Desain Carport, Tak Perlu Repot

Apa fungsi utama carport, fungsinya adalah sebagai tempat mobil berteduh. Namun juga bisa berfungsi sebagai peneduh halaman atau bisa saja hanya untuk menambah nilai tampilan rumah.

Carport, jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah tempat berlabuhnya mobil (tempat mobil), carport terletak di sisi luar rumah. Berbeda lagi jika berada didalam rumah, biasanya kita sebut garasi (garage).

Oleh karena lokasinya berada diluar tersebut, carport langsung berhadapan dengan jalan dan terlihat langsung dari jalanan. Desain yang menawan dan setetis menjadikan carport dapat terlibat sebagai elemen percantikan pada fasad rumah.

Untuk membuat carport, kita tidak harus memilih model desain yang ribet. Cukup yang sederhana saja, asalkan sesuai dengan tampilan rumah. Menyederhanakan desain carport tidak sulit, yang cukup sulit adalan membuatnya selaras dengan tema desain rumah kita.

Kita sering melihat disebuah kawasan perumahan dengan design minimalis, hadir beberapa rumah membuat carport dan kanopi dengan desain berbeda tema dengan tema desain rumah. Alhasil, rumah itu menjadi tidak karuan, dan fasad menjadi tidak bertema dan terkadang menjadi tidak enak dipandang.

Men-serasikan desain carport dengan desain rumah tidak perlu mahal, kita bisa melakukan dengan biaya relatif murah. Hanya tinggal menentukan atau mencari desain yang cocok dengan desain rumah kita. Jika desain rumah kita minimalis, pilih desain carport yang minimalis juga, dengan tidak menggunakan motif atau ukiran.

Yang penting juga, fungsi carport ini harus maksimal.
Berikut ini kami tampilkan 5 contoh desain carport yang dapat Anda terapkan di rumah.
1. Melayang dengan kantilever

Carport berukuran 5,8mx7,2m. Ukuran atapnya 3mx5,7m. Sistem kantilever membuat atap carport berkesan melayang. Penyangga atap hanya berupa empat batang besi baja. Masing-masing penyangga berdiri tegak dan berjarak 1,8m. Atap terbuat dari rangka baja. Bentuk atap menggunakan pola grid, berupa kisi-kisi kayu. Nantinya kisi-kisi kayu akan dipenuhi dengan tanaman rambat jenis Mandevilla (sejenis Alamanda).





2. Atap sebagai peneduh dan balkon

Konstruksi yang digunakan adalah kantilever. Struktur utama rangkanya berupa delapan balok beton. Panjang masing-masing balok adalah 3m, dan disusun berjarak 35cm. Di atas jajaran balok beton, direbahkan kayu merbau seluas 15,8 meter persegi. Bagian atas carport berada tepat di depan pintu kamar anak. Dari sana bagian atap carport diakses sebagai balkon. Jadi selain sebagai peneduh mobil, juga berfungsi sebagai balkon.






3. Atap simpel ditarik kawat
Struktur penyangga utamanya hanya sepotong besi persegi di sisi kanan atap. Sebagai penguat digunakan dua kawat baja yang dipasang bersilang. Ujung-ujung kedua kawat tertambat pada bangunan utama, dan dua titik lainnya di rangka atap bagian depan. Rangka atap hanya berupa besi hollow persegi berukuran 4cmx5cm.Struktur atap seperti ini menimbulkan kesan simpel pada bangunan.
4. Atap datar besi hitam

Struktur depan atap tidak memiliki penyangga, sehingga berkesan melayang. Sebagai ganti penyangga, digunakan dua kawat baja berukuran 12mm. Kawat-kawat tersebut ditambatkan pada bangunan utama. Bahan polikarbonat dipilih untuk menutup rangka besi hollow. Agar unik, rangka tersebut disusun dengan pola grid.



5. Struktur sederhana menempel

Selain sebagai peneduh kendaraan, carport juga berfungsi sebagai pintu masuk. Desain yang sederhana terlihat dari strukturnya. Bagian depan disangga oleh dua balok beton. Bagian belakang menempel pada bangunan utama. Sebagai atap, dipasang kisi-kisi kayu secara melintang. Agar lebih manis, ada Alamanda, yang dibiarkan merambat ke atap.







Selamat Merenovasi

Sumber: Ideaonline
Reactions:

3 comments:

Pak, kalau langit-langit Carport dengan model cor/hebel sehingga memperluas lantai atas (bisa dipakai untuk teras atas) harus memperbaharui IMB ya? Mohon info apakah ada yang dapat memasang hebel hanya untuk atap carport. Luas carport sekitar 5 X 2,5 meter. Mohon sarannya. Terima kasih.

Regards, Herry

Tidak perlu pak, sepanjang fungsinya tidak berubah. Yaitu sebagai tempat parkir kendaraan. Kalau atas akan dijadikan teras juga tidak apa, selama tidak ditambahkan dengan kanopi. Namun jika berubah fungsi dan atap teras atas ditambah kanopi, itu sudah pelanggaran. Mengajukan IMB pun tidak akan disetujui. Selama tidak ketahuan sih tidak apa2, namun kalau ketahuan ya... ujung2nya denda.
Selamat Merenovasi.

Pak Dpn Rumah saya, mau saya jadikan utk garasi dengan model carport, tapi bagian dpn rmh saya ukurannya lebar hanya untuk mobil dan lewat motor. solusinya dong, bagian kiri-kanan rumah tetangga semua dg posisi jendela semua

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...