Tips (15): Cermat Merawat, Cegah Saluran Tersumbat

Jangan tunggu tersumbat. Cegah sebelum terlambat. Cukup dengan perawatan teratur, saluran air terhindari dari ancaman mampet.

Wastafel, area shower, bak cuci piring, hingga area mencuci, memiliki saluran pembuangan air. Pernah tidak merasakan bagaimana repotnya, kalau satu saja saluran air ini tersumbat? Mengingat kerepotan yang ditimbulkannya, kita tentu tak ingin kejadian yang sama terulang.

Cara mencegahnya mudah kok, yang penting lakukan perawatan teratur dan berkala. Dan yang pasti hindari membuang kotoran-kotoran yang tidak mudah terurai dengan cepat terhadap air. Misalnya saja sisa makanan, rambut, dan bahkan plastik atau tissue.

Terutama sekali rambut. Terkadang tanpa sengaja rambut kita rontok pada saat keramas atau mandi. Jika drain pada shower atau washtafel kita memiliki penyaring, sebaiknya rambut-rambut yang tertahan tersebut dibuang ke tempat sampah. Dan jangan memaksakan masuk kedalam saluran, karena rambut tidak mudah terurai dalam waktu yang sangat lama. Jika bertumpuk akan menyebabkan mampet.

Bagaimana menjaga saluran air tetap lancar? Kita cukup menyediakan baking soda, cuka, dan air hangat. Dan kemudian, ikuti langkah berikut.

  1. Tuangkan satu cangkir baking soda ke dalam saluran air.
  2. Ikuti dengan menuangkan satu cangkir cuka.
  3. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Biarkan baking soda dan cuka bekerja membersihkan kerak dari saluran air.
  4. Setelah satu jam, siram saluran air dengan air hangat. Air panas akan merontokkan kerak, yang sudah terlebih dahulu dibersihkan baking soda dan cuka.
  5. Ulangi langkah ini minimal satu kali setiap bulan. Dengan demikian saluran air di rumah pun terhindar dari ancaman mampet.

Selamat mencoba!

Reactions:

5 comments:

Terima kasih atas tipsnya, amat berguna.
Satu pertanyaan: apa benar metoda di atas berlaku untuk mampet karena rambut? Bak di apartemen saya mampet karena rambut rontok, dan selama ini saya tidak memakai penyaring.

To Bpk Andree Surya, jika rambut sudah membuat saluran anda mampet. Bisa menggunakan soda api. Hanya saja, menggunakannya sedikit-sedikit saja. Ulangi beberapa kali dalam 3 hari. Jangan menggunakan berlebihan, salah-salah sambungan pipa anda menjadi lepas dan bocor. Selamat Mencoba

Betul. Kalau ada masalah dengan Solusi Pipa Mampet sebaiknya dicoba sendiri saja dulu. Coba lagi. Dan coba lagi. Kalau sudah menyerah, barulah menghubungi ahlinya. Misalnya di www.pipamampet.com atau 0817 110 249

apakah baking soda dan cuka bisa membuat paralon di saluran air menipis? karena yang saya tau soda api bisa membuat paralon saluran air bisa menipis jika sering di lakukan...

Terima kasih
Femi

To Femi

Mencoba menjawab pertanyaan diatas. Apakah baking soda dan cuka bisa membuat paralon di saluran air menipis? dan soda api membuat saluran air bisa menipis.

Sebelumnya akan saya luruskan dulu soal pengertian baking soda dan soda api. Kedua bahan ini berbeda susunan senyawanya.

Soda Api adalah Natrium hidroksida (NaOH), juga dikenal sebagai soda kaustik, adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida dilarutkan dalam air. Natrium hidroksida membentuk larutan alkalin yang kuat ketika dilarutkan ke dalam air. Ia digunakan di berbagai macam bidang industri, kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun dan deterjen. Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia.

Baking soda adalah Natrium Bikarbonat (NaHCO3) yang bersifat basa.
Dengan demikian, kalau dicampur dengan asam akan bereaksi dan
menghasilkan gas CO2. Sifat ini dimanfaatkan oleh para ahli masak untuk membuat kue atau cake yang "fluffy" atau "spongy" yaitu tekstur seperti karet busa. Resep yang menggunakan baking soda pasti juga memakai asam (antaralain cream of tartar) dalam salah satu bahannya sehingga kedua bahan tersebut bereaksi menghasilkan gelembung pada adonan yang pada akhirnya kue tersebut menjadi berongga-rongga.

Jadi NaOH dengan NaHCO3 berbeda. Atau bisa dikatakan Soda Api dengan Baking Soda pun juga berbeda. Dari penggunaannya pun juga berbeda jika soda api untuk logam sedang baking soda untuk makanan.

Mencoba menjawab pertanyaan diatas, baking soda dan cuka tidak akan membuat paralon menipis, cairan itu hanya akan mengangkat kerak kotoran saja. Dan setelah diflush dengan air hangat, maka akan larut bersama dengan air.

Sedangkan soda api apakah dapat menipiskan pralon, ada kemungkinan YA. Jika penggunaannya terlalu sering. Namun hal tersebut kembali lagi kepada kualitas pralon yang digunakan. Jika pralon yang digunakan memiliki kualitas bagus, hal itu akan sulit terjadi. Biasanya penggunaan soda api yang berlebihan akan menyebabkan lem pada sambungan pipa pralon yang terserang, sehingga mengakibatkan lepas dan akhirnya bocor.

Semoga membantu

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...