(1) Design Renovasi Rumah Type 36

Denah Rumah Type 36 dan Pengembangannya
untuk gambar interior 3D bisa di klik link dibawah ini.

Dari hasil polling
"Rumah type berapa yang akan anda inginkan, gambar akan saya upload di blog ini?"
yang diadakan oleh Renovasiku, hasil polling menunjukkan sebagai berikut:

  • Type 45 : sebanyak 42%
  • Type 60 : sebanyak 22%
  • Type 90 : sebanyak 20%
  • Type 100 : sebanyak 15%
Maka Renovasiku, sesuai janjinya akan mengupload beberapa design rumah type kecil mulai dari type 36 sampai dengan 45, berikut pula dengan denah pengembangannya. Untuk design 3D interior dan eksterior bisa diupload melalui link ke http://www.scetchdesign.blogspot.com/.

Selamat merenovasi.
Reactions:

59 comments:

Pak Tony boleh saya tanya ya ? untuk renovasi yg type rumah 36 itu untuk ukuran luas tanah brp ya ? brp kira2 biaya yg dikeluarkan untuk renovasi tersebut dan untuk desain taman apakah ada pintu pemisah atau ruangan terbuka aja ? Terima kasih banyak

Untuk merenovasi rumah ini, luasan tanah sebesar 96 sampai 102 m2 dengan asumsi lebar tanah belakang 4 s/d 5 m. Biaya renovasi 36 s/d 48 jt bergantung pada material yang digunakan dan system upah (harian atau borongan). Desain taman dibuat terbuka, untuk memudahkan aliran udara masuk kedalam rumah, shg rumah lebih sehat.
Selamat merenovasi.

terimakasih pak tony...
postingannya sangat berguna bagi saya.
mohon masukan juga untuk desain atap tambahan untuk teras rumah.

thanks

pak tony...mohon saya diberi masukan,,
rumah saya tipe 36,rencananya akan saya renovasi.perbedaan dengan denah milik pak toni terletak pada letak kamar mandi dan luas tanah.kamar mandi rumah saya berada belakang ( dpn kamar yang belakang ) dan luas tanahny 82 m2...,,
saya harap pak toni dapt membantu.trimakasih..

Pak toni saya mau bangun rumah diatas lahan yang masih kosong 10m x 22.8m.. apakah dengan biaya 80jt bisa dapat bangunan seluas kurang lebih 57m2..? kalo bisa saya mohon kalau berkenan diberikan contoh designnya...saya sih berharap ada ruang tamu, ruang makan + dapur, ruang nonton tv (small theater)1 kamar tidur, 1 kamar mandi diluar, 1 kamar tidur utama + kamar mandi di dalam..terimakasih banyak sebelumnya...thanks Beny..

To Bpk Beny

Kalau saya nilai dari luas dengan budgetnya, untuk membangun rumah standard saya rasa masih kurang sedikit lagi. Kalau dananya 80 jt, maka harga per m2 rumah bapak hanya Rp 1,5jt per m2. Kalau soal cukup atau tidaknya, sebenarnya tinggal pemilihan material saja pak. Kalau bisa menggunakan bahan material yang murah saya rasa bisa tercapai. Apalagi bapak bersedia tinggal dengan rumah belum terfinish (unfinished design) seperti yang sedang trend saat ini. Hal itu akan sangat mengurangi budget pembiayaan... :)
Semoga Membantu

PAK TONY SAYA MAU RENOVASI RUMAH TIPE 36/84 DENGAN BUDGET 70 JUTA BISA GAK YA?

To Anonim...

Mengenai biaya renovasi type 36/84 dengan budget Rp. 70 jt, hal itu tergantung apa saja yang direnovasi. Biasanya saya akan rinci semua pekerjaan renovasi yang akan dikerjakan, plus 20% biaya cadangan untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak terduga sebelumnya. Kalau hanya cat dinding dan ganti keramik saja lebih dari cukup. Tapi kalau renovasi total, atau bahkan meningkat...saya rasa masih kurang. Kalau renovasi total akan jauh lebih mahal, karena hitungannya seperti membangun rumah dari nol, plus dengan biaya bongkar. Dipertimbangkan saja dulu apa yang akan direnovasi, lalu buat perhitungan dengan kontraktor atau mandor. Jika biaya masih kurang, coba ganti spesifikasi material. Jika masih kurang juga, buat prioritas mana dulu yang penting untuk direnovasi. Semoga Membantu

Pak Tony saya punya sebidang tanah uk 9x9,5m dan akan saya bangun rumah tapi saya bingung bagaimana mengatur kamar dan lain sebagainya. Ingin saya sederhana saja 1 R.Tamu, 1 R.Makan/ Keluarga, 3 K.Tidur, Dapur, Kamar Mandi/WC, R.Sholat dan Garasi. Kira² berapa budget utk membangun nya. Atas Jawaban nya saya ucapkan terima kasih

mau tanya pak Tony,,, untuk saat ini kalo mau membangun rumah dgn spesifikasi kelas menengah, dibutuhkan biaya berapa ya per meternya? kalo saya punya budged 60 juta untuk type 36,, spesifikasi apa saja yg saya dapatkan? trimakasih pak...

Pak mohon saran nya,saya baru beli rumah type 36/88 model standart,sekarang rumahnya sedang dalam proses pembangunan, mohon saran dan bagusnya renovasi yg bagaimana? thanks n GBU

Aris Susianto
Pak mohon info. Saya berencana meningkat rumah sebagian untuk menambah kamar. ukuran 7 X 4 m dengan dua kamar. satu kamar mandi. saya ada bujet sampai 60 juta. atap baja ringan. Finishing tembok dalam dan plafon dikerjakan belakangan. Kusen pintu beserta pintunya juga belakangan. Saya berencana pakai dak keraton. Menurut bapak dana yang saya siapkan cukup nggak?

pak tony, saya ingin bangun rumah tipe 36 tanah 96, dengan tiga kamar. kamar utama ada wc di dalamnya dan satu wc di luar. saya ingin ada kedai di depan rumah, dan dapurnya dekat kedai itu. bisa tolong bantu saya pak....?
jika sudah bapak balas, tolong di email link nya ke hendri_coolboy@yahoo.com ya pak... makasih...

pak Tony, mohon bantuan desain pengembangan rumah saya, termasuk bentuk atapnya. saya mau kirim denah kondisi sekarang, kemana pak. email saya abdul.syukur75@yahoo.co.id. terima kasih sebelumnya.

To Semua Pembaca Blog Renovasiku

Sebelumnya mohon maaf karena saya baru bisa membalas semua komentar yang masuk, dikarenakan kesibukan dan konsentrasi saya di beberapa proyek yang saya tangani.
Saya akan coba menjawab satu per satu pertanyaan yang diajukan kepada saya, walaupun mungkin sudah terlamabat... siapa tahu ada pembaca blog ini yang masih memiliki permasalahan yang sama... semoga bermanfaat.

1. Untuk bapak/ibu anonim mengenai biaya pembangunan rumah. Mari kita asumsikan saja setiap ruang berukuran standar 3 x 3 m2. Jadi kalau kita memiliki 3 kamar tidur (27 m2), 1 ruang tamu (9 m2), 1 ruang makan (9 m2), 1 dapur (9 m2), 1 KM (4 m2), 1 RSholat (4 m2), dan 1 Garasi (15 m2). Keseluruhan total luas bangunan adalah 77 m2. Jika harga per m2 bangunan (bahan & upah) Rp 2juta, maka biaya pembangunan adalah Rp 154 juta. Tentunya belum termasuk biaya-biaya lain selain fisik bangunan misalnya: IMB, Listrik, Pompa Air, dan Telepon.

2. Pertanyaan yang sama juga diajukan oleh bapak/ibu anonim berikutnya mengenai rumah type 36. Saat ini biaya bangun rumah bisa mencapai Rp 2 juta per m2. Maka biaya pembangunan berkisar Rp 72 juta. Dengan spesifikasi, Pondasi Batu kali, dinding bata merah atau bata press, fin cat catylac, keramik roman max. 40 x 40, jendela kayu kamper, pintu panel, rangka atap kayu plus genteng beton, listrik satu ruangan satu titik. Jika material yang digunakan kualitas dan harga dibawah standard maka akan diperoleh pengurangan biaya pembangunan. Namun jika material lebih mahal, maka biaya tentunya akan menjadi mahal.
Semoga Membantu

To bapak/ibu danz

Waduh... saya juga nggak tahu renovasi apa yang harus dilakukan, hehehe... Prinsipnya adalah: jika kita ingin melakukan renovasi, tentunya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kita. Nah... tentunya masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang cukup 2 kamar, ada juga yang perlu 3 kamar, bahkan ada juga yang hanya butuh 1 kamar.
Cukup sulit saya mecari maksud pertanyaan bapak/ibu, namun jika rumah tersebut dibangun oleh developer, sebaiknya diperhatikan kondisi atapnya, baik rangka, kualitas gentengnya, maupun pembuatannya. Pembangunan oleh developer bersifat massal, jika yang dibangun makin banyak, biasanya quality control nya juga mulai kedodoran. Maka bersiaplah untuk menyempurnakan atap rumah kita nantinya.
Mungkin ada baiknya pula juga menyempurnakan fasade rumah kita dengan taman dan penghijauan.
Mungkin ada saran tambahan yang bisa saya berikan, jika memungkinkan perlu dipersiapkan area service, untuk mencuci dan menyimpan alat rumah tangga lainnya. Dan jika memungkinkan juga dibuat dak kecil untuk penempatan tanki air dan area jemur. Mudah-mudahan penjelasan dan saran saya bisa membantu.
Selamat Merenovasi.

To Bapak Aris Susianto

Bapak akan meningkat rumah seluas 7 x 4 m2 dengan kondisi 2 kamar. Saya rasa ukuran tersebut lebih dari cukup dari standard dari sebuah kamar, yaitu 3 x 3 m2 per kamar. Namun luasan yang bapak sampaikan diatas tadi itu apakah sudah termasuk luasan tangga sebagai akses ke ruangan atas nantinya. Jika belum maka volume bangunan atas nantinya harus ditambahkan dengan luasan tangga, itupun bergantung design tangga yang akan digunakan. Maka ada kemungkinan volume bertambah 2 x 3 m2. Jika akan membangunnya sampai finishing sebesar Rp 68 juta rupiah jika menggunakan dak konvensional. Jika dana yang ada Rp 60 juta, saya rasa cukup untuk meningkat rumah bapak namun tanpa finishing seperti yang bapak sampaikan diatas. Syaratnya jangan sampai ada banyak perubahan dan keterlambatan bahan material... :D
Selamat Merenovasi.

To Bapak Hendri

Sebelumnya mohon maaf pak, saya belum ada kesempatan untuk membantu bapak perihal design lay out untuk rumah yang akan dibangun sementara ini. Karena saya sedang mengerjakan beberapa proyek yang harus saya selesaikan tepat waktu. Sebelum dan sesudahnya sekali lagi saya mohon maaf, dan terima kasih atas kepercayaan bapak.
Selamat Merenovasi

pak toni, saya baru membeli rumah type 35 tanah 90. saya ingin membangun dapur dan ruang keluarga ditambah membuat pagar yg memang belum ada. kira kira berapa besarnya biaya dengan material yg biasa saja / standar. terima kasih.

To Ibu Mayang Reiza

Wah... infonya kurang lengkap bu mayang. Saya perlu info berapa m2 (persegi) luasan total yang akan dibangun, dan juga berapa m1 pagar yang akan dibuat. Sekedar ilustrasi saja, untuk melakukan perluasan pembangunan sebuah rumah, biaya untuk bahan material beserta upah berkisar Rp 2 juta/m2. Jika ada pekerjaan bongkar, perlu dihitung pembongkaran apa saja yang dilakukan.

Sebagai contoh, jika ibu ingin membangun sebuah dapur baru dengan ruangan 3 x 3 m2, maka biaya pembangunannya berkisar Rp 18 juta. Hitungan itu belum termasuk accesories lain, misalnya kitchen zink dan dak meja dapur, hanya fisik ruangan dari lantai, dinding, atap, sambungan listriknya. Jika ibu bisa mendapatkan harga material yang lebih murah, maka anggarannya bisa ditekan.

Yang perlu dihindari adalah: bahan material yang terlambat, dan perubahan-perubahan yang terlalu sering terjadi. Semoga jawabannya saya bisa memberikan pencerahan.
Selamat Merenovasi.

sya bru aj beli rumah tipe 36 luas tanah 10 x 15 m sy mo tya gmn konsep renovasi yg murah moderen n minimalis, tp sya tdak igin kehilangan lahan untuk halaman dpan n belakang. kmudian bagai mana cara menghitung biaya nya..??

pak tony,mau tanya?utk renovasi rumah tipe36 ukuran 13,5 x7.sdh ada teras joglo,belakang rmh sdh nutup.tapi bangunan msh dr developer,rencana mau tambah ruangan atas kira2 dari ruang tamu sampai belakang.berapa biaya yg kira2 hrs di sediakan.terima kasih atas bantuannya.[ibu rina]

Pak tony, saya tertarik dengan design 3d anda, untuk luas tanah yang digambar kan 96 s/d 120....rumah yang saya miliki luas tanahnya hanya 84, untuk perluasan dibelakang bagian apa yang bisa di kurangi pak dari contoh gambar anda, dan saya mau tanyakan ukuran taman yang dibelakang itu berapa ya...terima kasih sebelumnya

pak saya baru ja membeli rumah type 36 sudut dengan pajang 12m lebar depan 6,85m dan lebar belakang 7,75m gimana cara ngembangin dg 3 kamar dan ada suami saya da pintu samping terima kasih

To Julyasvico

Bagaimana membuat rumah modern minimalis pada rumah type 36. Renovasi dilakukan pada dasarnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sang pemilik rumah. Sedangkan minimalis adalah gaya atau style bangunan yang diterapkan dalam mendesain rumah. Jika rumah kita ingin tampil modern minimalis, cukup dengan mengganti ornamen atau fasade bangunan saja.

Misalnya mengganti model pagar, mengganti bentuk jendela, mengganti model pintu, mencat rumah dengan gradasi warna yang tepat, membuat taman sederhana. Dan pemilihan furniture yang memiliki style minimalis juga, bahkan sampai dengan pemilihan pajangan dan accessories rumah. Dengan begitu tanpa membongkar rumah secara keseluruhan kita bisa memiliki rumah modern minimalis.

Sekali lagi, modern minimalis bisa diterapkan sebagai style. Bisa juga diterapkan didalam hidup, misalnya tampil rapi dan bersih, dan menempatkan barang pada tempat2 yang terseimpan dan tertutup.

Selamat mencoba.

To Ibu Rina

Untuk biaya renovasi meningkat rumah, ibu bisa menghitung perkiraan anggaran yang harus dikeluarkan dengan cara, volume ruang yang akan dibangun X Rp. 2.000.000,- = RAB.
Jika kira2 luas volume yang akan dibangun adalah 36 m2 maka biaya pembangunan adalah Rp. 72 juta. Namun itu baru bangunan saja. Jika yang dilakukan adalah menambah ke lantai 2, maka diperlukan hitungan bongkar atap dan perkuatan struktur diluar biaya tadi. Biaya struktur tersebut bergantung dari pola struktur dan kondisi rumah dan tanah ibu. Paling tidak diperlukan dana kurang lebih Rp 150 juta jika melakukan total renovasi rmh type 36 menjadi rmh type 72.

Note: ibu bisa email saya di scetch_indo@yahoo.com jika memerlukan info lebih lanjut.
Selamat Merenovasi

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

To Ratih

Jika luas tanah hanya 84, sepertinya harus dilakukan redesign lagi. Karena 96 m2 itu standard minimal. Jikalebih kecil maka dikhawatirkan ada kenyamanan ruang tertentu yang akan dikorbankan. Diperlukan penataan atau redesign untuk mendapatkan design yang maksimal.
Luas taman dibalakang itu adalah 2 x 2 m2. Cukup kecil, namun cukup memberikan sirkulasi udara pada ruangan.
Selamat merenovasi

To Vika

Wah... sepertinya saya tidak bisa menjabarkannya dengan kata-kata. Jika memungkinkan ibu bisa kirim gambar ibu ke email saya, nanti saya coba bantu menyelesaikan permasalahan ibu. Email; scetch_indo@yahoo.com
Selamat Merenovasi

boz bisa bantu sy untu utk renovasi rmh type 33 py sy
rmh type 33/84 (14x6m)skr:
carport
r.tamu
2 kmr tidur
kmr mandi
dapur+tempat cuci

sy ingin rmh sy tsb dijadikan 2 lantai
r. tamu berada di lantai atas(jd akses msk rmh dr lantai 2)
dibwh garasi, kmr tidur dapur dan k.mandi
diats r. tamu, r. keluarga, k.tidur trs t4 jemuran. akses ke bwh tangga di belakang.
posisi rmh dikomplek ditengah(kiri, kanan dan belakang tetangga nempel) sy jg pingin ruang bawah tetap mendapatkan cahaya alami dan udara segar

mhn gambarannya
teria kasih

artikel pak tony sgt informatif...sy sudh bookmark hal ini..trims

selamat malam,pak kami br membeli rumah tipe 36 tapi sisa tanah kebelakang hanya 2m x 5m...kami ingin membuat dapur dan pintu samping.yang kami bingungkan kamar mandi berada di belakang.menutup sisa tanah samping yang hanya memiliki lebar 1m.tanpa rebovasi yang berlebihan dengan dana yang terbatas bisakah bapak membuatkan denah sederhana untuk kami.gambar denah tipe 36 persis seperti gambar diatas bedanya cuma letak kamar mandi.terimakasih

hi pak toni sya alin. sya dan suami pny rumah type 36 (10x15m), sya ingin di kamar tidur sya it ad kamar mandi pribadi dan ada gudang sya jg ingin pny lantai 2. jd tlg carax gmana ya biar jd desain yg minimalis???? terima kasih sebelumx

Sangat bermanfaat sekali..
Mohon berkenan membantu Pak,kira kira berapa dana minimal yg sy butuhkan untuk :
1.Membuat atap teras uk.7x3,5m dgn mat dari seng asbes gelombang?
2. Pagar sederhana utk teras depan uk.±4m dgn mat dari variasi tembok dan besi biasa,sedangkan sisanya yg 3m saya bikin dinding dgn bata press?
3.membuat K mandi baru namun 2 sisi sudah ada dinding jadi tinggal bikin 2 sisi lagi+atap+pintu+kloset tanpa Bak Mandi?
4. Membangun dapur uk 3x3 dengan sudah ada 1 sisi dinding,atapnya di dak beton?
Terimakasih sekali Pak Tony atas kesabarannya dan bantuannya..

Dear Pak Tony,

Saya memiliki rumah type 36/108m2 (6x18m).
Saya ingin mempunyai:
1 k.tidur utama lengkap + private k.mandi,
1 k.tidur anak,
1 k.mandi diluar,
1 kitchen,
1 r.tamu,
dan dibelakang rumah ada taman kecil untuk sirkulasi udara.
Posisi rumah menghadap timur, sebelah kanan ada bangunan, sebelah kiri dab belakang rumah kosong. Kira-kira desain seperti apa yang bagus agar kelihatan adem dan menarik tuk desain minimalis sederhana dan berapa kira-kira estimasi budget yang harus kami keluarkan untuk renovasi tersebut.
Sebelumnya terima kasih.

Dear Pak Tony,

Saya memiliki rumah type 36/108m2 (6x18m).
Saya ingin mempunyai:
1 k.tidur utama lengkap + private k.mandi,
1 k.tidur anak,
1 k.mandi diluar,
1 kitchen,
1 r.tamu,
1 r.mencuci
dan dibelakang rumah ada taman kecil untuk sirkulasi udara.
Posisi rumah menghadap timur, sebelah kanan ada bangunan, sebelah kiri dan belakang rumah kosong. Kira-kira desain seperti apa yang bagus agar kelihatan adem dan menarik serta kelihatan luas tuk desain minimalis sederhana dan berapa kira-kira estimasi budget yang harus kami keluarkan untuk renovasi tersebut.
Sebelumnya terima kasih.

Regards,

Luchy

Dear pak tony,
mohon maaf sebelumnya,saya mau tanya apakah wajib kita untuk mengurus IMB? daerah ciledug tanggerang untuk luas tanah 66m2,saya bingung pak tony sedangkan rencana saya bikin rumah akan dilakukan secara bertahap dikarenakan budgetnya yang minim,terima kasih sebelumnya

Dear Pak Tony,
Mohon pencerahannya untuk desain pengembangan rumah, saya memiliki rumah type 43 lahan 84, dengan 2 KT 1 KM, dengan sisa lahan dibelakang 12m2 (3m x 4m) rencananya akan saya tambahkan :
1. dapur
2. jemuran
3. kamar pembantu
4. kamar tidur
5. kamar mandi
6. balkon/teras diatas
7. taman belakang
untuk dapur saya inginnya dibelakang menyatu dengan taman, jadi agak2 semi outdoor

Mohonn pencerahan Pak tony, dan perkiraan budget yang akan dikeluarkan.

Salam

Lita

Dear Pak Toni,

Saya baru ambil rumah type 33 dengan luas tanah 66m2. layout rumah seperti diatas, cuma dapurnya di luar ruang. Ukuran tanah 5,5x12m. Saya tertarik dengan layout bpk diatas. Kira2 bisa gak ya pak diterapkan di rumah saya nantinya.

Mohon pencerahannya pak

Terima kasih.

Dear p Tony

Saya bermaksud merenov rumah kesamping 9.75 m dan kebelakang 11 m. 1 lantai, dg spesifikasi
1. carpot 3.25 x 3.5 m
2. garasi 3.5 x 4.5 m
3. KM 2 x1.5 m
4 Dapur
5. Kamar anak 3 x2.5 m
6. Kamar tidur utama 3.5 x 3m
7 Ruang tamu 3x3 m
8. sisanya ruang kluarga
Lantai granit 60 x60 cm, kecuali lantai garasi dan catpot biasa saja..

Kira2 berapa biaya yang harus sy kluarkan pak, bisakah dg 1.000.000/meternya..
mohon sarannya
terimakasih

Saya dab suami berencana merenovasi 2 rumah tipe 36 dengan luas masing2 66M2 yg ingin digabung jadi 1 dengan cara menjebol dinding pembatas, menambah luas 1 kamar utama,mengganti seluruh atap bangunan (rencananya dengan atap baja ringan)dan kusen 4 dendela dan pintu kamar juga pintu dan kusen ruang tamu dengan bahan alumunium. Dengan biaya Rp70juta apakah cukup biayanya ya pa Tony? Mohon input. Terima kasih.

siang pak....saya berencana merenovasi rumah yg baru saya beli dengan type 42/135 posisi rumah di hook kondisi sekarang :
-teras
-ruang tamu loos panjang
-kamar utama
-kamar anak
-kamar mandi
sedangkan saya ingin menambahkan
- kamar mandi pribadi
- dapur/kitchen set
- taman disamping
- ruang tamu
- ruang makan
- ruang keluarga
mohon dibantu untuk designnya pak
thanks atas bantuannya







Mau tanya info tentang biaya renovasi rumah untuk tipe 36/80: renovasi atap bocor di ruang tamu dan biaya renovasi untuk pasang tembok tiga sisi depan samping dan depan kamar dan pasang pintu, kusen dan jendela. Kira2 butuh berapa hari untuk renovasi ini terima kasih. Jessi

Pak Tony,sy ingin membangun rumah LB.90M2 dengan bata merah expose ,1 kamar utama+WC ,kamar anak 3x2,75 (3bh)+WC 1bh,teras ,mushola.dengan persediaan biaya sekitar 125jt,untuk dapur terpisah karena sy ingin membuatnya tidak dalam bangunan itu/terpisah apakah bisa?mohon denahnya seperti apa,bs email ke :mardiana1965@gmail.com
Terima kasih sebelumnya.

siang pak tony,,, saya mau tanya mengenai tipe rumah seperti tipe 21, 36, 45, atau seterusnya,,, tolong dijelas kan, seperti tipe 21 ukuran tanahnya berapa m2 rumahnya berapa m2? dan tipe yang lainya...

made

Pak Tony,
Saya berencana merenovasi rumah baru dengan membangun taman belakang yang 2.5mx6m menjadi ruangan (2 lantai).
Jadi akan perlu membangun tembok U(3sisi) yg saat ini hanya sekitar 2.5m menjadi setinggi rumah sekitar 5m.
Lalu cor lantai 2 dan atap atas.
Kira" berapa biayanya pak? Dengan cat dan keramik juga.

Thank you
-Jimmy

Pak Tony,

Saya berencana untuk membuat dak di belakang rumah untuk dijadikan sebuah kamar dan teras, adapun ukuran yang rencananya akan dikerjakan adalah 6x3m, menurut bapak kira2 berapa biayanya ya pak?

trims,
Agusz

selamat sore pa,kalau boleh sy minta tlg,gambarkan salah satu desain rumah minimalis dg ukuran tanah 5X11,5m.dg bahan/material yg standar kira2 brp biaya nya ya pa?trmksh sblmnya pa

Hallo Pak Tony, saya Ardy
Saya mau tanya seputar renovasi rumah tinggal.
Luas Tanah : 90 m2 (7,5m x 12m)
Luas Bangunan : 36 m2
Ukuran kamar Utama : 3m x 3m (sebelah kanan)
Ukuran Kamar kedua : 3m x 3m (sebelah kanan)
Ruang tengah (sebelah kiri) : 5,5m x 4m (kurang lebih) dengan kamar mandi di pojok berukuran (1,58m x 1,56m)

Di samping ruang tengah sebelah kiri ada kelebihan tanah : 12m x 1,5m
lalu sisa tanah dibelakang : 6m x 2,40m
saya berencana untuk membuat dapur di sisa tanah samping. dan memanfaatkan tanah belakang untuk ruang keluarga.Kalau berkenan memberikan masukan untuk desain rumah dan estimasi biya pembangunannya.Terima kasih, salam

Saya hanya mau ucapkan terima kasih buat pak Tony. Banyak yang bisa kita ambil sebagai referensi khususnya dari artikel ini beserta komentar-komentarnya. Maju terus pak Tony.. wish U success & always...

Halo P Tony,

Tarif renovasirumah dari Bapak saat ini berapa Rp. / m2 ? Apakah termasuk biaya desain ?
Terima kasih


regards,
Rony

halo pak toni.. blognya sangat membantu sekali.. jika bapak ada proyek renovasi maupun bangun baru yang belum ke pegang,,ingi bergabung di team bapak.. saya mandor, pengalaman proyek lebih dari 10 thn,, banyak team tukang sesuai bidangnya.. sistem borong jasa maupun jasa+ bahan,,garansi pekerjaan sepuasnya.. email: koko.darko@yahoo.com contac: 085880148768 02198784305..

blog yang bermanfaat, terima kasih mas tony, untuk pertanyaan saya langsung email saja yah trims

maaf sebelumnya pak toni,saya minta bantuan anggaran biaya renovasi rumah untuk type 36/160,kira kira berapa anggarannya pak?
trims

minta saran pak toni,rumah sya type 36/66 2 kamar,say mau jadikan 3 kamar,tolong pak bagaimana bagusnya?



Salam kenal pak Tony sy berkeinginan merenovasi dengan meningkat rumah 2 tingkat model minimalis, dr type 36/84, dengan 4 kamar tidur,2 kamar mandi,musola kecil ,dapur + ruang makan ,tempat jemuran di atas, ruang tamu dan dan ruang keluarga,minta tolong di design, kira2 klo budgetnya 100 jt bisa g ya mkasih sebelumnya ....

makasih info nya, terutama buat merubah model rumah di perumahan,.

Halo Pak saya berencana mau renovasi rumah tipe 36/72 dengan pekerjaan sbb :
1. Perbaikan Atap Rumah yang rubuh dibagian tengah karena 9 tahun tdk ditempati.
2. Membuat pagar depan
3. Menutup lahan belakang dengan nembok keliling
dari pekerjaan diatas kira2 butuh biaya berapa ya pak? mohon pencerahannya... Trims..

salam kenal pak Tony...
saya rencana menambah bangunan tanpa merubah model yg asli dan 1 lantai . type rumah 54/120 m2 yang sekarang hanya 2 kmr, 1 kmr tamu n ruang tamu, dapur.rencana 1 kmr depan mau di jadikan tempat usaha jadi saya membutuhkan tambahan 3 kamar tidur ( kalo bisa) di tanah yang kosong, termasuk ruang servis/ gudang, 1 kmr mandi, kemudian ventilasi dan pencahayaan yang cukup... mohon bantuannya.. kalo perlu dengan RABnya juga.. mksh sebelumnya

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...