DIY (11): Cara Mengatur Engsel Sendok Lemari

Inilah keunggulan engsel sendok dibandingkan dengan engsel yang lain. Kita bisa mengatur posisi pintu terhadap papan samping atau body utama lemari pada 3 arah yaitu kesamping kanan/kiri; arah atas/bawah; arak kedalam/luar kabinet. Semuanya ini mungkin dilakukan karena konstruksi engsel sendok.

Mari kita bahas satu-demi satu bagian-bagian yang ada pada engsel sendok.

Kepala Engsel; bagian yang menempel pada pintu memiliki 2 baut penting yaitu baut yang mengatur ketinggian dan kedalaman pintu. Baut A adalah pengatur ketinggian dan baut B adalah pengatur kedalaman sekaligus sebagai pengikat kepala engsel kerumah engsel.

Rumah Engsel; sebagai bagian yang menempel pada (biasanya) dinding samping lemari. Pada produk yang terbaru, lubang sekrup rumah engsel diperpanjang agar perletakannya pada dinding samping lebih luas.

Cara Mengatur Arah Posisi Pintu
Kanan/kiri: Apabila pintu miring ke kanan dengan posisi atas pintu lebih banyak di sebelah kanan posisi kita, pada engsel paling atas; kendorkan sedikit baut B, putar/kencangkan baut A, kencangkan kembali baut B.Jika masih terjadi kemiringan, lakukan langkah yang sama.




Atas/bawah: Kendurkan baut C, gerakkan daun pintu ke atas/bawah, kencangkan kembali baut C pada bagian atas dan bawah.





Dalam/luar: Kendurkan baut B, gerakkan kaki engsel pada daun pintu ke dalam/luar hingga posisi yang diinginkan, kencangkan kembali baut B.

Selamat Merenovasi.

Reactions:

4 comments:

Ijin kopi gambar & keterangan tentang engsel sendok, terima kasih (Selly L)

To saudari selly, dipersilahkan untuk mengunduh gambar dan keterangan di blog ini. Saya buat blog ini memang untuk berbagi, thanks for let me know... cheers :)

thanks bgt y, saya copy tips ini sebagai pemenuhan kebutuhan pengetahuan saya. skrg saya mau pasang engsel sendok dan caranya sudah tahu. sekali lagi trima kasih bnyk. tholib nasaputra

maaf, kalo bedanya engsel sendok biasa sama yang hidrolik apa ya?

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...