekerjaan. Pahamilah tips di atas dan kemudian putuskan apakah kita ingin mengambil tanggung jawab memimpin sendiri proyek renovasi rumah kita.

Selamat merenovasi.

Trik (2): Tisu Membasmi, Rayap Mati

Rumah kita terserang rayap? Jangan khawatir. Ada pengumpan yang terbuat dari tissue yang andal membasminya. Dijamin, rayap tak lagi doyan makan serat kayu.

Rayap semakin merugikan jika tak segera diatasi. Serangga mirip semut ini bisa membuat kontruksi rumah dari kayu menjadi keropos, kemudian kekuatannya menjadi rapuh. Kalau sudah begini, biasanya kita baru sadar untuk mengatasinya.

Namun ada cara yang cukup praktis agar rayap tidak lagi doyan memakan bahan dari kayu. Caranya adalah dengan pengumpan sentricon. Alat ini terdiri atas pengumpan agroscience dan detektor rayap (disebut stasion). Kedua alat ini dilengkapi dengan bahan seperti tisu sebagai makanan sekaligus racun pembasmi rayap hingga ke sarangnya. Bahan ini mengandung heksaflumuron semacam enzim hormon. Khasiatnya adalah mampu menekan metabolisme pertumbuhan rayap dan dapat berakibat kematian.

Berapakah biaya pemasangan sistem pengumpan sentricon ini? Biayanya adalah Rp160.000/m1 (meter lari). Biaya ini sudah termasuk harga bahan, ongkos pemasangan, dan evaluasi keberhasilan selama dua bulan.
Cara pemasangan alat ini mudah. Yang penting, kita bisa menetapkan jalur rayap atau wilayah yang potensial disinggahinya. Penasaran?

Langkah-langkah:

  1. Buka alat pengumpan Agroscience dengan bantuan obeng. Kemudian ambil nomer barcode untuk memudahkan data pemasangan dan mengontrol keberhasilan perkembangan.
  2. Tarik lembaran bahan tisu. Semprotkan air dari tabung sprayer (penyemprot) secara merata. Tisu akan menjadi lembab.
  3. Balutkan lakban hitam ke sekeliling alat pengumpan. Tempelkan alat itu pada dinding kusen plafon yang menjadi jalur rayap. Biarkan 2-3 minggu. Setelah itu cek kondisi tisu : jika habis, ganti dengan yang baru. Dalam waktu 8 minggu, rayap akan mati seluruhnya.

Selamat Mencoba.

Sumber: http://www.idea-online.co.id

Trik (1): Rangka Besi, Ambalan Presisi


Ambalan makin berdaya-guna dan disukai, terutama untuk rumah-rumah kecil. Fungsinya sebagai tempat menyimpan barang, buku, atau pajangan pernak-pernik. Ambalan tak menyita tempat; dapat diletakkan di mana saja: ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, kamar mandi, dapur, bahkan teras sekalipun.

Bentuk ambalan serupa dengan rak, berupa sebilah papan solid atau olahan, yang ditempelkan ke dinding secara horizontal. Pemasangan ke dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan siku sederhana dari aluminium atau kayu, bracket yang fleksibel, atau angker besi.

Memasang ambalan tidak sulit. Begitupun menyediakan sebilah papan. Anda cukup mengukurnya sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, ambalan dari multipleks sepanjang 90cm, lebar 25cm, dan tebal 4cm. Boleh juga dari kayu solid, ukuran panjang 60cm, lebar 20cm, dan tebal 2cm.

Bagaimana membuat dan memasang ambalan dengan angker besi, agar tampak lebih rapi dan presisi? Berikut contoh ambalan dari multipleks berukuran panjang 90cm, lebar 25cm, dan tebal 4cm. Perhatikan pembuatannya, agar ambalan tidak bergoyang atau melorot.:


  • Siapkan multipleks 3cm yang dilapis tripleks 5mm dengan coating takon. Lapisan tripleks dibuat lebih menonjol 5mm di satu sisi (bagian yang menempel), sedangkan sisi lain dibuat rapi (seperti permukaan). Lubangi bagian multipleks dengan tiga lubang untuk menyelipkan angker besi. Jarak lubang dari kedua ujung masing-masing 20cm, dan jarak ke lubang tengan 25cm.


  • Siapkan sebatang besi 3mm lebar 1inci (2,5cm). Potong dengan ukuran 87cm (satu batang) dan 22cm (tiga batang). Siapkan juga beberapa paku 2inci. Las ketiga besi 22cm ke besi 87cm, dengan jarak disesuaikan dengan lubang papan. Beri lubang-lubang untuk paku. Pasang atau tempelkan di dinding dengan memakunya dengan kuat.


  • Pasang papan multipleks yang sudah dilubangi tadi dengan memasukannya ke angker yang sudah menempel di dinding. Ambalan pun siap, dan dapat dipasang-dilepas dengan mudah.

Selamat Merenovasi.

Vinyl Sebagai Alternatif Penutup Lantai






Vinyl merupakan material baru dan mulai banyak dilirik oleh banyak orang. Bahan ini lentur namun kuat karena terdiri dari beberapa lapisan.






Bahan lapisan pembentuk vinyl adalah compact layer, glass fiber, dan printing layer.

Lapisan paling luar adalah Uv Coated Wear Layer. Lapisan ini nampak mengkilap dan terkesan licin.

Vinyl mempunyai ukuran lebar antara 1.8 - 2 meter. Sedangkan panjang mencapai 20 meter/rol. Tebal vinyl sekitar 0.3mm.

Di Indonesia, vinyl masih banyak diimpor dari Eropa. Austria dan Belgia contoh dua negara produsen vinyl. Meski begitu, ada juga produsen dari Asia, yakni Korea dan Jepang.

Aplikasi Vinyl tidak terbatas hunian pribadi atau bangunan publik. Pada hunian, vinyl banyak diaplikasikan sebagai lantai ruang keluarga, ruang tidur, dan dapur. Rumah sakit menjadi salah satu bangunan publik yang biasa juga menggunakannya, dengan alasan kemudahan perawatannya dan segi kesehatan.

Dengan memasang vinyl tidak terdapat celah atau nat (jarak antara) seperti pada keramik. Jika terdapat celah, maka bakteri akan dapat hinggap disitu. Selain itu ada hotel, perkantoran bahkan asrama sekolah.

Kelebihan yang ditawarkan bahan Vinyl sangatlah banyak. Vinyl kuat hingga tidak mudah robek. Selain itu juga, tahan panas dan air. Bahan ini juga mempunyai usia panjang hingga menghemat pengeluaran.

Hadir dengan beragam motif, bahkan ada yang berdesain emboss, saat ini baru motif natural yang banyak beredar di pasaran. Serat kayu dan tekstur batu alam merupakan yang paling populer. Bahkan saat ini vinyl sudah ada yang berbentuk tile, dan pemasangannya sangat mudah, tinggal ditempel pada lantai.

Yang perlu diingat adalah sebelum kita menggunakan vinyl, lantai kita sebaiknya tidak terdapat lubang dan seluruh bagian bidangnya rata. Sebab jika tidak, maka vinyl tidak akan menempel dengan sempurna. Apakah anda mulai mempertimbangkan untuk memasangnya, silahkan mencoba.


Selamat merenovasi.

DIY (2): Cara Mengecat Dinding Dengan Sempurna



Setiap orang yang memiliki rumah, pastinya pernah mencoba mencat rumahnya sendiri. Namun terkadang hasilnya kurang baik. Dan pada akhirnya kita mnyerahkan kembali pengecatan itu kepada yang ahlinya.


Berikut ini adalah tips untuk melakukan pengecatan. Inilah beberapa peralatan yang sebaiknya dipersiapkan sebelum melakukan pengecatan.

Isolasi Kertas. Kegunaan bahan ini adalah untuk menutup bagian-bagian yang tidak akan kita cat. Untuk mencegah cat tercecer pada bidang tersebut, sehingga kita tidak perlu buang-buang waktu membersihkan ceceran cat itu.

Ember / Bak Cat. Gunakan ember cat yang bersih, mencegah cat dari kontaminasi kotoran dan debu. Penggunaan ember juga membantu anda mengukur banyaknya volume cat yang akan digunakan, sehingga mengurangi sisa cat yang tidak terpakai.


Kuas. Gunakanlah paling tidak 2 jenis kuas. Atau jika anda menggunakan roll cat, gunakanlah paling tidak 2 jenis roll cat. Ukuran yang lebih besar untuk bidang yang besar, dan ukuran kecil untuk bidang sudut.


Roller Cat. Jika anda menggunakan roller cat, ada beberapa jenis ketebalan roller cat dipasaran. Jika roller cat lebih tebal maka area penutupannya lebih luas. Gunakan pula bak cat untuk meratakan volume cat pada roller, agar cat dapat diaplikasikan dengan baik pada bidang.


Adapun tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam melakukan proses pengecatan yang baik, ada pada tulisan berikut ini:

Langkah 1
Lakukan penutupan bidang lantai dengan menggunakan kain atau plastik cor. Gunanya agar cipratan-cipratan cat yang jatuh tidak mengenai lantai. Dengan demikian kita tidak akan membuang waktu kita untuk membersihkan cipratan-cipratan itu saat kita telah selesai melakukan pengecatan.

Langkah 2
Aduklah cat dengan rata agar adonan cat yang terdiri dari bahan dasar cat, warna cat, dan air tercampur dengan sempurna. Hal ini sangat penting supaya cat yang di aplikasikan warnanya tidak belang. Gunakan kayu atau bisa juga dengan menggunakan alat pengaduk atau mixer.

Langkah 3
Rapikanlah dan ratakan bidang dinding yang tidak rapi, tidak rata, atau berlubang. Gunakan plamir dinding dengan kualitas baik dan mudah kering. Aplikasikan dengan menggunakan kape. Dan biarkan kering dengan baik lalu lakukan pengamplasan supaya plamir tadi rata dan rapi.

Langkah 4
Bersihkan permukaan dinding yang akan dicat dari debu dan kotoran, jika perlu lakukan pengamplasan supaya cat baru dapat kuat melekat.

Langkah 5
Tuang cat secukupnya pada bak yang telah dipersiapkan. Jangan terlalu penuh agar cat tidak tumpah saat kita mencelupkan roll cat pada bak cat tersebut.

Langkah 6
Mulailah pengecatan dari sudut bidang, kemudian lanjutkan ke sepanjang bidang sudut tadi. Yang harus diingat adalah lakukan pengecatan dari area yang kering ke area basah yang telah anda cat (bukan sebaliknya).


Langkah 7
Utamakan pula bidang-bidang yang berhubungan dengan komponen ruang lainnya, misalnya bagian kusen dan saklar lampu. Lakukan hati-hati agar tidak mengenai bidang-bidang tersebut. Mengapa hal ini perlu dilakukan pertama kali, sebab pada saat awal pekerjaan tentunya tingkat konsentrasi kita masih tinggi sehingga akan meminimalisir tingkat kesalahan.

Langkah 8
Lakukan arah pengecatan dengan arah yang sama, jangan acak. Hal ini membuat hasil cat baik dan rata, juga mengeffisienkan penggunaan cat.


Penyelesaian. Jika anda telah selesai mengecat, segeralah melepaskan isolasi kertas tadi sebelum cat anda kering. Dan bersihkan noda yang tercecer pada bidang-bidang yang tidak tertutup oleh penutup semntara sebelum ceceran tadi mengering. Kemudian biarkan cat anda kering dengan sendirinya.

Tips tambahan:
Perhatikan jenis cat yang akan anda beli. Eksterior atau Interior, Cat eksterior cenderung lebih mahal karena kadar acrylicnya yang tinggi sehingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Demikian juga dengan cat kayu atau cat besi, perhatikan jenisnya. Untuk cat-cat tertentu keringnya cukup lama sehingga sangat beresiko gagal karena tersenggol atau terkena debu.

Yang terakhir, bersihkan peralatan cat yang telah anda pakai. Siapa tahu anda akan menggunakannya kembali, jangan ditunda. Jika cat sudah mengering pada alat anda, akan sulit dibersihkan sehingga terkadang anda harus membeli alat yang baru jika ingin mengecat lagi. Effisiensi tentunya.


Selamat merenovasi.

DIY (1): Cara Aplikasi Waterproofing Dak Beton

Cara Aplikasi Waterproofing Dak Beton

Langkah 1


Bersihkan permukaan dak beton dari debu dan kotoran dengan menggunakan sikat dan kape scrape. Bersihkan dan siram dengan air mengalir supaya kotoran dan partikel-partikel kotoran kecil dapat bersih sempurna dari dak beton tersebut. Setelah itu biarkan mengering.



Langkah 2


Aplikasikan waterproofing 2 komponen, dimulai pada sudut pertemuan permukaan dak beton dengan dinding. Pada saat waterproofing dalam kondisi basah, tempelkan serat fiber sambil menekannya dan jika perlu, tekan dengan rol cat yang telah dicelupkan ke dalam waterproofing. Pemakaian serat fiber pada dinding dan permukaan (lantai) dak beton setinggi dan selebar 15-20cm. Pemberian serat fiber ini diutamakan pada bagian-bagian tekukan dan sudut-sudut pertemuan dak beton dengan dinding.

Langkah 3


Bersamaan dengan penutupan celah pada sudut-sudut pertemuan dak beton dan dinding, aplikasikan waterproofing ke seluruh permukaan dak beton. Setelah mengering, pelapisan diulang lagi dengan arah menyilang. Pastikan serat fiber tertutup dengan sempurna.



Langkah 4


Agar lapisan waterproofing tidak rusak karena terinjak atau terkena benda keras, sebaiknya dak beton dilapisi dengan plesteran semen yang dicampur cairan waterproofing setebal 3 - 5 cm. Pastikan penerapannya tetap memperhatikan derajat kemiringan dak beton agar air dapat mengalir dengan cepat tanpa ada genangan. Derajat kemiringan disesuaikan dengan letak dan bentang dak beton tersebut.

Langkah 5

Agar supaya dak beton lebih sempurna, applikasikan lagi waterproofing 1 komponen merata keseluruh bagian dak beton. Dak beton yang telah diplester dapat pula difinish dengan pemasangan keramik lantai.

Jika langkah-langkah tadi diterapkan seluruhnya, dijamin dak beton kita dapat tahan terhadap cuaca ekstrim. Bahkan jika terjadi hujan lebat sekalipun. Catatan terakhir adalah perhatikan juga bagian pipa pembuangan air pada dak beton agar bersih dari sampah daun, sehingga pembuangan dapat berfungsi dengan baik, dan dak beton terhindar dari genangan air.

Selamat Merenovasi.

Tips (6): Dak Bocor Bikin Pusing, Pasang Waterproofing


Apakah rumah kita memiliki bagian yang beratapkan dak beton? Apakah dak beton tersebut bermasalah? Bila tidak maka berbahagialah, karena pastinya kita tidak perlu direpotkan oleh masalah dak beton yang bocor.

Dak beton yang bocor biasanya disebabkan adanya penurunan kualitas konstruksi. Hal itu terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan kondisi lingkungan alam sekitar rumah kita. Perubahan cuaca yang ekstrim, penurunan daya dukung tanah, perawatan yang kurang, dan lain-lainnya. Segeralah periksa dan perbaiki sebelum masalah tersebut menjadi lebih besar.

Dak beton yang bermasalah dapat disebabkan oleh:
  1. Adanya retakan pada dak beton
  2. Dak beton kurang kedap air arena absorbsi yang tinggi
  3. Adukan cor beton yang kurang sempurna pada saat pembuatan
  4. Ketebalan cor beton yang tidak mencukupi (Standard ukuran tebal 12 - 15 cm)
Jika terjadi masalah tersebut segeralah lakukan perbaikan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam memperbaiki dak beton yang bocor.

1. Untuk retakan yang cukup besar, padatkan dengan semen dan ratakan.
Jika retakan terlalu kecil, ada baiknya diketrek (bongkar) agar retakan menjadi lebih besar, sehingga penambalan bisa dilakukan dengan sempurna. Gunakan semen adukan dengan daya rekat tinggi. Misalnya saja dengan semen instant (misal: AM atau Mortar Utama).

2. Aplikasikan waterproofing dengan serat fiber pada bekas retakan besar tersebut.
Pemberian waterproofing dengan serat fiber ini bertujuan untuk menutup lubang-lubang yang lebih kecil sehingga tertutup dengan sempurna. Bahan yang digunakan adalah waterproof dengan 2 komponen. (misal: Alkaproof)

3. Aplikasikan waterproofing secara merata keseluruh permukaan dak beton.
Tujuannnya adalah agar proses pelapisan dapat menutup dengan sempurna. Bukan hanya bagian yang diperbaiki saja, melainkan seluruh bagian dak beton.

4. Aplikasikan cat tembok diatas lapisan waterprofing jika telah kering.
Karena sifat waterproofing yang elastis dari bahan karet sintesis, biasanya bahan ini agak sedikit lengket saat kering. Oleh sebab itu perlu diberi tambahan cat dinding agar tidak terasa lengket.
Aplikasi cat tembok setelah lapisan waterproofing perlu dilakukan, supaya tidak lengket pada saat dipijak. Karena karakter waterprofing seperti karet, akan terasa lengket bila dipijak setelah kering.

Catatan terakhir, lakukan pelapisan jika kita yakin betul cuaca pada saat itu akan cerah dan kering. Jika kita yakin cuaca akan mendung atau hujan,lebih baik tunda perbaikan sampai cuaca benar-benar kering.


Selamat merenovasi.

Tips (5): Kontrak Kerja Matang, Hati Tenang


Ada beberapa skema pembiayaan pembangunan maupun renovasi rumah, terkait dengan tukang dan kontraktor. Ada 3 skema biaya bangun rumah, diantaranya yaitu:




1. Langsung berhubungan dengan mandor/tukang,
2. Cost and fee
3. Kontrak penuh dengan kontraktor

Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

1. Faktor biaya yang harus dikeluarkan.

Skema dengan langsung berhubungan dengan mandor/tukang lebih murah daripada cost and fee, dan cost and fee lebih murah daripada skema kontrak penuh.

2. Faktor tenaga dan waktu yang harus disediakan.
Tenaga dan waktu yang harus sediakan berbanding terbalik dengan biaya yang harus kita keluarkan. Artinya, kalau kita ingin mengeluarkan sedikit biaya dengan memilih alternatif pertama kita harus menyediakan waktu dan tenaga ekstra untuk mengawasi tukang, baik kualitas kerja maupun kecepatan kerja, serta konsultasi teknis bila tukang membutuhkan saran teknis.

Kita juga harus cukup waktu untuk mencari supplier bahan bangunan, menentukan pilihan bahan dan pergi berbelanja/berhubungan dengan toko bangunan. Kalau kita memilih alternatif 2 (cost and fee), waktu dan tenaga ekstra kita setidaknya untuk memilih dan berbelanja material. Sementara pengawasan dan konsultasi teknis kita serahkan pada kontraktor/arsitek pengawas.

3. Faktor Pengetahuan teknis bangunan.
Pengetahuan teknis bangunan juga berbanding terbalik dengan nominal biaya. Sebaiknya kita mempunyai pengetahuan teknis, minimal kalau kita memilih berhubungan langsung dengan tukang. Kita harus tahu tentang tahap-tahap pembangunan struktur, pilihan atas jenis besi untuk beton sampai teknis pengecatan dan pemasangan keramik lantai.

4. Faktor Resiko.
Masing-masing skema pembiayaan mempunyai resiko tersendiri. Misalnya, jika kita memilih pembiayaan dengan skema pertama, sementara kita tidak mempunyai pengetahuan mengenai teknis bangunan, tentu resiko kesalahan menjadi sangat besar.

Sementara pilihan skema ke tiga, yakni sepenuhnya menyerahkan pada kontraktor, beresiko biaya tinggi. Yang penting diperhatikan adalah: Apapun pilihan kita, kita harus memperhitungkan resiko dan merencanakan segala sesuatunya bila resiko tersebut terjadi.

Pada skema cost and fee, pemilik rumah berbelanja sendiri bahan material bangunan dan upah harian pekerjanya. Kemudian kontraktor atau mandor akan mendapatkan fee atas material dan upah dengan presentase yang telah disetujui sebelumnya, biasanya antara 7 - 10 %.

Selamat Merenovasi.

Tips (4): Warna Terang, Ruangan Lapang


Pemilihan warna untuk rumah kita sangat penting untuk membangun kesan dan karakter rumah. Hindarkan menggunakan warna-warna gelap untuk rumah atau ruangan yang berukuran kecil. Sebaiknya kita menggunakan warna-warna terang dan cerah, untuk membangun kesan rumah yang bersih dan luas.

Tekankan penggunaannya pada ruang-ruang publik dan semi publik, misalnya tampak luar bangunan, ruang tamu dan ruang keluarga.

Untuk ruang-ruang lain yang sifatnya pribadi seperti ruang tidur, kita bisa lebih bereksplorasi atau anda sesuaikan dengan warna kesukaan anda.

Pemilihan warna terang tentunya akan menghadirkan suasana hangat pada ruangan. Hal itu dibutuhkan, karena rumah adalah tempat untuk melakukan interaksi sosial dengan keluarga.

Hubungan keluarga yang penuh keakraban dan kehangatan akan mudah terbangun pada rumah yang memiliki kesan hangat.

Coba saja jika ruangan kita berwarna gelap, tentunya ruangan akan terkesan dingin dan tentunya akan berimbas pada suasana hubungan interaksi keluarga kita.



Namun bukan berarti rumah hanya dapat menggunakan warna putih. Terang bukan berarti putih saja. Anda bisa memilih warna terang dengan gradasi hijau, kuning, biru, dan warna-warna lainnya.

Perabotan yang terlalu kaku, keras, monoton, dan berwarna gelap akan membuat ruang-ruang dalam rumah tinggal menjadi berkesan kaku.

Jadi sebaiknya jangan ditempatkan di dalam rumah (kecuali memang ingin memiliki rumah dengan ruang-ruang yang mencerminkan arogansi dan menjaga jarak dengan tamunya). Pilih saja bentuk-bentuk yang materialnya terbuat dari bahan-bahan alam (kayu, batu, kain, dsb).

Apalagi kursi-kursi di ruang tamu atau ruang keluarga bentuknya tidak perlu sama, bisa beberapa bentuk dan material dipilih dan ditempatkan di ruang tamu, asal tetap ada unsur-unsur pemersatu yang membuat tetap harmonis/serasi dengan keseluruhan ruang dan tentu warnanya tidak gelap.

Kembali lagi ke soal memilih warna, boleh-boleh saja memilih warna putih untuk memberikan kesan luas, terang, dan bersih, namun beberapa sentuhan yang sifatnya lebih manusiawi tampaknya akan membuat penampilan ruang lebih akrab dan menyentuh. Misalnya pemilihan warna untuk pelapis kursi, bantal-bantal hias, tirai, taplak penutup meja, armature lampu, karpet atau pelapis lantai, dan lain-lain.

Selanjutnya dalam hal memilih aksesoris pelengkap kamar, pilihlah aksesoris yang ada dan atau putra/putri kita sukai tapi tidak membahayakan keselamatan kita dan mereka, misalnya motif-motif yang sederhana tapi menarik, seperti bunga, geometris dengan pola motif yang ukurannya kecil saja. Hindari memilih furniture dengan sudut-sudut yang tajam.

Perhatikan betul gradasi warna atau skema warna ruangan yang akan kita bangun dalam ruangan rumah, sebelum memilih perabot atau asesoris ruangan. Semakin sederhana gradasi warna, maka ruangan kita akan semakin cantik. Yang terakhir, perhatikan betul pemilihan warna lukisan dan hiasan dinding yang akan kita pasang didalam ruangan. Jika warna tidak sesuai dengan warna-warna perabotan yang ada, maka kehadirannya bisa merusak ruangan.


Selamat Merenovasi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...