Dak Keramik Keraton Pengganti Dak Beton

Makin mahalnya biaya pembangunan rumah membuat setiap penemuan teknologi yang memungkinkan penghematan selalu menarik. Bukan hanya bagi yang sedang membangun rumah, tapi juga bagi yang ingin meningkatkan kapasitas rumahnya. Pembuatan dak (lantai atas) pada rumah dua lantai atau lebih misalnya, selama ini lazimnya memakai cor beton.

Cara itu bukan hanya lambat tapi juga butuh biaya besar. Perlu waktu setidaknya tiga minggu hingga hasil coran mengering. Pembuatan beton coran pun ribet. Butuh molen untuk membuat adukan cor, dan kayu perancah untuk menopang penampang cetakan beton, selain tenaga kerja yang banyak.

Sebelum hasil cor mengering, ubin di lantai bawah otomatis belum bisa dipasang.
Karena itu sebagai solusi terhadap persoalan itu, muncul penemuan dak instan yang tinggal pasang yang membuat pembangunan lantai atas bisa lebih cepat dan efisien. Kekuatannya diklaim sama dengan dak dari cor beton.

KUAT DAN RINGAN
Di luar negeri teknologi plat lantai instan itu sudah lama berkembang. Di Indonesia tipe-tipe konstruksi plat lantai atas alternatif seperti keraton dan blockvloer itu muncul lebih telat. Beberapa merek yang beredar adalah Wina ceiling brick dan Dwidjo blockvloer.

Wina ceiling brick merupakan satuan blok keramik yang dibuat melalui proses pembakaran tanah liat di atas suhu 1.050 derajat celcius. Sedangkan Dwidjo blockvloer atau disebut juga baliton (balok lantai beton) memakai semen, pasir, batu sebagai pengisinya. Panjang per satuan 25 x 20 cm dengan lebar 10 dan 12 cm dan berat 4 - 5 kg.

Berbeda dengan cor beton biasa, blok-blok ini memiliki rongga di dalamnya yang berfungsi sebagai isolator panas dan dingin. "Rongga itu memungkinkan ruang di bawah tidak panas," ujar Dwi Pudjo W, pematen Dwidjo blockvloer.

Walau berupa satuan, kekuatan plat lantai alternatif ini sama dengan cor beton konvensional, mampu menahan beban sekitar 350 kg/m2. Sementara beratnya lebih ringan sekitar 40 persen atau 180 kg/m2, dibanding dengan cor beton biasa.

TANPA PERANCAH
Pemasangan sangat hemat waktu dan biaya, karena tidak memerlukan perancah (bekisting) untuk menopang cetakan seperti pada pembuatan dak konvensional. Jadi, pemakaian kayu perancah, juga triplek untuk alas cetakan, dan besi beton bisa diminimalisir. Pembuatan dak tidak mengganggu aktivitas di lantai bawah seperti pemasangan ubin atau keramik.

Sebelum dipasang, satuan blok dirakit memanjang sesuai ukuran yang dibutuhkan, maksimal 4 meter. Khusus untuk keraton dianjurkan direndam dulu sekitar 15 menit hingga keramik benar-benar jenuh air. Masukkan besi tulangan di antara bentangan blok baru tutup rapat dengan adukan semen dan pasir. Diamkan sekitar 3 - 7 hari hingga bentangan blok mengeras.



Setelah blok yang dirakit itu telah kering sempurna, maka blok tersebut diangkat dan dibentangkan diantara balok yang telah disiapkan pembesiannnya. Dan kemudian pembesian blok keraton tadi akan dicor bersamaan dengan balok.

Selamat Merenovasi.
Reactions:

47 comments:

Lebih bagus / murah mana dibandingkan mengecor dek dengan BONDEK atau SMARTDEK ?

Untuk kawasan JATENG-DIY maupun daerah lain, terkait pemasangan dan informasi mengenai dak Keraton, bisa contact ke LIGHT GRID. distributor daerah Jateng dan DIY produk DAK KERATON

Ph : 0818262100 ( erda ) atau (0274) 828 3008

Terima kasih

pak mau tau bagaimana detail penyambungan ujung keraton yang sudah dirakit dengan balok... terimas kasih

aku sudah coba panel lantai hebel..sangat memuaskan. 78 meterpersegi terpasang hanya dalam 3 hari. langsung bisa mulai dipasang tembok lantai 2. harga maret 2011 325 ribu per meter persegi terpasang. minimum 35 meter, kurang dari itu dicharge biaya pasang untuk 35 meter tadi.kurang lebih 1 juta per hari. harga untuk pemasangan lantai 2, kalau lantai 3 lain lagi..lebih mahal 50 ribu..soalnya angkatnya lebih susah. tinggal e-mail gambar balok lantai 2 ke mereka, nanti diberi estimasi jenis panel, jumlah dan luas lantai. sesudah balok jadi dicor, call mereka untuk supervisi memastikan presisi sebelum dipasang.

Kami adalah perusahaan yg bergerak dlm bidang kontruksi pada khususnya pemasangan dak lantai KERATON (Keramik komposit beton)
Teknologi Dak lantai KERATON telah teruji dan telah mendapatkan Hak PATEN

Bagi konsumen yg ingin bertanya dan kosultasi dapat menghubungi
Pt Duitemoro DW
Jln raya rawa bambu no 14G ps minggu Jak-Sel
telp: 021-78830320/30 (jabodetabek)
Hp : 08129307950 (luar kota)
08176411999
email : info@duitemoro.com
website: http://www.duitemoro.com

Pt Duitemoro DW siap melaksanakan pemasangan dak lantai KERATON ke seluruh kota di Indonesia.

Satu klien terpuaskan soal pemasangan panel lantai hebel ini, semoga memberikan pencerahan kepada yang lain. Sekalian ikut gerekan go green, mengurangi penggunaan kayu untuk bekisting. Agaknya pihak hebel harus banyak-banyak merangkum kesaksian seperti ini nih.... hehehe. Selamat pak Nainggolan, semoga sukses pembangunan rumahnya. Selamat Membangun

mas tony..
saya membeli rumah tipe 80..saat ini masih dalam pengerjaan saya ingin langsung merenovasi bagian belakang menjadi 2 lt kepada pihak kontraktor.. menurut mereka dak keraton tidak cocok pada bangunan/rumah yang dekat dengan jalur kereta api (kebetulan rumah saya kurang lebih 200m dari stasiun) apakah memang benar argumennya?? atau hanya akal2an dari kontraktornya saja??. mohon pencerahannya

Saya coba untuk menjawab pertanyaan bapak berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya. Alasan yang disampaikan oleh kontraktor bapak memang cukup beralasan, hanya saja perlu dipertimbangkan tingkat getaran yang ditimbulkan oleh kereta api tadi. Jika jaraknya 200 m, saya rasa cukup jauh dari tingkat getaran yang tinggi.

Namun perlu di perhatikan juga kondisi sondir tanah sekitar lokasi rumah bapak, jika tanah cukup keras dan padat, saya rasa tidak masalah.

Saya pernah menggunakan dak keraton di daerah sektor 9 bintaro, lokasinya dekat dengan rel kereta api sekitar 50 meter. Sudah 3 tahun kondisinya baik-baik saja. Sekali lagi pertimbangan atas kondisi tanah perlu diperhatikan. Dan jangan lupa, kualitas bahan dan proses pengerjaan yang baik dan benar.
Semoga Membantu

Mas Tony..
mau tanya saya berencana akan menambah 2 kamar di lt atas untuk tanah panjang 4,5 m lebar 7 m, bagusnya pakai keraton atau hebel?? apabila tanah cukup keras dan padat??
terima kasih

Menjawab pertanyaan diatas, kalau saya harus memilih agaknya kurang tepat di blog ini saya membicarakan mana yang bagus. Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi jika ditanyakan soal selera, saya lebih memilih ke hebel. Kalau menurut saya, hebel sifatnya adalah satu kesatuan utuh, dan dibuat melalui proses pabrikasi. Sedangkan pemasangannya dilakukan oleh pihak terkait (dalam hal ini supplier), jadi ada garansi benarnya pemasangan. Sedangkan keraton harus melalui tahap perangkaian, proses ini tidak dilakukan oleh supplier keraton, tetapi oleh pekerja kita sendiri. Jadi harus dipastikan dulu, apakah pekerja kita cukup pengalaman dalam penggunaan keraton ini. Jika tidak, lebih baik pakai hebel. Hal ini lebih bersifat subyektif loh... hehehe. Saya berpendapat bukan karena data atau studi, melainkan opini pribadi dan pengalaman saja. Semoga membantu

Di surabaya suplier keraton dimana ya???

Mas Tony A...
Saya mau tanya bagaimana kekuatan keraton untuk rumah type 45 mau ditambah jadi 2 lantai dengan menggunakan keraton dan bagaimana pula untuk kekutan keraton yang daerah rentan terhadap gempa.
Sebelumnaya saya ucapkan terima kasih atas saran mas Tony

To Anonim diatas

Menjawab pertanyaan soal kekuatan. Penggunaan dak keraton cukup kuat, apalagi untuk bentang kecil seperti rumah type 45. Apalagi fungsinya juga paling-paling hanya untuk ruang tidur.
"...Walau berupa satuan, kekuatan plat lantai alternatif ini sama dengan cor beton konvensional, mampu menahan beban sekitar 350 kg/m2. Sementara beratnya lebih ringan sekitar 40 persen atau 180 kg/m2, dibanding dengan cor beton biasa..."
Kekuatan terhadap gempa?... hal tersebut kembali lagi pada proses pemasangannya, jika proses pemasangannya benar, tulangan besi juga dirangkaikan secara benar ke balok-balok kelilingnya maka tidak perlu lagi keraguan akan resiko gempa. Biasanya yang membuatnya rentan justru pada struktur penopangnya yang tidak solid dan rigid. Kalo kolom atau dindingnya saja sudah ambruk karena gempa, bagaimana mungkin dak keraton bisa bertahan. Jadi perhatikan betul konstruksi penunjangnya, karena setiap struktur memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.
Selamat Merenovasi

Mas Tony, sy sedang membangun sebuah kontrakan letter U seperti sebuah sekolahan, tahap awal menaikan bata sudah selesai dan pas sy browsing kmaren sy tertarik dgn produk dak keraton. yg sy mau tanyakan kira2 klo sy mau buat dgn dak keraton apakah bisa dikerjakan oleh tukang sendiri? klo bisa dimana sy bisa membeli Keraton tersebut untuk wilayah bagian Serang-Cilegon. kira2 berapa byk buah keraton yg hrs sy beli untuk ukuran kurang lebih Panjang 48m x Lebar 10m ??? Terima kasih.

mas tony, saya tertarik membaca komentar pahalanainggolan mengenai panel lantai hebel. saya ada rencana menambah kamar lantai 2 sebesar kira2 4x4meter. dimanakah alamat supplier hebel (alamat web/email) yang bisa dihubungi untuk konsultasi dan pemasangan panel lantai ? terima kasih

Mas Tony..
saya mau menanyakan kira2 dari segi biaya dengan cor beton konvesional perbedaannya signifikan ngak ??
terus kalo untuk ukuran luas 14,5 m x 3,5 m,dengan menggunakan cor dak keraton biaya berapa ?
terima kasih
dari rendra

kalo di Bengkulu bisa didapatkan dimana mas ya?

numpang nanya mas, kalo buat ruang kelas pake keraton bagus nggak ?

Mas Tony saya berencana membuat dak keraton seluas 24m2 sebagian untuk letakkan penampung air 1000 liter apakah cukup kuat ? terima kasih

info : bagi yang ingin memerlukan jasa pengecatan untuk rumah pribadi atau proyek(jasa tukang + material cat) bisa hubungi saya,,ian 085697808354

juga menyediakan cat Jotun (asli) tersedia dalam berbagai kelas/ varian dan berbagai warna,,,harga bisa goyang

To Bpk/Ibu Anonim

Dak keraton di palembang? Berikut ini tempat yang saya tahu menjual dan memasang dak keraton di Palembang.
Harga untuk kota Palembang Rp. 475.000/m2 meliputi material utama, material bantu, pekerja, pemasangan sampai disemen 2 cm diatas lantai dak Keraton. Hubungi Toko Dhamar, depan Bank Mandiri Capem Jl. Mayor Zen No. 15 Palembang, tlp 07116000503, 07117011401, 08127117400, 08118104401. Harga tidak mengikat.
Semoga Membantu

To Bpk/ibu Anonim

1. Bagus tidaknya dak keraton untuk ruangan kelas. Pada prinsipnya dak keratonbisa digunakan untuk fungsi apapun, asalkan bentang struktur baloknya tidak terlalu lebar serta beban diatas tidak terlalu besar. Jadi bisa dikatakan dak keraton bisa dipergunakan untuk ruang kelas, asalkan syarat bentang baloknya terpenuhi.

2. Dak keraton untuk menempatkan tanki air, sebaiknya tidak dilakukan. Dak keraton tidak diperuntukkan untuk pembebaan seperti itu. Apalagi tanki air yang digunakan 1000 liter.
Sebaiknya tanki tadi ditempatkan tepat diatas struktur balok beton dan tidak ditengah dak keraton. Jadi beban tanki air ditopang oleh balok
bukan oleh dak keraton.
Semoga Membantu

To Bpk/ibu anonim

Terima kasih sudah meninggalkan comment di blog ini, walaupun sekedar promosi usaha... hehehe. Mudah-mudahan dengan meninggalkan comment disini usaha bapak semakin maju...
Selamat Berusaha

Pak Tony,
Saya berencana mau nge-dak konvensional dengan ukuran 6mx2m, namun setelah melihat beberapa masukan untuk mencoba keraton dengan pertimbangan harga dan kekuatan saya jadi tertaik.
Yang saya tanyakan:
-berapa biaya keraton ukuran 6mx2m termasuk pembalokan dan kolom cakar ayam.
-jika saya taruh tandon air diatasnya, kapasitas berapa literkah yang dapat diijinkan.

yuda

Berapa besar perbedaan biaya dan waktu apabila mengunakan beton hebel dengan beton konvensional?

salam pak.

mau tanya untuk cakar ayam ukurannya berapa kali berapa ya pak untuk 2 lantai saja.

terima kasih pak

To Anonim

Untuk rumah 2 lantai, bisa menggunakan pondasi titik tapak. Setiap tapak merupakan terusan dari kolom beton penyangga. Besaran tapak adalah 80 x 80 cm2 dengan kedalaman minimal 80 cm. Sedangkan kolom beton dengan luas penampang berukuran 25 x 25 cm2 atau 15 x 30 cm2.

Catatan lain: Jika kondisi tanah stabil dan padat. Tapak (sepatu) tadi tidak memerlukan perancah atau bor pile yang lebih dalam lagi ke tanah.
Namun jika kondisi tanah labil, maka tapak membutuhkan perancah atau bor pile sebagai pengikat struktur. Tujuannya adalah agar tapak tidak bergeser dan terkunci dengan baik pada kondisi tanah yang keras.

Kedalaman perancah atau bored pile tadi sampai menemukan kondisi tanah keras atau padat. Sekali lagi, jika kondisi tanah surat padat dan stabil, maka tidak memerlukan perancah.

Maaf mau tanya kalo untuk penjualan barang ini di daerah Bandung ada gak yah?? :)
terima Kasih

Pak Tony,
maaf mau tanya, bila mgunakan dak keraton,apakah ada kendala/rentan bocor u area kamar mandi/ basah? t'utama tempat pemasangan closet... trm kasih

Lebih bagus / murah mana dibandingkan mengecor dek dengan BONDEK atau SMARTDEK ?

Pak Toni,
Mau tanya, aku melihat diding habel 40x40 disalah satu tempat olah raga, apakah itu sama tempat pembuatannya dengan habel biasa... dan saya di bekasi bisa mendapatkan penjualnya itu dimana ya... sebelumnya terima kasih..

Untuk yang mau masang dak keraton khususnya di Bandung bisa menghubungi sdr Dudi 081809602209

pak...saya mau ngedak carport ukuran 3x5 rencana mau memakai keraton. posisi saya di cibinong. kira2 berapa biaya yang saya keluarkan ya,pak dan di cibinong saya dimana ya mencarinya. terimakasih

pak saya mau bikin rumah 2 lantai di wonosobo.dimana saya mendapatkan materialnya?apa harus dg bea pemasangan?

Pak saya mau bangun lantai 2 hanya utk 2 kmr pembantu dan jemur pakaian.. Kira2 5 x 8 m saya mau tanya, apakah dak keraton ini bisa utk itu.. Letak lt 2 nya persis diatas dapur dan tmpt cuci pakaian..
Balas

Pak klu di banjarmasin bisa beli dimana
tks

mau tanya klo di Situbondo Jawa Timur ada ga toko yang jual? trus klo untuk rumah yang awalnya blom ada rencana untuk lantai 2 gmana ya?

Untuk info dan pemesanan DAK LANTAI KERATON , baik di Jakarta atw pun di luar Jawa , tidak perlu khawatir , dapat menghubungi PT DDW atw HP : 08129307950 , 08176411999

dear pak tony,

saya tertarik untuk melakukan dak keraton,
namun sesuai dengan kata pak tony diatas bahwa biasa terjadi kesalahan di pemasangan oleh tukang, maka dengan ini saya ingin menanyakan referensi untuk daerah bekasi.

maksud saya adalah saya terima dalam keadaan sudah terpasang.

jika pak tony memiliki referensi, mohon berkenan untuk menginformasikan kepada saya bisa melalui email hery_tham@yahoo.com

terima kasih banyak atas bantuannya

Pak Tony saya berencana meningkat rumah 2 lantai,dan disitu saya mau bangun kmr mandi, km tidur, gudang, tempat jemur dan tangki penampung air (torn) kapasitas kecil. Untuk spesifikasi spti itu lebih baik ngedak memakai Baliton atau Hebel?
Mohon infonya. Tks.
Salam,
Erwin.

pak tony rumah sy lantai dua sdh menggunakan kayu..kalau ingin renovasi dipasangi dak instan apakah bisa?trims

Selamat pagi.pak Toni, mau tanya…dibelakang rumah sdh ada loteng tapi memakai lantai kayu.Apakah bisa pemasangan dak keraton
Tanpa membongkar bangunan yang ada?(besi diselipin)Berapa biaya yang dikeluarkan untuk 50 m2.Kalo didaerah cirebon bisa dilayani?Trims (ibnoewidjananto@yahoo.co.id)

met pagi pak tony,mw tanya nech...
rncana saya mw bagun rumah 3 lt.dg ukurn 8x14.5m.
lt 1 utk pribadi,lt 2 n 3 utk kos"n msing" 6 kmr n 4 kmr dg kmar mndi dlm,saya tertarik dengn dek keraton,mnrut bpk,ap mmpu dek keraton mnahan beban semua itu termasuk pertimbangan kmar mndi dlm jg,,,


TERIMA KASIH
(darkkhouchan@yahoo.com)

met pagi pak tony,mw tanya nech...
rncana saya mw bagun rumah 3 lt.dg ukurn 8x14.5m.
lt 1 utk pribadi,lt 2 n 3 utk kos"n msing" 6 kmr n 4 kmr dg kmar mndi dlm,saya tertarik dengn dek keraton,mnrut bpk,ap mmpu dek keraton mnahan beban semua itu termasuk pertimbangan kmar mndi dlm jg,,,


TERIMA KASIH
(darkkhouchan@yahoo.com)

Rumah baru tipe 38 dengan 1 ruang tamu tinggi 4m disisi kiri, 2 kamar kembar 3 x 2.5m sejajar disisi kanan tinggi 3 m
Saya mau tanya biaya :
1. bangun lantai 2 utk seluruh bangunan 38m2 (include all :tembok, atap, lantai keramik, tangga dsb)
a. dak keraton?
b. dak panel hebel?
2. bangun lantai 2 utk sisi kanan/kamar saja 15m2 (include all :tembok, atap, lantai keramik, tangga dsb)
a. dak keraton?
b. dak panel hebel?

posisi rumah di parung bogor

Pak saya rencana mau membuat dak ukuran panjang 2,5x20m. karena keterbatasan dana bisa ga saya bikin sebagian dulu nanti kalau ada dana saya sambung... bermasalah atau tidak... trims

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...