Syarat-syarat Pengurusan IMB

Akhirnya masa-masa penantian teman saya berakhir. Saya punya teman yang akan melakukan pembangunan rumah dan dia menanyakan persyaratan pembuatan IMB rumah. Beberapa sumber telah saya tanyakan dan akhirnya saya jelaskan kepada teman saya tadi.

Dia minta saya untuk memasukan info tersebut didalam milis,dan akhirnya karena kebutuhan dan banyak klien saya masih sering juga menanyakan hal yang sama, saatnya saya berbagi.

Berikut adalah syarat-syarat umum dalam pembuatan IMB untuk membangun rumah baru ataupun renovasi rumah.

Secara umum syarat-syarat membuat IMB cukup mudah:
  1. Mengisi formulir Permohonan Ijin.
  2. Foto Copy surat tanah
  3. Gambar konstruksi bangunan (denah, tampak muka, samping,belakang,rencana utilitas)
  4. Fotocopy KTP
  5. Persetujuan tetangga (khusus bangunan bertingkat)
  6. Bukti pelunasan PBB

Tarif dan biayanya ada beberapa komponen:

  • Tarif dasar retribusi dihitung per m2-
  • Tarif dasar bangunan non gedung : pagar, jalan dan parkir, teras/bangunan terbuka, saluran dan jembatan, kolom, menara, cerobong dan sejenisnya. Dihitung per m2.
  • Tarif bangunan induk disesuaikan dengan kelas jalan (jalan utama,jalan lokal, jalan desa, gang), jenis bangunan (sosial, non komersial, komersial), jumlah lantai (I. II, II, dst), luas bangunan (0-100m2, 101-250m2, >251m2)

Dan utk pembangunan/renovasi yg dibawah 12m3 tidak perlu IMB yg kalau tidak salah sesuai perda No.7/1991 :Pasal 17

Kegiatan yang tidak memerlukan izin adalah:

  1. Pekerjaan yang termasuk dalam pemeliharaan dan perawatan bangunan yang bersifat biasa.
  2. Mendirikan kandang pemeliharaan binatang atau bangun-bangunan di halaman belakang dan isinya tidak lebih dari 12 m3.
  3. Bangun-bangunan di bawah tanah.
  4. perbaikan-perbaikan yang ditentukan oleh Gubernur Kepala Daerah.

Nah...sudah jelaskan. Jika anda punya rumah mau renovasi, dan bertanya-tanya "apakah perlu IMB untuk pembangunannnya, saya rasa pasal 17 ayat 2 diatas sudah menjawabnya, Asalkan tidak lebih dari 12 m2. Kalo lebih sebaiknya anda mempersiapkan IMB lebih dahulu sebelum pelaksanaan. Jika tidak, rumah anda bisa disegel, dan pastinya dendanya justru lebih banyak daripada biaya pembuatan IMB itu sendiri.

Sebagai contoh perhitungan pengurusan IMB untuk Tangerang, Tarif IMB Normal Tidak pernah tercantum untuk publik, yang tercantum hanyalah rumus Rp 750.000,- untuk BAPL Retribusi dihitung dengan formula, permeter sekitar 10-15rb, dihitung dari lokasi dan ukuran. Biaya murah selisih 2-3 juta dari oknum.

Kenapa ya...tidak pernah dipublikasi harga resminya? Ya iyalah...masa ya iya dong, kalau semua orang sudah tahu harga resmi, darimana bisa dapat tambahannya. Sayang KPK seperti nggak punya kewenangan di tempat seperti ini. Banyak doa aja deh buat mereka-mereka itu...he3.

Selamat Merenovasi.


Reactions:

21 comments:

mmg untuk urus IMB sangatt laaa susahhh
klu ngak lewat org dlm itu sendiri yg urus kita ngak tau kapan akan selesai tuchh IMB

org KPK tuch harus ada disana emangg, tp jgn sampe termaakan sogokan. klu dah masuk limbahh sogokan ngak tau deeee

di doa in aja buat org yg bertugas bagian IMB
JGN SERING SERING MAKAN UANG SECARA NGAK BENERR DARI ORG YG HENDAK BANGUN RUMAH [KLU DARI KONTRKTORR SICH NGAK MASALAHH]. BIARR LOE PADA BISA IDUP PANJANGG
KLU LOE ORG MAKAN UANG SUSAHH ORGG IDUP LOEE BAKALAN NGAK PANJANG, MUDAH2 AJA NGAK DI SIKSA LOEE SEBELUM MATEE

tolong dong info nya apakah tanah yg besetatus alas hak bisa mengajukan IMb ? karna di tempat ku menurut pejabat di Pu tidak boleh atau mungkin ada embel2 nya di persulit dulu..

Sebenarnya status apapun tidak menjadi masalah untuk mendapatkan IMB. Mungkin saja karena status yang ada tidak memungkinkan bangunan akan bertahan lama, sehingga ada pertimbangan khusus dari pemda untuk tidak memberikan ijin. Misalnya suatu area sudah direncanakan untuk lahan penghijauan, atau perencanaan jalan, atau ada rencana pembangunan gedung pemerintahan (kelurahan, kecamatan, rumah sakit, atau sekolah). Biasanya jika PU yang tidak memberikan ijin, dikarenakan oleh ketiga hal tersebut. :)

saya akan beli rumah dgn kpr,diatas bekas tanah negara yg sdh disertifikatkan pribadi. apakah saya harus mengajukan imb baru atau..mungkin ga Dinas PU bikin IMB?? Bisa dilacak kemana kalo ada??
tq

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

To Ayoe
Sebelumnya mohon maaf saya baru membalas komentar anda.
Sebenarnya solusinya akan sangat mudah jika anda menyerahkan sepenuhnya kepada pihak bank dimana anda mengajukan KPR. Pihak bank akan sangat berhati-hati terhadap keaslian serta investasi masa datang dari pemberian kredit tersebut. Jika terdapat masalah, maka bank akan menyatakan bahwa rumah yang akan anda beli tidak valid (bermasalah), dan pastinya kredit tidak akan disetujui.
Mengenai IMB, biasanya terdaftar di masing-masing pemda, dan mereka punya kopynya. Anda hanya memerlukan pengajuan untuk menerbitkan lagi IMB anda. IMB baru hanya jika anda akan menambah volume rumah anda. Pengajuan IMB hanya dilakukan di pemda-pemda setempat dimana rumah tersebut berada. Dinas PU tidak bisa bikin IMB, mereka mungkin hanya membantu pengurusannya saja. Tks

maaf ni mo nanya....
kakak saya mo beli rumah second dan melalui KPR bank yang mensyaratkan adanya IMB... tanah tersebut luasnya sekitar 165m2ada sertifikat tetapi belum memiliki IMB...ada gambaran ga kira2 untuk mengurus IMB untuk rumah second habisnya berapa ya (secara resmi en secara ga resmi)...dan berapa lama kira2 prosesnya...terima kasih sebelumnya atas jawaban yg diberikan karena say butuh sekali informasi ini....sekali lagi terimakasih

To Bp/Ibu Anonim
Sedikit saran saja... lebih baik serahkan saja pengurusan IMB kepada si penjual rumah. Karena si penjual rumah lebih tahu mengenai asal mula bangunan, besaran, dan sejarahnya. Hal tersebut akan memudahkan pembuatan IMB nantinya. Sebagai pembeli kita kurang memiliki kompetensi untuk pengurusan IMB tersebut. Dan pastinya KPR kita tidak akan disetujui nantinya, sebab surat tanah dan IMB nya nanti akan menjadi bahan agunan kita untuk pengajuan kredit. Jika ingin lebih pasti, mungkin ada baiknya menghubungi bank terkait soal ini... pihak bank pastinya akan membantu memberikan informasi bagaiman memcahkan permasalahan ini.
Selamat Merenovasi

saya memiliki rumah dengan type 29 dengan luas tanah 78m2 dan yang terdaftar di imb lama ialah luas bangunan 29m2 dengan tanah 78m2 dan sudah renovasi sehingga lebih tanah sudah tidak ada. jadi luas bangunan rumah sekarang ialah 47 m2 . apakah bisa dibantu mengenai perhitungan imb barunya? karena saya perlu untuk pemindahan KPR saya.thanks sebelumnya pak.

Kalau ingin membuat Carport yang atapnya dari cor2-an sehingga bisa dipakai untuk tambahan teras lantai atas, perlu buat IMB gak ya?
Luas carport 4,7 X 2,6 m.

Tidak perlu pak, sepanjang fungsinya tidak berubah. Yaitu sebagai tempat parkir kendaraan. Kalau atas akan dijadikan teras juga tidak apa, selama tidak ditambahkan dengan kanopi. Namun jika berubah fungsi dan atap teras atas ditambah kanopi, itu sudah pelanggaran. Mengajukan IMB pun tidak akan disetujui. Selama tidak ketahuan sih tidak apa2, namun kalau ketahuan ya... ujung2nya denda.
Selamat Merenovasi.

To Bpk johan
Untuk perhitungan IMBnya, mungkin langsung ke bagian IMB di pemda saja pak. Sekedar pencerahan saja, yang penting tidak ada pelanggaran GSB dan GSJ, ruang terbuka luar depan dan belakang, serta posisi sanitasi. Jika ada, maka bapak akan dibebankan dengan biaya denda. Oh Ya... sebelumnya lebih baik bapak memperbaharui gambar denah rumah, supaya mempermudah perhitungan.
Selamat merenovasi

Pengalaman saya uirus di Kec Setiabudi:
-Syarata lengkap di fotocopy (Sertifikat, KTP, bukti Pembayaran PBB)
- Pertama ke bag Planning Tata kota: di minta 2jt
-Ke Bag Perizinan: diminta 4 jt
- Bag Penawasan : diminta 4-10 jt (ditakut2i) akan dibongkar jika rumah bekas.

Gimana cara mebuat kapok mereka yaa??

pak tony saya mohon penjelasannnya nih. saya membangun 2 buah ruko tapi hanya 1 lantai saja. ukuran lebar 4m dan panjang 8m. Ruko ini dibangun ditanah orangtua saya sendiri dan sudah selesai dibangun, tapi saya tidak mengurus IMB nya. Karena itu, kalau saya ingin membuat IMB nya apakah kena denda karena bangunannya sudah berdiri. Mohon infonya dari pak Tony. Terima Kasih...

Dear Pak Tony,

Saya mau renovasi rmh sbb:
1. Pembongkaran keramik
2. Penambahan kamar mandi dan kamar (tadinya ruang tamu)
3. Pelebaran Kamar di lantai 2 ke samping sehingga sesuai dengan bangunan di lantai 1 (sejajar)
4. Perbaikan pipa air
5. Penipisan tembok tanpa mengganggu tulang bangunan
6. Perbaikan kamar mandi

Yang saya mau tanya, apakah saya memerlukan IMB baru? Kalau iya, dari 6 point di atas, point2 mana saja yg menyebabkan diperlukannya IMB baru?

Terima Kasih

To Nana

Sebelumnya saya minta maaf jika baru membalas comment anda. Memang comment anda seudah lama sekali, namun setidaknya jika ada pembaca web ini memiliki permasalahan yang sama, mereka juga tau jawaban apa yang saya berikan.

Ijin pada prinsipnya adalah memohon restu sebelum sesuatu hal dilakukan. Oleh sebab itu IMB diurus sebelum bangunan dibangun. Dan jika bangunan tersebut sudah berdiri maka bersiaplah untuk mengurus biaya dendanya. Biaya denda ini tentunya bergantung pada kebijakan masing-masing pemerintah daerah. Untuk daerah luar Jakarta biasanya denda relatif kecil, hal itu juga bergantung pada tipe bangunan yang dibangun.

Semoga permasalahan anda bisa selesai dengan baik, dan IMB bisa anda dapatkan. Salam.

To Andry

Sebagian besar renovasi yang dikerjakan tidak memerlukan IMB. Hanya saja point 3 yang memerlukan adanya IMB bagi renovasi. Namun hal tersebut bergantung kembali kepada pemda setempat. Terkadang ada beberapa pemda memberikan toleransi bagi renovasi-renovasi yang merubah besaran luas dibawah 10% luas seluruhnya. Ada baiknya anda datangi pemda setempat dan tanyakan keperluan renovasi anda, apakah memerlukan IMB renovasi atau tidak? Semoga membantu.

alo pak tony mo nanya, saya hendak membeli rumah di komplek perumahan lama, tetapi ternyata kata penjualnya imb nya hilang. pertanyaan saya : bagaimana dan dimana mengurus duplikat/legalisir imb yg hilang di daerah
jaksel? berapa biayanya? syaratnya apa saja? sebagai info penjual hanya mempunyai SHGB dan Pbb nya 3 tahun terakhir belum di bayar. mohon infonya, thanks

pak Tony maaf mau minta tolong infonya, bagaimana saya mengurus legalisir fotokopi imb? dimana imb asli diarsipkan? saya tinggal di daerah cilenggang, tangerang selatan.
terima kasih banyak...

To Anonim

Mohon maaf sebeblumnya, karena selama ini sy tidak update web ini. Namun saya akan tetap jawab permasalahannya, siapa tau nanti ada yang punya problem yang sama.

Mencari copy adatu duplikasi IMB yang hilang bisa ditanyakan ke kelurahan, jika volume rumah dibawah 100 m2. Sedangkan jika volume rumah diatas 100 m2, bisa hubungi dinas terkait, dalam hal ini P2B atau Tata Kota.

Semoga Membantu.
Thanks.

Dear Pak Tony,
Saya mau tanya donk, saya mau renovasi rumah. Detailnya itu :
1. Karena daerah rawan banjir, saya rencana mau nimbun/naikin pondasi rumah sekitar 1meter. Otomatis bongkar atap seng, ganti keramik lantai, ubah posisi kusen jendela/pintu, aliran listrik dll.
2. Saya juga merubah tampak depan rumah.
3. Tapi saya tidak menambah luas bangunan ke kiri/kanan/depan.
Apakah ini membutuhkan IMB?

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...