Renovasi Tangga Beton menjadi Tangga Besi


Pada proyek rumah tinggal milik Bp. Sonny di Pejaten ini, kami mengganti tangga beton dengan tangga besi baja.

Tangga lama selain terlihat sangat solid, anak tangganya terlalu tinggi dan tidak teratur, sangat tidak nyaman untuk melangkah. Pada akhirnya tangga tersebut kami bongkar. Tujuannya adalah agar supaya anak tangga lebih nyaman untuk melangkah dan ruangan menjadi terlihat lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Penggunaan bahan baja dan besi menjadi pilihan dikarenakan proses pekerjaan yang tidak memakan waktu yang lama. Kekuatan baja pun tidak diragukan lagi jika digunakan sebagai konstruksi utama tangga besi ini.

Rangka utama tangga ini dibuat dengan 2 baja U-Channel yang dilas menjadi satu menjadi baja hollow. Bisa juga kita menggunakan besi hollow kotak ukuran 10/10, namun harganya lebih tinggi jika kita menggunakan baja.

Railing tangga menggunakan hollow 4/4 dengan ketebalan 1,8mm, selain berfungsi sebagai railing juga berfungsi untuk memperkokoh rangka anak tangga agar tidak mudah bergerak.

Apakah ruangan anda saat ini terkesan sempit, karena kehadiran tangga didalam ruangan? Mungkin salah satu cara supaya ruangan anda kembali berkesan luas, anda harus memberanikan diri untuk membongkar tangga beton anda dan menggantinya dengan tangga besi.

Selamat merenovasi.
Reactions:

12 comments:

Menarik sekali ya.. tangga bapak Sonny jadi lebih Asyik

Kalau saya mo buat hubungi siapa ya tangga seperti itu

H-Rhy

To Bapak Hari. Bapak bisa cari tukang-tukang besi sekitar. Cukup berikan contoh gambar biasanya mereka sudah mengerti proses dan bahan yang digunakan. Yang menjadi kendala, biasanya adalah harga. Ada baiknya hunting dibeberap tempat untuk mendapatkan harga terbaik. Dan mintalah beberapa alternatif bahan material untuk mendapatkan harga terbaik. Selamat merenovasi :)

Iya pak.... harusnya, bapak tanpa bermaksud promosi, juga menyampaikan kira2 di kota mana saja yg terdapat toko/penyedia jasa(tukang besi/las) yg bisa menyediakan tangga spt ini.
Saya tinggal di Surabaya, pak. Kira2 dmn ya saya bisa mendapatkannya? makasih..

Tangganya keren
Saya tertarik dengan tangga tersebut.
boleh nanya pak Tony,
itu struktur utamanya besi hollowkah? ukuran brapa dipakai?
juga anak tangga kayu ditopang oleh plat baja tebal brapakah?
terus railingnya yang bergaris itu menggunakan besi betonkah? diameter brapa?

Trims atas informasinya.

Tonny

To All Comments

Terima kasih atas semua komentarnya. Baiklah akan saya bocorkan konstruksi tangga yang saya buat untuk bapak Sonny ini. Setiap tukang besi yang ada di setiap kota bisa membuatnya, asalkan ada gambar dan spesifikasi bahan yang digunakan.

Untuk rangka utama saya menggunakan 2 besi baja U-Channel yang dilas menjadi satu menjadi besi baja hollow ukuran besar. Jangan gunakan H-Beam. Karena menurut pengalaman saya, anak tangga cenderung melintir.

Lalu untuk bagian anak tangga juga menggunakan baja potong sebagai struktur utama dan besi plat strip sebagai base plat untuk anak tangga kayu. Anak tangga kayu nantinya disekrup ke besi.

Untuk railing tangga, tiang-tiang utama menggunakan besi hollow 4/4 sedangkan besi railing menggunakan besi hollow 2/2 atau besi pipa dia=2 cm. Sedangkan handrailing menggukana besi strip yang nantinya sebagai tempat untuk railing kayu dan di sekrup.

Difinish dengan cat hitam doff, sedang kayu menggunakan kayu kamper dan difinish politur warna jati.

Selamat Merenovasi.
Renovasiku (Tony)

Pak Tony,

Saya ingin menanyakan mengenai design 2 U-Channel yang menjadi tumpuan untuk bordesnya pak, bisa share ?

Thanks,
Handri

pak tony.. mohon informasi kisaran harga untuk pembuatan tangga di atas.
saya berencana mau membuat sperti design tersebut.
terima kasih

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...